Sejumlah Destinasi Wisata di Surabaya yang Layak Dikunjungi untuk Memperingati Hari Pahlawan - WisataHits
Jawa Timur

Sejumlah Destinasi Wisata di Surabaya yang Layak Dikunjungi untuk Memperingati Hari Pahlawan

Kabar Jombang.com – Ada beberapa destinasi wisata di Surabaya memperingati Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November sangat beragam.

Karena Hari Pahlawan memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tanggal 10 November 1945.

Dikenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya memiliki banyak destinasi wisata bersejarah. Destinasi ini menjadi saksi bisu para pahlawan melawan penjajah untuk kemerdekaan Indonesia.

Mengunjungi destinasi wisata ini akan membuat Anda mengingat jasa para pahlawan dan menambah pengetahuan Anda. Berikut daftar destinasi wisata di Surabaya memperingati Hari Pahlawan, dirangkum dari Pegipegi, Kamis (10/11/2022).

1. Jembatan Merah
Foto/Panduan Wisata Surabaya

Jembatan Merah menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Surabaya dengan pasukan Brigjen Mallaby. Jembatan ini kemudian juga digunakan sebagai jalur transportasi VOC dan sebagai tempat transaksi jual beli. Cat merah di pagar jembatan ini memperingati pertumpahan darah pertempuran.

2. Monumen Kapal Selam
Foto/Penjelajah Indonesia

Monumen Kapal Selam didirikan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur sebelumnya. Tugu peringatan untuk kapal terbesar di Asia ini mencakup kapal selam, jet tempur, tank, dan banyak lagi. Kehadiran monumen ini tidak hanya sebagai tujuan wisata, tetapi juga citra Indonesia sebagai negara bahari.

3. Gedung Negara Grahami
Foto/Adobe Stok

Dibangun pada tahun 1975, Gedung Negara Grhadi berfungsi sebagai kediaman resmi gubernur Jawa Timur. Bangunan ini dulunya menghadap Kalimas ke utara, sehingga warga bisa menyeruput teh di sore hari dan menyaksikan perahu-perahu menjelajahi sungai. Pada tahun 1802 bangunan ini diubah menghadap ke selatan seperti sekarang.

4. Tugu Pahlawan
Foto/Kota Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan didirikan untuk memperingati hari pahlawan khususnya prajurit Surabaya yang gugur dalam pertempuran. Terletak di Jalan Tembaan, Tugu Pahlawan dibangun dengan bentuk paku terbalik dan memiliki ketinggian 40,45 meter.

5. Gedung Bank Mandiri
Foto/Pesona Warisan Budaya Surabaya

Dibangun pada tahun 1911, gedung Bank Mandiri digunakan oleh tentara Jepang untuk menyimpan persediaan senjata mereka. Kemudian, pada tanggal 1 Oktober 1945, para pemuda Surabaya berhasil merebut semua senjata tersebut dalam sebuah pertempuran. Bangunan bersejarah ini dimiliki oleh perusahaan dagang Belanda Lindeteves Stokvis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button