Sejarah Gunung Sunda Purba: Letusannya Menghancurkan Cekungan Bandung | Cekungan Bandung - WisataHits
Jawa Barat

Sejarah Gunung Sunda Purba: Letusannya Menghancurkan Cekungan Bandung | Cekungan Bandung

Sebelum Gunung Tangkubanparahu lahir, dahulu ada gunung Sunda purba dengan ketinggian 4.000 meter di atas permukaan laut. Letusan dahsyat membuat Cekungan Bandung.

Sebelum Gunung Tangkubanparahu lahir, dahulu ada gunung Sunda purba dengan ketinggian 4.000 meter di atas permukaan laut. Letusan dahsyat membuat Cekungan Bandung.

Ratusan ribu tahun yang lalu, letusan gunung berapi yang dahsyat pernah terjadi di Jawa Barat. Letusan tersebut berasal dari sebuah gunung yang bernama Gunung Sunda.Sebelum Gunung Sunda ada, terdapat sebuah gunung berapi yang sangat besar bernama Gunung Jayagiri. Gunung ini kemudian meledak dengan dahsyat hingga meruntuhkan tubuhnya dan membentuk kaldera.

Kemudian, dalam artikelnya, “Gunung Sunda yang berada 4.000 meter di atas permukaan laut, meletus 210.000 hingga 105.000 tahun yang lalu. Pada erupsi dengan semburan gas yang sangat tinggi, menyemburkan bebatuan, pasir, dan abu dari badan gunung,” kata Bakhtiar saat dikonfirmasi belum lama ini.

Baca selengkapnya: detikcom »

Pemerintah Hitung Volume Anggaran BBM Pertalite Bersubsidi – ANTARA News

ANTARA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah saat ini sedang menghitung ulang ketersediaan bahan bakar… Read More >>

Sebelum Meninggal Saat Jatuh di Gunung Rinjani, Seorang Pendaki Asal Portugal Berswafoto di Tepian Tebing – Tribunnews.comKorban diketahui sempat selfie sebelum terjatuh dan jatuh di kedalaman 150 meter di lereng menuju Danau Segara Anak.

Dunia belum siap untuk letusan besar gunung berapi superLetusan gunung berapi besar dengan dampak global bisa terjadi lagi di masa depan. Dunia didesak untuk bersiap menghadapi risiko letusan gunung berapi yang tiba-tiba dapat mengubah iklim global. Sains dan Teknologi AdadiKompas

Bendera merah putih membentang 2022 meter di lautan pasir Gunung BromoBerita Jawa Timur Bendera Merah Putih untuk 2022 meter di lautan pasir Gunung Bromo

Merah putih terbang di Halimun, gunung bersejarah saat bangsa Aceh mengusir penjajah | merdeka.comDelapan pemuda Kabupaten Pidie yang tergabung dalam tim Pidie Adventure berhasil mengibarkan bendera merah putih di puncak Gunung Halimun, gunung yang menyimpan sejarah bagi masyarakat Aceh Indonesia, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Rabu ( 17.8.).

Bupati Solok meminta seluruh pendaki memungut sampah dari puncak Gunung TalangPemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok membersihkan Gunung Talang usai melaksanakan Upacara HUT RI ke-77. selokan

Komisaris BCA (BBCA) ungkap potensi wisata yang sangat besar di Gunung KidulBCA Komisasri mengatakan kawasan Gunung Kidul saat ini memiliki potensi sebagai destinasi wisata di Yogyakarta.

Ilustrasi Cekungan Bandung di Museum Geologi Bandung (Foto: Wisma Putra/detikJabar) Bandung – Ratusan ribu tahun lalu terjadi letusan gunung berapi yang sangat dahsyat di Jawa Barat, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) mengerahkan tim untuk mengevakuasi Boaz Bar Anam .TEXT COMPASS/AHMAD ARIF Negara Doro Api To’i, gunung baru yang muncul dari dasar Kaldera Tambora, Selasa (26/8) Jawa Timur.

Letusan tersebut berasal dari sebuah gunung yang bernama Gunung Sunda. Gunung Sunda merupakan gunung yang termasuk dalam kategori gunung purba. Baca juga:. Gunung ini dipercaya sebagai nenek moyang Gunung Tangkubanparahu, menjadikannya gunung paling mematikan dalam sejarah modern. Dalam artikelnya tahun 2011 di Geo Magz, majalah geologi populer Kementerian ESDM, aktivis geowisata T Bachtiar menjelaskan bahwa Gunung Sunda berada di utara Bandung, atau tepatnya di mana Gunung Tangkubanparahu sekarang berada. Sebelum Gunung Sunda ada, ada sebuah gunung berapi yang sangat besar, yaitu Gunung Jayagiri. Baca Juga: Peristiwa tersebut merupakan bentuk keterpurukan negara dalam menghadapi tantangan perekonomian yang semakin sulit dan perubahan yang tinggi.

Gunung ini kemudian meledak dengan dahsyat hingga meruntuhkan tubuhnya dan membentuk kaldera. Sebuah makalah oleh para peneliti di Universitas Cambridge dan Pusat Studi Risiko Eksistensial Universitas Birmingham (CSER), yang diterbitkan pada Rabu (17/822) di jurnal Nature, mengatakan ada “kesalahpahaman umum” tentang risiko besar. letusan gunung berapi sangat tinggi, rendah. Dari sisi kaldera Jayagiri tumbuh gunung baru yaitu Gunung Sunda. Letusan dahsyat Gunung Sunda telah meruntuhkan tubuhnya menjadi kaldera. Gunung Tangkubanparahu terbentuk dari kaldera Gunung Sunda. Memiliki tinggi 4. (mcr26/jpnn).

000 m di atas permukaan laut Kemudian Bakhtiar, dalam artikelnya yang diterima dari detikJabar, juga menyebutkan bahwa Gunung Sunda memiliki ketinggian hingga 4.000 mdpl. Memiliki. Gunung Sunda meletus antara 210.000 dan 105.000 tahun yang lalu.

“Gunung Sunda yang berada 4.000 meter di atas permukaan laut, meletus antara 210.000 dan 105.000 tahun yang lalu. Saat erupsi dengan semburan gas yang sangat tinggi, mengeluarkan batu, pasir, dan abu dari badan gunung,” kata Bakhtiar baru-baru ini.

Bakhtiar juga mengungkapkan bahwa letusan Gunung Sunda membuat tubuh gunung kosong dan runtuh ke dalam membentuk kaldera berukuran 6,5 x 7,5 km. Ilustrasi Cekungan Bandung di Museum Geologi Bandung Foto: Wisma Putra/detikJabar Dari cuplikan erupsi, dia mengatakan juga membendung Ci Tarum di kawasan di kawasan Padalarang. Air sungai yang terbendung kemudian perlahan-lahan membentuk sebuah danau yang dikenal dengan Danau Bandung Purba. “Perairan Ci Tarum membentuk Danau Bandung Purba yang luas, dengan ketinggian tertinggi 725 meter di atas permukaan laut. Danau ini membentang dari barat ke timur, dari Cicalengka hingga Rakamandala, yang dipisahkan oleh Pematang tengah yang terdiri dari gunung berapi purba,” katanya.

Lebar danau utara-selatan, salah satunya pantai di persimpangan Jalan RE Martadinata dengan Jalan Dago dan Jalan Merdeka, mengikuti ketinggian 725 meter di atas permukaan laut di selatan di Soreang, Ciparay, Baleendah, dan Majalaya Dia melanjutkan.Kemunculan Gunung Tangkubanparahu Setelah Danau Bandung Purba terbentuk tepat 15.000 tahun yang lalu, dia menjelaskan bahwa Gunung Tangkubanparahu di sisi timur kaldera Gunung Sunda mulai terbangun dengan sendirinya.Bachtiar mengatakan, Nugraha (2005) membagi letusan Gunung Tangkubanparahu menjadi tiga periode, yang pertama antara 90.000 dan 40.

000 tahun yang lalu. Letusan tersebut membentuk kawah Pangguyangan Badak. Kemudian periode kedua 40.000 – 10.000 tahun yang lalu antara letusan terbentuk kawah Upas dan periode ketiga 10.

000 tahun yang lalu kawah Ratu terbentuk. “Material erupsi Gunung Tangkubanparahu mengentalkan material erupsi Gunung Sunda, mengendap dan membentuk kipas aluvial. Endapannya sampai di kawasan Najung, Kota Cimahi di sekitar Pematang Tengah,” ujarnya. Runtuhnya Danau Bandung di Cukangrahong Selanjutnya, kata Bachtiar, Danau Bandung lama runtuh di sebelah barat tepat antara Cikahuripan – Cukangrahong – Curug Halimun, disebabkan oleh gempa bumi dan tanah longsor. “Setelah Danau Bandung lama runtuh, air danau surut meninggalkan rawa-rawa besar di belakangnya.

Setelah Danau Bandung lama runtuh, aliran Ci Tarum berubah. Arus yang berkelok-kelok menembus celah-celah batuan intrusi di Curug Jompong, semakin deras di bagian sungai yang sempit, menciptakan jeram dan air terjun. Air terus mengalir ke utara hingga bermuara di Ci Meta,” jelas Bakhtiar. Kekeringan air Danau Bandung purba kemudian menciptakan cekungan yang sekarang dikenal sebagai Cekungan Bandung, daerah di antara pegunungan.

Ini adalah fondasi dari Cekungan Bandung,” kata Bakhtiar. (yum/yum).

Source: headtopics.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button