Sebelum ke Jogja, Ingat 10 Nama Jalan Singkatan Ini Agar Tidak Bingung - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Sebelum ke Jogja, Ingat 10 Nama Jalan Singkatan Ini Agar Tidak Bingung – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Prajurit Brigade Rakyat mengikuti ritual budaya yang digelar di Monumen Pal Putih pada Minggu sore (9/4/2022). – Harian Jogja/Sunartono.

Solopos.com, JOGJA — Di Jogja ternyata ada sederet nama jalan yang sebenarnya terkenal dengan akronimnya. Bahkan, singkatan nama jalan tersebut sering disebut warga Jogja dibandingkan dengan nama lengkapnya.

Tidak hanya terkenal dengan wisata dan kulinernya saja, ternyata Jogja juga terkenal dengan nama jalanannya.

Promo Dukung BUMN Binaan UMKM Go Online, Tokopedia Registrasi 2.000 NIB

Salah satu jalan yang terkenal di kawasan ini adalah Malioboro. Jalan ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan, wisatawan rela mengantre untuk berfoto di papan Jalan Malioboro yang terletak di bagian utara dekat Stasiun Tugu Yogyakarta.

Selain Malioboro, ada nama jalan lain di Jogja yang sebenarnya dikenal dengan akronimnya. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Baca juga: BPS Sragen Buka Ribuan Lowongan Kerja, Ini Syarat dan Dokumen yang Disiapkan

Singkatan Nama Jalan di Jogja

  1. serigala

Jakal atau Jalan Kaliurang letaknya sangat strategis karena mudah dijangkau oleh wisatawan untuk menuju destinasi wisata di Kaliurang. Ada juga dua kampus ternama di Jalan Kaliurang yaitu Universitas Gadjah Mada dan Universitas Islam Indonesia.

  1. Yamal

Selain Jakal, akronim nama jalan yang terkenal di Jogja adalah Jamal atau Jalan Magelang. Jalan ini menghubungkan Kota Jogja dengan Kabupaten Magelang di Jawa Tengah.

Baca juga: Hore! Tarif BST Solo terbaru masih gratis walaupun harga BBM naik

  1. Tamsis

Tamsis atau Taman Siswa juga merupakan salah satu jalan yang lebih dikenal dengan nama akronimnya. Di jalan ini terdapat pertapaan Ki Hadjar Dewantara yang mendirikan sekolah bernama Taman Siswa.

  1. orang jawa

Jawon alias Jalan Wonosari menghubungkan Kabupaten Bantul dengan Kabupaten Gunungkidul.

Baca Juga: 4 Dokumen yang Harus Dibawa Saat Peluit Pajak Mobil di Jawa Tengah

  1. jaim

Selain Jawon, ada juga jalan yang terkenal dengan akronimnya yaitu Jaim alias Jalan Imogiri. Terletak di Bantul, jalan ini terkenal dengan keindahan alamnya.

  1. juara

Lalu ada Jago alias Jalan Godean. Jalan ini menghubungkan kota Jogja dengan kabupaten Godean Sleman.

  1. Monjali

Nama jalan di kota Jogja yang terkenal dengan akronim lainnya adalah Monjali. Jalan ini berada di utara Tugu Yogyakarta. Jalan ini juga berbatasan dengan Tugu Kembali Jogja.

Baca Juga: Profil Abdullah Azwar Anas Diperkenalkan Sebagai Menpan RB Hari Ini

  1. jepang

Ada juga Japar atau Jalan Parangtritis yang lebih dikenal dengan singkatannya. Di jalan yang membentang dari Pojok Beteng Timur menuju Pantai Parangtritis terdapat kampus Institut Seni Yogyakarta (ISI).

  1. concat

Tidak hanya jalan, ada juga nama daerah yang lebih dikenal dengan akronimnya. Concat adalah singkatan dari Condong Catur, salah satu desa di Depok, Selamn.

  1. jokteng

Jokteng atau Pojok Beteng adalah salah satu tempat paling terkenal di Jogja. Pojok Beteng adalah bangunan berbentuk benteng yang menjadi batas Keraton Yogyakarta. Ada dua Jokteng di sini, yaitu Jokteng Timur dan Jokteng Barat.

Baca Juga : Sebut Bisa Narkoba, Ini Hukum Makan Bekicot Dalam Islam

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button