Self Photo Studio, konsep foto unik ala Korea yang digandrungi anak muda Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Self Photo Studio, konsep foto unik ala Korea yang digandrungi anak muda Semarang

SEMARANG, KOMPAS.com – Penyebaran budaya Korea di Indonesia juga mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Tak hanya fashion, musik atau kuliner, kini tren foto ala ginseng state mulai digandrungi anak muda. selfie nama studio.

Salah satu studio foto diri yang digandrungi anak muda di Semarang saat ini adalah RR Studio Portrait. Seperti studio pada umumnya, ruang studio memiliki latar belakang yang beragam.

Bedanya, di studio selfie, kamera tersusun rapi di atas tripod dan cahaya studio menyinari latar belakang. Selain itu, terdapat layar kecil yang menampilkan pose-pose yang ditangkap oleh lensa kamera.

Baca Juga: Resep Oseng Tempe Pedas Dengan Bumbu Gochujang Korea

Pemilik RR Studio Portrait, Arestya Putra, mengaku tren foto ini memang mengadopsi dari tanah ginseng.

Menurut Aries, panggilan akrabnya, orang-orang sangat tertarik dengan tren Korea. Jadi, mendapatkan pelanggan untuk studio foto di Kota Semarang tidak cukup sulit.

“Ini konsep baru, mereka bisa berfoto sendiri tanpa bantuan fotografer. Karena sedang musimnya, banyak anak muda yang datang berfoto bersama teman-temannya,” kata Aries saat ditemui Kompas.comSenin (15/8/2022).

Selain itu, menurut Aries, belajar mandiri banyak diminati masyarakat karena menawarkan harga yang cukup terjangkau.

Sementara studio foto biasa dihargai berdasarkan jumlah foto yang diambil, studio foto mandiri hanya dihargai berdasarkan waktu.

“Di studio ini klien hanya mengeluarkan uang Rp 100.000, mendapat 20 menit, tapi tidak terbatas pada pemotretan, mereka juga mendapatkan hasil cetak foto,” kata Aries.

Baca Juga: Wisata Sehari Penuh Gaya Korea Selatan di Jakarta, Bisa Ke Mana Saja?

Tak heran, tambah Widder, pelanggan bergiliran datang dari kalangan muda, mulai dari mahasiswa hingga mahasiswa.

Hal senada juga disampaikan pemilik Momentia Self Photo Studio, Debby. Menurut wanita asal Semarang ini, banyak anak muda yang secara sadar datang ke studio mandiri untuk mengabadikan momen berharga.

“Ada yang datang untuk foto wisuda, pernikahan, ulang tahun. Banyak juga yang berfoto couple dengan pasangannya,” jelas Debby.

Selain tren Korea, Debby menambahkan, perluasan studio foto diri juga dipengaruhi tren media sosial. Tak bisa dipungkiri banyak anak muda yang terinspirasi dari konten yang beredar di media sosial.

“Kadang-kadang saat membuat konten TikTok, mereka datang dengan Instagram Reels. Jadi otomatis mereka bagikan di media sosial tanpa kita minta,” ujarnya.

Uniknya, Debby’s Studio juga mengizinkan klien untuk membawa hewan peliharaan.

Baca Juga: Resep Tumis Ikan Teri ala Korea Biasa Dijadikan Banchan

Salah satu kliennya, Chantika mengaku tertarik mengabadikan momen wisuda dengan datang ke studio selfie karena memiliki konsep yang berbeda dan lebih private.

Lulusan Universitas Diponegoro (Undip) ini mengatakan, studio foto diri merupakan pilihan yang tepat bagi orang pemalu seperti dirinya.

“Karena private lebih fleksibel, tidak overcrowded. Saya datang ke sini karena melihat media sosial,” kata Chantika.

Menurut Chantika, selain harga yang terjangkau, yang justru lebih diminati anak muda adalah konsep studio foto diri seperti ini.

“Hari ini lebih menyenangkan datang ke studio mandiri. Kami bebas berekspresi, jadi tidak terlalu formal,” pungkasnya.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terbaru setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: regional.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button