Rumah Pohon Temega, Sekilas Pesona Rumah Pohon Unik di Karangasem - WisataHits
wisatahits

Rumah Pohon Temega, Sekilas Pesona Rumah Pohon Unik di Karangasem

Rumah Pohon Temega, Sekilas Pesona Rumah Pohon Unik di Karangasem
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 07.00-18.00 WITA, Alamat: Padang Kerta, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Rumah Pohon Temega kini menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Bali. Berada di kawasan Tirta Gangga, rumah pohon ini menawarkan pengalaman unik bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi berada di atas pohon. Selain itu, Anda bisa berkeliling dan menikmati suasana dari ketinggian dengan pemandangan alam yang indah.

Tempat yang saat ini dijadikan sebagai tempat wisata hits ini memiliki tiga buah unit rumah pohon yang terletak di tengah hutan dan diapit oleh pepohonan yang tinggi. Masing-masing dilengkapi fasilitas layaknya hotel bintang lima. Sebut saja kamar mandi, tempat tidur, dan balkon dengan pemandangan menakjubkan di sekitarnya.

Selama menginap, wisatawan bisa menikmati suasana alam yang tenang dan sejuk. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas outdoor, seperti hiking, bersepeda atau sekedar bersantai di balkon. Tempat ini semakin populer karena letaknya tidak jauh dari tempat wisata lainnya, termasuk desa wisata Tenganan.

Atraksi Rumah Pohon Temega

Atraksi Rumah Pohon TemegaKredit gambar: Google Maps Tomas Robenek

Rumah Pohon Temega dirancang khusus bagi para pelancong yang ingin merasakan liburan yang berbeda. Awalnya, itu dibangun hanya untuk memungkinkan para petani beristirahat ketika mereka berada di ladang. Namun karena keindahan dan daya tariknya, banyak wisatawan yang penasaran dan berkunjung.

1. Lokasi Eksotis

Sirkuit sukses ini terletak di tengah hutan yang cukup lebat sehingga memberikan kesan alami dan asri. Selain itu, lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 10 meter dari permukaan tanah menawarkan pemandangan yang sangat indah dan menarik. Dari atas rumah pohon, pengunjung bisa melihat hamparan hutan dan kebun warga.

Anda mungkin tidak mendapatkan pemandangan seperti itu di tempat lain, meskipun mereka memiliki konsep pariwisata yang sama. Tak hanya itu, suasana alam yang segar dan sejuk juga membuat Anda merasa rileks dan tenang. Itu sebabnya semua wisatawan yang datang dijamin betah berlama-lama, apalagi tiket masuknya tidak mahal.

2. Desain unik

Rumah pohon Temega didesain dengan bentuk yang unik dan menarik. Rumah ini dibangun di atas pohon besar berdiameter sekitar 3 meter dan memiliki luas sekitar 4 meter persegi. Di dalam rumah pohon terdapat beberapa tempat duduk dan fasilitas lainnya yang membuat pengunjung semakin betah berlama-lama.

Beberapa bagian dibuat menyerupai sangkar burung agar semakin unik. Untuk berpindah dari satu rumah ke rumah lainnya, wisatawan dapat menggunakan akses jembatan yang telah disediakan. Semua rumah di sini saling berhubungan, sehingga Anda dapat dengan mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

3. Keindahan Alam di Sekitar Rumah Pohon Temega

Daya tarik Rumah Pohon Temega sekaligus menjadi alasan banyaknya wisatawan yang mengunjunginya, terutama keindahan alam yang mengelilinginya. Wisata alam ini terletak di kawasan yang sangat hijau dan sejuk. Di tengah rimbunnya pepohonan dan berbagai jenis tanaman tropis yang tumbuh subur di sekitar lokasi.

Pemandangan indah yang bisa dilihat di sini antara lain perbukitan hijau subur, terasering sawah yang ditanami padi, dan hamparan hutan yang tampak hijau. Apalagi saat matahari terbit atau terbenam, pemandangan ini semakin mempesona dengan gradasi warna langit yang indah dan sinar matahari yang menerpa dedaunan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Rumah Pohon TemegaKredit gambar: Google Maps Putu Wiraguna

Keindahan alam Rumah Pohon Temega bukan tanpa sebab, karena lokasinya yang masih berada di lereng Gunung Agung. Secara administratif alamat lengkapnya berada di Desa Padang Kerta, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali. Jarak dari pusat kota sekitar 11 kilometer, dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Dibutuhkan sekitar 25 menit dengan kecepatan kendaraan rata-rata. Menemukan tempat wisata ini tidaklah sulit, karena banyak landmark yang bisa digunakan. Silakan memulai perjalanan menuju Pura Penataran Agung Nangka jika lokasi Anda saat ini berada di pusat Karangasem.

Ikuti jalan utama, Anda bisa menggunakan SDN 2 Bhuana Giri, Pura Pemaksan Purnama dan Pura Pamrajan Kawitan Ida Dukuh Sakti. Dari sini lanjutkan perjalanan mengikuti jalan raya sekitar 3 kilometer, Anda akan sampai di lokasi. Jika Anda masih bingung dan ragu maka sebaiknya gunakan bantuan aplikasi Google Maps.

Harga tiket masuk objek wisata

Banyak orang pasti beranggapan bahwa harga tiket masuk ke Rumah Pohon Temega cukup mahal. Sayangnya, Anda salah, karena wisata kekinian ini bisa dijadikan alternatif untuk mengisi liburan murah meriah. Bagaimana tidak, Anda hanya perlu membayar 10.000 rupiah saja. Untuk anak-anak, bayar hanya setengahnya, yang dikenakan uang kertas 5.000 rupee.

Biaya tambahan akan dikenakan jika Anda datang dengan kendaraan pribadi. Biaya parkir di sini juga murah, sepeda motor hanya Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Dengan segala keindahan alam dan keunikan karakter rumah pohonnya, tempat ini buka setiap hari mulai pukul 07:00 hingga pukul 18:00 malam waktu setempat.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Rumah Pohon Temega

Kegiatan menarik di Rumah Pohon TemegaKredit gambar: Google Maps Agung Tresna

Berkunjung ke tempat wisata tentu bukan hanya karena tertarik, tapi aktivitas di sana juga harus diperhitungkan. Tidak perlu khawatir saat berada di Rumah Pohon Temega karena banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan.

1. Pelacakan Rumah Pohon Temega

Aktivitas keren pertama yang bisa Anda lakukan di sini adalah melacak lokasi utama. Ada dua jalur yang bisa dipilih, yakni melalui jalan setapak atau jembatan gantung. Bagi yang suka tantangan, tentu memilih jalur jembatan gantung. Anda akan merasakan sensasi berjalan di tempat yang tidak stabil, atau selalu berayun.

Jembatan ini cukup panjang, tingginya hampir sepuluh meter di atas permukaan tanah. Tidak semua pengunjung berani melintasi jembatan ini, justru itu yang membuat seru dan sulit. Kalaupun masih bergerak sambil berjalan, dari segi keamanan sudah terjamin. Jembatan ini dilengkapi dengan pagar tali berbentuk jaring untuk mencegah pengunjung terjatuh.

2. Menikmati keindahan alam sekitar

Seperti disebutkan di atas, Rumah Pohon Temega dibangun di tengah hutan yang dikelilingi pepohonan rindang. Kegiatan menarik lainnya adalah menikmati segala pesona yang dimilikinya. Di sini Anda bisa melihat hamparan sawah hijau yang menyegarkan. Pepohonan dengan berbagai jenis juga sangat asri, semakin melengkapi pesonanya.

3. Mencari spot foto pemandangan alam

Bagi yang hobi fotografi, jangan lupa membawa kamera dengan resolusi terbaik. Pasalnya, keindahan alam yang ada disini tidak lengkap jika tidak diabadikan. Anda bisa menggunakan pepohonan sebagai backdrop, atau bisa juga sawah milik warga. Silakan duduk di geladak jika Anda berani, atau setidaknya Anda bisa menggunakan balkon agar lebih aman.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Rumah Pohon TemegaKredit gambar: Google Maps Putu Wiraguna

Untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan, Rumah Pohon Temega menawarkan berbagai fasilitas penting yang bisa dimanfaatkan. Sedangkan untuk kawasan wisata, Anda bisa menggunakan lahan parkir yang tersedia cukup luas. Jika perlu buang air besar atau mandi, harap menggunakan toilet yang terjaga kebersihannya.

Wisata Karangasem ini juga menyediakan tempat sampah yang tersebar di beberapa lokasi, harap buang sampah pada tempatnya. Fasilitas lain yang ditemui antara lain warung makan, bangku, akses jalan yang baik dan bangku untuk bersantai. Saat panas, Anda tidak akan kepanasan karena seluruh dek dilengkapi atap.

Ini yang bisa dikatakan tentang wisata alternatif di Bali yaitu Rumah Pohon Temega. Dari sekian ulasan di atas, bisa disimpulkan bahwa tempat ini layak untuk dikunjungi untuk mengisi waktu liburan Anda. Biar makin seru, jangan lupa ajak grup, entah itu keluarga, pasangan, atau orang terdekat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button