Sekda Adi Arnawa membuka Desa Wisata Cemagi Mengwi | Balipuspanews.com - WisataHits
Jawa Timur

Sekda Adi Arnawa membuka Desa Wisata Cemagi Mengwi | Balipuspanews.com

Sekda Wayan Adi Arnawa saat membuka Desa Wisata Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Minggu malam (18/12/2022).Sekda Wayan Adi Arnawa saat membuka Desa Wisata Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Minggu malam (18/12/2022).

MANDI, balipuspanews.com– Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri pembukaan Desa Wisata Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung pada Minggu malam (18/12/2022).

Turut hadir Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Badung I Made Sunarta beserta Anggota DPRD Wayan Edi Sanjaya, Kepala Dinas Pariwisata I Nyoman Rudiarta, Ketua PHRI Badung, Kepala Desa Adat Cemagi serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, peresmian Desa Wisata Cemagi ditandai oleh Sekda Adi Arnawa yang mengenakan keris, sekaligus penguatan administrasi dengan menyematkan para pengelola Desa Wisata Cemagi.

Sekda Adi Arnawa dalam sambutannya menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Badung menyambut baik dan mengapresiasi dukungan seluruh lapisan masyarakat dan seluruh stakeholder pariwisata sehingga mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembentukan dan terwujudnya Cemagi Mobilize. Desa Wisata Desa.

Desa Wisata Cemagi juga diharapkan dapat menjadi destinasi wisata yang dikenal baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara serta menjadi model pengembangan pariwisata berkelanjutan di Kabupaten Badung.

“Saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik terwujudnya Desa Wisata Cemagi ini, semoga dapat membawa angin segar bagi pariwisata Kabupaten Badung dan pariwisata Bali kedepannya, sejalan dengan promosi yang telah kita lakukan dan sejalan dengan suksesnya implementasi G20. Kita harus memastikan itu, yang harus kita lakukan saat ini adalah menjaga kekompakan, persatuan dan kesatuan serta tidak keluar dari kearifan lokal untuk menjaga seni dan budaya,” ujar Sekda Adi Arnawa.

Ketua Panitia I Ketut Karpiana sekaligus Kepala Desa Adat Cemagi melaporkan bahwa potensi unggulan Desa Cemagi terletak berdampingan dengan pertanian di sektor pariwisata dengan ikon wisata Desa Cemagi yaitu Pantai Mengening dimana terdapat sebuah pura yaitu Pura Gede Luhur Batu Ngaus yang letaknya di atas batu karang, pemandangan dan keindahannya seperti Pura Tanah Lot.

Ikon kedua adalah Pantai Seseh. Pantai ini tidak hanya menjadi tujuan para peselancar/surfer mancanegara, tetapi juga Pura Keramat Ratu Mas Sakti yang merupakan makam putra Raja Mengwi yang berasal dari Blambangan, Jawa Timur, yaitu Pangeran Mas Sepuh alias Raden Amangkuningrat akulturasi budaya terlihat jelas di pura ini, dikarenakan banyaknya wisatawan muslim dari luar Bali yang berziarah ke pura ini.

Ia pun mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian pemerintah Kabupaten Badung terhadap Desa Adat Cemagi yang kali ini resmi menjadi Desa Wisata Cemagi.

“Kami berharap ke depannya pihak manajemen dan masyarakat sekitar lebih peduli untuk lebih mengembangkan tempat wisata ini bagi tamu mancanegara maupun lokal,” imbuhnya.

Pengarang: Kadek Adnyana
Penerbit : Oka Suryawan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button