10 Pesisir Selatan Jawa yang Terkenal Mistis, Wajib Tahu! - WisataHits
wisatahits

10 Pesisir Selatan Jawa yang Terkenal Mistis, Wajib Tahu!

10 Pesisir Selatan Jawa yang Terkenal Mistis, Wajib Tahu!

Sebelum liburan ke pantai selatan Jawa, simak dulu beberapa pantai di Jawa Selatan yang terkenal dengan nuansa mistisnya namun tetap asri alamnya.

Pantai selatan Jawa selalu menjadi salah satu objek wisata bahari yang wajib dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena pantai cantik ini tidak hanya memiliki keindahan alam yang luar biasa, tetapi juga sejarah mistis yang menarik. Untuk itu, wisatawan harus mengetahui apa saja pantai selatan Jawa yang terkenal dengan kemisteriusannya.

Sebagian warga yang tinggal di kawasan selatan Pulau Jawa masih mempercayai mitos terkait keamanan pengunjung selama berlibur di pantai. Hal itu terjadi karena sebelumnya ada beberapa kasus orang hilang saat berenang di kawasan pesisir.

Untuk mencegah bencana ini terulang kembali, wisatawan harus mengetahui cerita mistis apa saja yang ada di wisata pantai tersebut. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai daftar pantai selatan jawa yang penuh dengan misteri dan harus diketahui oleh orang-orang yang sering berlibur ke wisata pantai.

Mitos pantai selatan memang selalu menarik untuk dibahas. Oleh karena itu, orang yang ingin berlibur ke sini harus mengetahui nama-nama pantai yang mengandung mitos tersendiri. Berikut daftar pantai di Pulau Jawa Selatan yang terkenal dengan cerita mistisnya:

1. Pantai Karang Hawu, Sukabumi

Pantai Karang Hawu, SukabumiFoto: Google Maps/Jaenal Arifin

Sedikit orang yang mengetahui cerita mistis yang ada di pantai indah ini. Sebab, jika dilihat dari luar, pantai Karang Hawu Sukabumi terlihat seperti wisata alam pada umumnya. Namun ternyata Pantai Karang Hawu Sukabumi ini dianggap sebagai pintu masuk kerajaan sakti Nyi Roro Kidul.

Tentu masyarakat Indonesia sudah mengetahui siapa Nyi Roro Kidul itu. Banyak orang yang percaya bahwa pengunjung yang datang ke sini dan membasuh muka dengan air di cekungan pantai ini, bisa mendapatkan rejeki yang lebih melimpah dan menyembuhkan penyakit yang dideritanya.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Caringin, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

2. Pantai Karangbolong, Kebumen

Pantai Karangbolong, KebumenFoto: Google Maps/Bagus Setyo H

Pantai di kawasan Kebumen ini juga merupakan salah satu pantai selatan Jawa yang terkenal dengan kemistisannya. Bahkan jika dibandingkan dengan wisata bahari sebelumnya, pantai Karangbolong di Kebumen akan lebih kental dengan mitos Nyi Roro Kidul.

Hingga kini, warga di sekitar Pantai Karangbolong, Kebumen masih sering menggelar ritual sesajen dan pentas seni. Karena wisata alam ini bercerita tentang sarang burung walet yang diambil oleh Kyai Surti setelah bertapa di sekitar pantai. Tentu saja pengambilan sarang ini atas izin Nyi Roro Kidul yang merupakan penguasa pantai selatan.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Karangbolong, Kec. Bayan, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

3. Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Pantai Parangtritis YogyakartaFoto: Google Maps/Ihsan Fahmi

Jika membicarakan pantai selatan jawa yang penuh dengan kemisteriusan, kita tidak boleh melewatkan wisata pantai yang memesona ini. Pantai Parangtritis Yogyakarta adalah pantai selatan paling terkenal di Jawa, sehingga tidak mengherankan jika tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.

Di balik pemandangan indah yang patut dibanggakan, pantai Parangtritis di Yogyakarta memiliki mitos tersendiri yang dikenal dengan wilayah Nyi Roro Kidul. Mitos yang paling terkenal dari wisata alam ini adalah pengunjung tidak boleh memakai pakaian berwarna hijau demi keselamatan diri saat berkunjung ke sini.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

4. Pantai Ngliyep Malang

Pantai Ngliyep MalangFoto: Google Maps/Fadhilah Aulia Febrianti

Mitos Nyi Roro Kidul berlanjut di wilayah timur Jawa, atau lebih tepatnya ke pantai Ngliyep Malang. Di pantai yang indah ini terdapat sebuah tempat bertapa yang sering digunakan oleh Nyi Roro Kidul sebelum menjadi ratu pantai selatan dan bernama Gunung Kumbang. Untuk ini, ada banyak orang yang datang ke sini untuk mendapatkan berkahnya.

Selain memiliki mitos yang cukup mencekam, pantai Ngliyep Malang juga memiliki keindahan alam yang bisa membuat sejarah mistis ini terlupakan. Terlihat dari pasir putihnya yang sangat bersih dan air lautnya yang selalu terlihat sangat jernih.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kedung Salam, Kec. Donomulyo, Kab. Malang, Jawa Timur.

5. Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma, JemberFoto: Google Maps/Fatma Arifin

Wisatawan yang datang ke Jember wajib mengunjungi wisata pantai yang indah ini. Sebab, selain memiliki daya tarik pemandangan alamnya, pantai Papuma Jember juga menyimpan mitos yang wajib diketahui wisatawan. Dalam beberapa tahun terakhir banyak kasus dimana pengunjung tersapu ombak saat berenang di pantai.

Penduduk setempat percaya bahwa orang hilang di kawasan pantai ini diculik oleh pasukan Nyi Roro Kidul. Pasalnya, di dekat pantai Papuma Jember terdapat sebuah gua bernama Gua Lawa dan tempat ini sering dijadikan tempat meditasi Dewi Sri Wulan. Umumnya goa ini hanya bisa dilihat saat air laut surut.

Harga tiket: Rp15.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Lolejer, Kec. Wulun, Kab. Jember, Jawa Timur.

6. Pelabuhan Ratu Pantai Sukabumi

Pantai Ratu Pelabuhan SukabumiFoto: Google Maps/Indra Hutagalung

Kembali ke wilayah Sukabumi, wilayah ini juga memiliki pantai selatan Jawa yang terkenal dengan kemisteriusannya. Jika sebelumnya kita sudah menyebut nama Pantai Karang Hawu Sukabumi, kini saatnya kita membicarakan Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi.

Agak berbeda dengan wisata Pantai Selatan yang indah sebelumnya, karena mitos wisata alam ini berasal dari hotel terdekat. Hotel yang diberi nama Inna Samudra ini menyediakan kamar khusus untuk Nyi Roro Kidul dan tidak bisa ditempati orang lain. Ruangan itu dipenuhi dengan interior berwarna hijau yang merupakan warna favoritnya.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pelabuhanratu, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

7. Pantai Sodong Cilacap

Pantai Sodong CilacapFoto: Google Maps/Andri Azka

Masih ada yang belum tahu kalau Pantai Sodong Cilacap juga merupakan salah satu pantai yang terkenal dengan kemisteriusannya. Hingga saat ini, warga sekitar masih percaya bahwa wisata bahari ini menyimpan misteri yang belum terpecahkan. Namun, inilah daya tarik utama dari pantai yang indah ini.

Saat berkunjung ke Pantai Sodong Cilacap, masyarakat dituntut untuk selalu bersikap sopan. Hal ini harus dilakukan untuk menghormati para “penjaga” yang berada di area tersebut. Apalagi di kawasan pantai ini juga terdapat gua yang sering dijadikan tempat meditasi oleh warga sekitar.

Harga tiket: Rp6.500; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Karangbenda, Kec. Adipala, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

8. Pantai Ayah Kebumen

Pantai Ayah KebumenFoto: Google Maps/Anang Rizcky

Dengan namanya yang unik, wisata pantai yang indah ini sering dikunjungi wisatawan. Namun perlu diketahui bahwa wisata alam ini memiliki sejarah mistis. Pantai Ayah disebut-sebut sebagai salah satu pintu gerbang menuju Keraton Nyi Roro Kidul.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Argopeni, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

9. Pantai Parangkusumo, Yogyakarta

Pantai Parangkusumo YogyakartaFoto: Unsplash/Bagus Ilham

Selain Pantai Parangtritis di Yogyakarta, Pantai Parangkusumo di Yogyakarta juga memiliki sejarah mistis. Wisata bahari ini dipercaya sebagai pintu masuk Kerajaan Laut Selatan yang diperintah oleh Nyi Roro Kidul. Untuk merasakan kesakralan yang lebih kental di pantai ini, disarankan untuk berkunjung saat ritual berlangsung.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

10. Pantai Watu Ulo, Jember

Pantai Watu Ulo, JemberFoto: Google Maps/Ig: Naungansurya

Kisah mistis pantai selatan ini bisa dilihat dari namanya. Watu Ulo adalah kata Jawa untuk Batu Ular, karena di pantai yang indah ini terdapat batu besar berbentuk ular. Batu ini melambangkan seekor ular besar bernama Nogo Rojo dan menyimpan misteri yang membuatnya tampak angker.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sumberrejo, Kec. Ambon, Kab. Jember, Jawa Timur.

Meski beberapa pantai di Jawa Selatan yang terkenal dengan kemisteriusannya cukup menyeramkan bagi sebagian orang, namun keindahan alamnya akan membuat wisatawan melupakan rasa seram tersebut. Jadi tidak ada salahnya menjadikan wisata pantai ini sebagai tempat liburan yang wajib dilakukan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button