5 Destinasi Wisata Populer yang Wajib Dikunjungi Sendiri, Ini Daya Tariknya! : Wisata Okezone - WisataHits
Jawa Tengah

5 Destinasi Wisata Populer yang Wajib Dikunjungi Sendiri, Ini Daya Tariknya! : Wisata Okezone

PALING SEDIKIT Ada 5 destinasi wisata populer di Solo Jawa Tengah. Kampung halaman Presiden Jokowi sudah terkenal di kalangan wisatawan. Mulai dari sejarah, budaya, kuliner hingga tempat wisata kekinian, Solo punya semuanya.

Berikut 5 tempat wisata populer di Solo yang wajib kamu kunjungi!

Pasar Triwindu Solo

Pasar Triwindu adalah surga bagi pecinta barang antik, barang antik, dan seni. Letaknya tidak jauh dari pasar malam Ngarsopuro. Pasar ini didirikan pada tahun 1939 untuk memperingati 24 tahun pemerintahan Mangkunegara VII.

Barang antik yang dijual di sana antara lain patung batu dan kayu, uang kuno, radio bekas, senjata bekas, perabot rumah tangga, boneka, jam dinding, mug, mesin tik, telepon bekas dan masih banyak lagi.

ilustrasi

Galabo tunggal

Galabo Solo merupakan tempat kuliner populer di Jalan Mayor Sunaryo, tepatnya di depan Pusat Grosir Solo. Ada banyak makanan lezat spesial dan tradisional.

Tercatat sekitar 50 stand vendor digelar setiap pukul 17.00 hingga 24.00 WIB. Dengan jumlah warung yang begitu banyak, Anda bisa menemukan berbagai macam makanan seperti nasi liwet, ceker gudeg, sate kere, tengkleng, mie toprak, wedang ronde, wedang dongo, tahu kupat, nasi tumpang dan lain-lain.

Tempat ini selalu dipadati pengunjung dari berbagai kalangan, terutama mahasiswa. Hal ini dikarenakan harganya yang murah, enak dan cocok untuk tas mahasiswa.

Keraton Surakarta

Buat kamu yang suka sejarah wajib banget mampir ke Keraton Surakarta. Dibangun pada tahun 1744, Keraton Surakarta merupakan bangunan megah yang didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana III. Sedangkan menurut cerita, bangunan ini dibangun untuk menggantikan Keraton Kartasura yang hampir hancur akibat kerusuhan pecinan pada tahun 1743.

Sampai saat ini bangunan ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sri Sunan dan menjadi tempat wisata di Solo yang paling banyak dikunjungi. Istana ini luasnya 54 hektar dari Alun-alun Utara sampai Alun-alun Selatan, yaitu Alun-alun Lor, Alun-alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lor dan Alun-Alun Kidul dan Kamatangan.

Berbagai koleksi peninggalan Kasunanan tersimpan di sana, antara lain gamelan, replika pusaka keraton, dan benda-benda lain yang merupakan pemberian dari raja-raja Eropa terdahulu.

Baca juga: Lifebuoy x MNC Peduli mengajak masyarakat berbagi kebaikan dengan donasi rambut, Save the Date!

Kampung Batik Kauman

Berkunjung ke Solo belum lengkap tanpa berbelanja tie-dye yang khas. Salah satunya di Kampung Batik Kauman Solo, di mana Anda bisa membeli dan melihat langsung cara pembuatan batik.

Beragam batik dibuat di sini, mulai dari batik tulis, batik cap, hingga batik kombinasi dengan motif modern dan warna agak gelap. Soal kualitas jangan ditanya lagi, sudah terkenal bahkan sampai ke luar negeri lho.

Harga batik di sini pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Letaknya juga tidak jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta, jadi kamu bisa langsung belanja oleh-oleh untuk keluarga.

ilustrasi

Pasar malam Ngarsopuro

Selain Galabo Solo, ada lagi wisata kuliner yang wajib dikunjungi, yaitu Pasar Malam Ngarsopuro. Letaknya di Jalan Diponegoro, tepatnya di kawasan selatan Candi Mangkunegaran, dan buka setiap Sabtu dan Minggu malam.

Seperti namanya, pasar malam tidak jauh berbeda dengan pasar malam lainnya karena terdapat pakaian dan makanan. Namun bedanya, mulai dari kerajinan khas Solo hingga aneka makanan tradisional dan modern bisa Anda temukan dengan harga terjangkau.

Karena itu, kawasan ini kerap menjadi tempat berkumpulnya pemuda, mahasiswa, dan aktivis Kota Solo. Dijamin ga bolong kantong!

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button