Kunjungi desa wisata terbaik di Jawa Tengah Pekunden Banyumas, ada desa Nopia dan Mino - WisataHits
Jawa Tengah

Kunjungi desa wisata terbaik di Jawa Tengah Pekunden Banyumas, ada desa Nopia dan Mino

PURWOKERTO.SUARA.COM, Desa Wisata Kreatif Pekunden di Kabupaten Banyumas baru saja meraih Juara 1 dalam gelaran Desa Wisata Jawa Tengah Tahun 2022.

Desa wisata kreatif Pekunden yang diresmikan pada akhir Desember 2021 ini memang pantas disebut sebagai desa wisata terbaik.

Desa ini memiliki banyak potensi wisata yang menarik. Dikutip dari Instagram @deswita_pekunden, desa ini memiliki Kampung Nopia Mino.

Nopia merupakan makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi gula merah dan dipanggang dalam oven khusus. Nopia memiliki tekstur kulit yang keras dan renyah yang diisi dengan adonan gula merah.

Baca Juga: Mahfud MD Tanggapi Kontroversi Pemberian Pangkat Tituler Letnan Kolonel kepada Deddy Corbuzier

Menariknya, di desa ini wisatawan bisa menyaksikan proses pembuatan oleh-oleh khas Banyumasan yang masih dibuat secara tradisional dengan menggunakan oven tanah liat.

Lokasi Desa Pekunden juga cukup strategis karena tidak jauh dari kawasan sejarah Kota Lama Banyumas.

Di kawasan ini, pengunjung bernostalgia ke masa lalu dengan bangunan-bangunan tua yang bernilai sejarah.

Tidak hanya Desa Nopia, Desa Wisata Kreatif Pekunden juga menawarkan berbagai wisata edukasi seperti: Seperti mengamati proses pembuatan gamelan di Oemah Gamelan, budidaya dan pemetikan buah naga, proses pembuatan tie-dye dan lain-lain.

Sedangkan juara 2 Desa Wisata Terbaik adalah Desa Wisata Muncar Kabupaten Semarang, disusul juara 3 Desa Wisata Sambongrejo Kabupaten Blora.

Baca Juga: Cara Edit Foto dan Video di FacePlay, Hasilnya Kocak

Sedangkan juara 1, 2 dan 3 berturut-turut diraih oleh Desa Wisata Sidowarno (Klaten), Desa Wisata Dawuhan (Banjarnegara) dan Desa Wisata Somongari (Purworejo).

Pemenang kategori Paket Wisata pergi ke Desa Wisata Kandri (Kota Semarang), kategori Seni Budaya ke Desa Wisata Giyanti (Kabupaten Wonosobo), kategori Sapta Pesona dan CHSE ke Desa Wisata Conto (Wonogiri) dan “Homestay and Clean” . Kategori toilet ke desa wisata Karangrejo (Magelang).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button