Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Anak – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Anak – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur

Arumi Emil Dardak: Peran orang tua harus meningkatkan literasi anak

Diunggah pada: 27 Oktober 2022 19:36:42 5

Ketua PKK Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak di palang pintu bersama tim media pada rangkaian kegiatan memperingati Hari Aksara Internasional 2022 di kawasan wisata bahari Lamongan, Kamis (27/10/2022). Foto: Ghufron JNR Kominfo Jawa Timur.

Ruang Berita Jawa Timur – Ketua PKK Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak mengatakan, peran orang tua dan guru sangat dibutuhkan untuk meningkatkan literasi dan minat baca anak. Literasi perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sejak anak usia dini.

Hal itu dikatakan Arumi usai talkshow literasi dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Literasi Internasional tingkat Provinsi Jawa Timur di kawasan Wisata Bahari (WBL) Lamongan, Kamis (27/10/2022).

Selain itu, kata Arumi, orang tua dan guru harus mampu beradaptasi dengan era digital seperti sekarang ini. Digitalisasi harus diterapkan pada hal-hal yang positif, seperti B. Mendidik anak untuk meningkatkan minat membaca.

“Tipsnya adalah orang tua perlu bersenang-senang dengan anak-anak mereka dan guru harus dapat memfasilitasi dan beradaptasi selama waktu itu,” katanya.

Selain itu, tujuan literasi saat ini telah berubah. Targetnya dulu menyelesaikan buta huruf di Indonesia, tapi sekarang hanya 2 persen dan kurang.

“Jadi generasi sekarang sudah bisa membaca dengan baik, tetapi keterampilan membaca atau bahan bacaan itu hanya digunakan untuk sekolah. Diharapkan literasi dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat sejak dini, dengan harapan dapat mempengaruhi kreativitas anak dan juga berpikir kritis. kata istri Wakil Gubernur Emil. Elestianto Dardak ini.

Namun, menurut Arumi, literasi tidak hanya dibiasakan pada anak sejak dini, tetapi juga life skill. “Jadi membaca itu penting, tapi juga penting untuk memahami membaca, membahasnya bahkan mengamalkannya,” tambah Arumi yang juga ibu literasi.

Arumi juga menyampaikan bahwa literasi di Jawa Timur saat ini sudah cukup baik namun masih perlu ditingkatkan. Hal ini dimungkinkan karena Jawa Timur memiliki jumlah penduduk yang cukup besar atau terbesar kedua di Indonesia setelah Jawa Barat.

“Jadi bayangkan jika literasi SDM Jawa Timur tidak di atas atau masih banyak kekurangan, maka SDM Indonesia juga menunjukkan masih banyak kekurangan. Nah, semoga melalui peningkatan literasi dan peningkatan kecerdasan, insya Allah Indonesia Maju dan Indonesia Emas 2025 dapat terwujud dengan dipimpin oleh generasi sekarang yang masih kecil atau masih berkembang, kritis dan generasi dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang baik. ) ini,” pungkasnya. (sti)

#Ketua TP PKK Jatim #literasi digital #ibu literasi

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button