Ini dia daftar makanan khas daerah pati yang merangsang nafsu makan - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Ini dia daftar makanan khas daerah pati yang merangsang nafsu makan – Solopos.com

Solopos.com, PATI — Kabupaten Pati di Jawa Tengah (Jawa Tengah) tidak hanya memiliki tempat wisata berupa alam dan pantai. Kabupaten Pati juga kaya akan kuliner atau makanan khas yang menggugah selera dan beraroma.

Pati merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa, atau merupakan wilayah pesisir utara. Pati memiliki luas wilayah kurang lebih 1.503,68 km² dengan jumlah penduduk 1,3 juta jiwa.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Lingkungan bertema Pati Bumi Mina Tani kaya akan kuliner atau makanan khas daerah mulai dari yang berkuah, pedas dan lain-lain.

Dikutip dari situs visitjawatengah.jatengprov.go.idPada Selasa (8 November 2022) di Pati akan ada kuliner yang menggiurkan, namun hanya sedikit yang sering menjabarkan khasiat pati.

Di bawah ini adalah hidangan pati atau kuliner khas yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke daerah yang terletak di pesisir utara Jawa Tengah ini.

Baca Juga: Sego Paging, Makanan Khas Grobogan yang Memiliki Nama Unik dan Mirip Pecel

Disajikan nasi dengan saus cokelat seperti rebusan atau kari. Nasi ini disajikan dengan potongan daging sapi.

Untuk lauknya, penjual biasanya menawarkan berbagai jenis seperti otak, hati, limpa dan lain-lain. Nasi gandul khas Pati biasanya disajikan dengan telur bacon dan kue.

Beras Gandul cocok dikonsumsi pada malam hari atau saat cuaca dingin. Sausnya yang hangat dan beraroma akan menggugah selera orang yang menikmatinya.

Sajian khas Pati lainnya yang cukup ikonik adalah Soto Kemiri. Soto Kemiri berasal dari daerah Kemiri yang merupakan salah satu desa di Pati.

Soto Kemiri adalah soto ayam dengan kuah santan yang disajikan dengan irisan ayam. Di kota Pati Anda bisa menemukan warung Soto Kemiri.

Baca juga: Tenang! 1 dusun di Pati Hanya ada 2 rumah

Makanan atau kuliner khas Kabupaten Pati lainnya adalah Sego Tewel. Makanan ini hampir menyerupai nasi rames yang disajikan dengan sayuran berbahan serat nangka dengan pelengkap tempe dan bakwan.

Nasi tewel biasanya disajikan dengan daun jati. Sego-Tewel banyak ditemukan di Kawasan Desa Tambakromo, Kecamatan Tambakromo, Pati.

Lontong Balungan merupakan makanan atau kuliner khas Pati yang cukup melegenda. Makanan ini terdiri dari lontong yang disajikan dengan santan kental dan diberi topping tahu, tempe, dan potongan daging sapi yang masih menempel pada tulang atau balungan.

Lontong Balungan banyak ditemukan di kawasan Desa Kropak, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati. Makanan ini juga cukup terkenal di kalangan warga Pati dan wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Baca Juga: BRI Kenalkan Kuliner Nusantara dan Bawa Ikan Asap Demak ke Belanda

Makanan atau kuliner khas Pati lainnya, yaitu jajanan olahan bandeng yang banyak terdapat di Juwana.

Berbagai industri pengolahan bandeng Presto ada di Juwana. Ikan air payau dimasak agar durinya menjadi lunak. Jadi jika Anda ingin makan Bandeng Presto, Anda tidak perlu mengesampingkan durinya karena bisa langsung dimakan.

Selain dipres, bandeng juga bisa diolah menjadi bentuk lain, seperti:

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan itu Rp99.000/tahun, Anda dapat menikmati berita lebih detail dan bebas iklan serta berkesempatan memenangkan hadiah utama berupa mobil Daihatsu Rocky, motor NMax dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Lihat berita dan artikel lainnya Berita Google

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button