Sejarah Jambore Nasional di Indonesia: Gerakan Pramuka Tahunan ke-5 - WisataHits
Jawa Barat

Sejarah Jambore Nasional di Indonesia: Gerakan Pramuka Tahunan ke-5

TEMPO.CO, jakartaJambore Nasional disingkat Jamnas XI 2022 resmi ditutup setelah digelar di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta pada 14-21 Agustus 2022.

Namun apa sebenarnya kegiatan jambore yang dikatakan sebagai perwujudan bela negara itu?

Berdasarkan majalah berjudul Jambore Nasional Gerakan Pramuka: pelaksanaan bela negara Dirilis pada tahun 2022, jambore merupakan jenis perkumpulan pramuka yang diadakan dalam bentuk perkemahan besar.

Sejarah Jambore

Jambore ini digelar langsung oleh Kuartal Gerakan Pramuka, mulai dari tingkat cabang hingga tingkat nasional. Bahkan di tingkat dunia, ada kegiatan serupa yang disebut Jambore Dunia (Jambore Pramuka Dunia).

Awal mula Jambore berasal dari gagasan Lord Robert Baden-Powell Of Gilwell, bapak Pramuka sedunia. Dia menuliskan rekam jejaknya saat melihat pelatih muda di Inggris. Dari sinilah istilah Gerakan Pramuka atau biasa disebut Pramuka berkembang. Hingga akhirnya ia menyebarkan ide-idenya ke seluruh dunia.

Ada perbedaan antara kepramukaan internasional dan di Indonesia. Singkatnya, gerakan Pramuka internasional menghasilkan Sumpah Pramuka dan Hukum Pramuka. Sedangkan Gerakan Pramuka Nasional memiliki kode kehormatan Pramuka berupa Satya dan Darma.

Di Indonesia satya kepramukaan dalam gerakan pramuka ini disesuaikan dengan falsafah bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Meskipun isinya sama dengan Janji dan Hukum Pramuka Internasional.

Sementara itu, setelah ditetapkannya Keputusan Presiden tahun 1961 Nomor 238 tanggal 20 Mei 1961 dan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka, Gerakan Pramuka resmi berdiri dan diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961.

Tujuan gerakan Pramuka adalah pengembangan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik. Untuk mengelola semua aspek tersebut, dilakukan kegiatan yang disebut Jambore Nasional. Kegiatan ini menitikberatkan pada kegiatan persaudaraan antar Pramuka untuk menjaga cinta Indonesia tetap hidup.

Kegiatan ini sendiri diperuntukan bagi siswa yang berusia 11-15 tahun, atau sering disebut dalam kepramukaan sebagai kelompok pramuka. Ada maksimal 40 orang dalam satu pasukan. Sedangkan pembentukan penggalangan dana bertujuan untuk mempermudah penghimpunan dan pengelolaan kegiatan, terutama pada saat acara Jamnas berlangsung.

Rekor Sukses Jambore Nasional

Dari data yang diperoleh dalam jurnal yang berjudul Jambore Nasional Gerakan Pramuka 1973-1996 Jamnas yang dirilis pada tahun 2014, pertama kali diadakan pada tahun 1955 di Bumi Perkemahan Ragunan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Namun setelah itu, aktivitas berhenti total.

Setelah diskusi berlangsung, Kwarnas mengeluarkan panduan penyelenggaraan Perkemahan Besar Penggalang. Hasilnya, Jamnas berlangsung setiap empat tahun sekali.

Dari tahun 1973 hingga 1996 Jamnas diselenggarakan sebanyak enam kali. Selanjutnya pada Jamnas Nasional ketujuh sampai kesebelas diputuskan dilaksanakan setiap lima tahun sekali karena biaya dan persiapan yang harus diselesaikan.

Pada awal 2000-an, Jambore Nasional menjadi lebih terstruktur. Jamnas ketujuh dilaksanakan melalui Jamnas Nasional kesebelas. Tahun 2001 dilaksanakan di Baturaden-Jawa Tengah, yang kedelapan di Jatinangor, Jawa Barat, yang kesembilan dilaksanakan di Danau Teluk Gelam, Ogan Ilir-Sumatera Selatan, sampai yang kesepuluh dan kesebelas lagi di Cibubur, Jakarta.

FATHUR RACHMAN
Baca Juga: Siti Fauziah Terima Kunjungan Peserta Jambore Nasional

Ikuti berita terbaru Tempo.co di Google News, klik di sini.

Source: nasional.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button