Sedih 120 Km Jalan Kabupaten Rusak, Pj Bupati Bandung Barat Minta Warga Sabar - WisataHits
Jawa Barat

Sedih 120 Km Jalan Kabupaten Rusak, Pj Bupati Bandung Barat Minta Warga Sabar

BANDUNG BARAT, iNews – Sebanyak 120 kilometer (km) jalan kabupaten di bawah Pemerintah Kabupaten Bandung Barat rusak. Menyikapi masalah jalan rusak, Pj Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan meminta warga bersabar.

Diketahui, beberapa ruas jalan kabupaten yang rusak di KBB memicu protes masyarakat. Misalnya Jalan Cipatik-Ciraden dan Rajamandala-Cipeundey. Warga di dua kawasan itu protes dengan menanam pohon pisang di tengah jalan. Mereka kesal karena jalan yang rusak membuat orang-orang tidak nyaman untuk menyeberang dan sering menyebabkan kecelakaan.

Pj Bupati Bandung Barat mengatakan, perbaikan infrastruktur jalan yang rusak di Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada 2023 dilakukan secara bertahap.

“Untuk alasan anggaran, tidak mungkin merehabilitasi jalan kabupaten sekaligus,” kata Pj Bupati KBB, Kamis (20 Oktober 2022).

Hengki Kurniawan memastikan perbaikan jalan rusak di KBB menjadi salah satu prioritas yang akan dilakukan tahun depan. Pasalnya, masih banyak jalan kabupaten yang kondisinya rusak dan sudah lama tidak diperbaiki.

“Salah satu perhatian kami di tahun mendatang adalah perbaikan jalan secara bertahap. Mudah-mudahan pendapatan daerah meningkat sehingga ada anggaran (untuk perbaikan jalan),” kata Hengki Kurniawan.

Pj Bupati Bandung Barat meminta kesabaran masyarakat karena pemerintah daerah pasti akan mewaspadai. Pemprov KBB sudah menghitung anggaran yang dibutuhkan untuk memaksimalkan perbaikan jalan di seluruh kawasan KBB.

“Total jalan rusak di KBB sekitar 120 kilometer dari total 536 kilometer. Menurut perhitungan, dibutuhkan anggaran sekitar Rp 1,5 triliun untuk memperbaiki semua jalan yang rusak,” kata Hengki Kurniawan.

Jalan rusak di KBB sebagian berada di bawah kewenangan provinsi dan desa. Dalam konteks ini, pemerintah negara bagian KBB telah menyampaikan laporan untuk ditindaklanjuti oleh pihak-pihak terkait karena kewenangannya berbeda.

Seperti Jalan Kolonel Masturi dan Jalan Rajamandala-Cipeundey yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. “Misalnya jalan itu milik dinas provinsi kita, yang segera diikuti oleh pemerintah provinsi. Seperti Jalan Kolmas pernah diberitakan karena merupakan pintu gerbang penting kawasan wisata di Lembang,” ujarnya.

Penerbit : Agus Warsudi

Bagikan artikel:

Tombol berbagi baris

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button