Savana Dieng, wisata alam lain yang direkomendasikan - WisataHits
Jawa Timur

Savana Dieng, wisata alam lain yang direkomendasikan

Savana Dieng, wisata alam lain yang direkomendasikan

Padang Savana Dieng adalah wisata Dieng yang direkomendasikan sebagai tempat penyembuhan diri atau bahkan tempat prewedding.

FYI, savana dan savana memiliki arti yang sama, yaitu sama-sama menggambarkan keadaan yang dihiasi vegetasi padang rumput, ditumbuhi pepohonan meskipun tidak beraturan.

Pepohonan inilah yang membedakan savana atau savana dengan padang rumput karena kawasan padang rumput tidak memiliki pepohonan di sekitarnya.

Savana DiengSavana Dieng. Peta Google. Sumber: dian permana

lihat juga: taman air panas d’qiano

Padang savana terluas di dunia memang ada di Afrika, namun Indonesia juga memiliki sabana yang tak kalah indahnya. Kapan:

  • Savannah di Taman Nasional Baluran, Jawa Timur.
  • Pulau Savana Kenawa di Sumbawa Barat, NTB.
  • sabana sumba timur,
  • Padang Savana Semarang,
  • Padang savana Lumajang.

Berikut ulasan Padang Savana Dieng sebagai bahan referensi wisata Healing with Nature yang wajib dikunjungi di akhir pekan ini.

Lokasi Savana Dieng

  • Lokasi Padang Savana Dieng berada di lereng Gunung Pangonan
  • Alamat Padang Savana Dieng secara administratif berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Wisata Dieng yang direkomendasikanWisata Dieng yang direkomendasikan. Peta Google. Sumber: Eza Abdulla

baca juga : tuk susu lukar

Jarak Padang Savana Dieng dari pusat kota Banjarnegara sekitar 56 km. Rutenya melalui jalur Wonosobo – Dieng yang sangat dekat dengan wisata Telaga Warna Dieng yaitu hanya 3 menit perjalanan.

Untuk memudahkan anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps lalu minta diarahkan ke Savana Dieng dimana lokasi terakhir adalah Base Camp Gunung Pangonan.

Trekking Savana Dieng

Sebelum sampai di Padang Savana Dieng anda perlu melakukan trekking mulai dari Basecamp Gunung Pangonan. Layaknya mendaki gunung, Anda juga melalui jalur trekking berupa jalan setapak di bawah rindangnya pepohonan.

Estimasi waktu tiba di Padang Savana Dieng antara 30 menit sampai 1 jam dengan jarak sekitar 1 km dari tempat parkir, tergantung stamina fisik masing-masing pengunjung.

Terdapat shelter-shelter di sepanjang jalur trekking dimana Anda bisa beristirahat sejenak untuk melepas penat. Ada juga petunjuk yang mengarahkan Anda ke Padang Savana.

Usahakan datang saat cuaca cerah karena jalur trekking masih berupa tanah liat dan akan licin saat basah.

Trekking yang harus dilaluiTrekking yang harus dilalui. Peta Google. Sumber: Inten Hardianti

Baca juga: Jalur Pendakian Prau via Dieng

Jam buka Savannah Dieng

  • Jam buka Padang Savana Dieng mulai pukul 07:00 hingga 17:00
  • Bekerja setiap Senin sampai Minggu

Tiket Masuk Savana Dieng

  • Tiket masuk Padang Savana Dieng seharga Rp 10.000 per orang
  • Rp 2.000 untuk parkir sepeda motor
  • Rp 5.000 untuk tempat parkir

Fasilitas Padang Savana Dieng

Tidak ada fasilitas di sekitar Padang Savana Dieng, semua fasilitas umum yang diperlukan seperti toilet, warung makan dan minum ada di area base camp.

Jadi, bawalah bekal makanan terutama air minum untuk bekal saat berada di kawasan Savana Dieng.

Daya tarik padang savana Dieng

1. Tempat romantis menjelang pernikahan

Keindahan padang savana kerap dimanfaatkan oleh para pencari foto, salah satunya dijadikan sebagai tempat prewedding. Karena secara tidak langsung pemandangan tersebut menyampaikan kesan romantis.

berburu foto romantisfoto romantis hunting google maps. Sumber: OVIE SETIAKU

lihat juga: ratapan batu angin

Luasnya padang rumput dihiasi dengan pepohonan hijau dan pemandangan perbukitan yang sangat indah. Sesekali kabut tipis turun, namun hal tersebut tidak mengaburkan keindahan sabana itu sendiri.

Kawasan Padang Savana Dieng sangat luas, anda bisa berburu sepuasnya untuk mendapatkan bidadari terbaik sehingga hasil fotonya juga sempurna.

2. Lapisan Hulang – Penyembuhan terbaik

Bagi Anda yang sedang jenuh, penat dan jenuh, daripada membuat diri Anda stres, datanglah ke tempat yang menawarkan ketenangan. Bisa berteriak dengan bebas dan mengekspresikan sesak di dada.

Anda yang tinggal di dekat Dieng sangat beruntung karena bisa mengunjungi Padang Savana. Tempatnya sepi, hanya ada suara burung yang selalu mengiringi.

Anda tidak perlu berkemah atau berkemah di Padang Savana Dieng untuk menyembuhkan diri karena bisa dimasuki bolak balik. Datang di pagi hari dan kembali di sore atau sore hari.

tempat penyembuhan diri terbaiktempat penyembuhan diri terbaik. Peta Google. Sumber: Eza Abdulla

lihat juga: Gunung Sikunir

3. Perkemahan

Padang Savana Dieng sering dijadikan tempat berkemah bersama para sahabat yang menghabiskan malam hanya untuk bercengkrama dengan alam. Beralas di rerumputan dan tertutup langit.

Tidak ada listrik maupun suara bising kendaraan. Tenang dan damai, yang Anda dengar hanyalah suara lagu alam yang menenangkan.

Sekali lagi, harap perhatikan cuaca jika berencana berkemah di luar ruangan. Udara di Dieng terkenal dingin, dan lokasi Savana Dieng sendiri berada di ketinggian sekitar 2.000 mpdl.

Tentunya saat hujan, udara akan terasa lebih dingin, ditambah lagi lingkungan juga akan basah, jadi kurang nyaman kan!

Menyimpulkan

Sifat sempurna tidak akan pernah bisa tergantikan, tugas kita adalah melestarikannya sebagaimana adanya. Jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button