Tiket dan Aktivitas SIKUNIR HILL - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas SIKUNIR HILL

Harga tiket masuk Bukit Sikunir Dieng : Rp 15.000. Jam buka: 02:00 – 18:00 WIB. Nomor telepon: -. Alamat: Sembungan, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia, 56354.

Menyebutkan bumi di atas awan untuk dataran tinggi Dieng tidak salah. Tempat ini menawarkan berjuta pesona keindahan dataran tinggi yang eksotik. Banyak tempat yang akan memanjakan mata pengunjung, salah satunya adalah Bukit Sikunir Dieng.

Bukit Sikunir merupakan salah satu destinasi favorit di Dataran Tinggi Dieng. Hal ini dikarenakan puncak bukit merupakan tempat terbaik untuk menikmati golden sunrise. Tak heran jika wisatawan dari berbagai daerah berbondong-bondong untuk melihatnya secara langsung.

Harga Tiket Masuk Bukit Sikunir Dieng

Untuk menikmati keindahan alam yang menakjubkan ini, tiketnya sangat murah. Pengunjung hanya membutuhkan beberapa ribu rupiah untuk menikmati keindahan pemandangan kawasan wisata ini.

Harga Tiket Masuk Bukit Sikunir Dieng
Tiket masuk Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Batu Pandang Ratapan Angin Dieng

Jam Buka Bukit Sikunir Dieng

Tak perlu khawatir soal jam buka, Bukit Sikunir buka mulai pukul 02.00 hingga 18.00 WIB.

Jam buka
Setiap hari 02.00 – 18.00 WIB

Pesona dan daya tarik bukit ini memang luar biasa. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan wisatawan di sini.

Menikmati Golden Sunrise di Bukit Sikunir Dieng

Golden sunrise di atas Bukit Sikunir, DiengKeindahan matahari terbit yang sinar keemasannya bisa dilihat disini. Foto: Google Maps/Yopie Widianto

Daerah perbukitan masih menawarkan keindahan dan kesejukan alam seperti halnya Bukit Sikunir. Meski harus mendaki untuk mencapai puncak, tidak masalah. Keindahan golden sunrise menjadi obat anti penat yang ampuh bagi wisatawan.

Golden sunrise adalah pancaran keemasan matahari pagi saat baru saja muncul dari tempat tidurnya. Merupakan momen yang sangat luar biasa untuk dapat menikmati salah satu dari keindahan alam tersebut. Fenomena ini juga merupakan cara mendekatkan diri kepada Tuhan melalui rasa syukur atas karunia-Nya.

Untuk bisa menikmati golden sunrise, pengunjung harus berangkat sebelum subuh. Jangan khawatir sendirian, karena pada pukul 03.00 WIB sudah banyak wisatawan yang menuju ke sana. Berjalan kaki 30 menit dari pintu masuk, wisatawan akan tiba di Bukit Sikunir.

Baca: Tiket Masuk GROJONGAN Sewu dan 6 Kegiatan Pilihan

Rasakan kesegarannya, resapi suasananya dan nikmati keindahannya. Tidak mungkin mengungkapkan kekaguman yang berterima kasih. Kata-kata tidak cukup untuk menggambarkan semua berkat ini.

Keindahan Telaga Cebong di Bukit Sikunir

Danau Cebong DiengKeindahan Telaga Cebong di Kawasan Wisata Bukti Sikunir. Foto: Google Maps/Aji Pras

Saat menuruni bukit Sikunir, pengunjung tak hanya bisa mencicipi kuliner khas Dieng. Tetapi Anda juga akan menemukan tempat-tempat lain yang lebih eksotis. Tempat itu disebut telaga cebong.

Untuk menikmati eksotisme danau ini, pengunjung harus datang pada pagi hari. Karena birunya langit pagi yang membias di permukaan air danau akan menimbulkan kekaguman. Sedangkan berfoto selfie saat ini menjadi pelengkap kekaguman akan kecantikan yang terlihat.

Dengan kedalaman antara 2 hingga 4 meter, danau ini mengundang para mancing mania. Agar ekosistem Telaga Cebong terjaga dengan baik, ada aturan khusus. Yakni aturan berupa larangan menangkap ikan dengan jaring, racun dan bom.

Baca: Tiket Masuk Bukit Sekipan Tawangmangu dan 9 Wahana Keren

Cobalah Kuliner Bukit Sikunir Dieng

Puas menikmati golden sunrise, kini saatnya turun dan kembali. Kelaparan akan muncul dengan mudah setelah perjalanan ini. Untuk menenangkan perut, di dekat tempat parkir mobil terdapat beberapa warung yang menawarkan makanan.

Tempe khas Dieng

Makanan khas Dieng banyak tersedia, ada tempe kemul, mie ongklok dan semur kentang. Di daerah lain, tempe kemul disebut juga tempe mendoan. Tempe kemul adalah tempe yang diberi lapisan tepung kemudian digoreng.

Sebelum digoreng, tempe terlebih dahulu diiris tipis. Tepung yang disertakan juga menerima potongan daun bawang. Saat menggoreng, tepung yang menutupi candi akan mengembang, lalu goreng hingga garing.

Dari sinilah muncul istilah tempe kemul. Jadi candi itu seperti “kemulan” atau dalam bahasa Indonesia artinya penutup. Karena tempe kemul mengandung lebih banyak tepung daripada tempe.

Baca: Tiket Masuk dan Pesona Telaga Menjer Dieng

Semur Kentang Spesial Dieng

Tak heran jika semur kentang menjadi salah satu olahan khas dataran tinggi Dieng. Salah satu penyebabnya adalah kentang merupakan sayuran yang paling banyak ditanam oleh petani di Dieng. Rebusan kentang memiliki rasa yang unik, karena merupakan perpaduan antara manis dan pedas.

Mie ongklok khas Dieng-Wonosobo

Selain ubi rebus dan tempe kemul, ada lagi kuliner khas Dieng. Namanya Mie Ongklok, dinamakan Mie Ongklok karena proses pelayanannya. Jadi sebelum disajikan, mie dicampur dengan potongan daun bawang dan kol.

Proses meracik mi dan sayur dilakukan di dalam centong bambu. Kemudian campuran mie dan sayur dalam centong bambu tersebut direndam dalam air mendidih. Proses pewarnaan ini memakan waktu beberapa menit.

Nah, proses ini disebut Ongklok. Setelah proses ongklok selesai, mie dan sayuran ditaruh dalam mangkuk. Tidak berhenti sampai di situ, kuah pedas akan bercampur dengan mie yang ada di mangkok.

Baca: Tiket Masuk Kawah Sikidang Dieng dan Ragam Pesonanya

Mie kuah ongklok berasal dari tepung kanji, campuran gula aren, rempah-rempah dan udang kering. Sebagai lauk untuk menambah cita rasa, tambahkan bumbu kacang pada mie ongklok. Selain bumbu utama tersebut, bila perlu tambahkan merica dan bawang goreng.

Mie kuah ongklok begitu segar, karena campuran ebi sebagai bumbunya. Dengan segala perpaduan tersebut, rasa mie ongklok terasa asin, manis, pedas dan kenyal. Sate sapi menjadi lauk pelengkap saat menyantap mie ongklok.

Fasilitas Bukit Sikunir Dieng

Tak hanya di bagian bawah, fasilitas di puncak Bukit Sikunir pun cukup lengkap. Pengunjung bisa berdoa subuh di puncak Bukit Sikunir. Ini karena ada mushola dan tempat wudhu.

Baca: Tiket Masuk dan Pesona Telaga Warna Dieng

Lokasi Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir masih masuk dalam wilayah Wonosobo-Jawa Tengah. Untuk mencapai tempat wisata ini cukup mudah, dari desa Sembungan tinggal mencari petunjuk arah menuju bukit Sikunir. Alamat Kebun & Hutan, Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button