Satpol PP DIY Gelar Upacara HUT RI di Tengah Laut Kawasan Pantai Baron - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Satpol PP DIY Gelar Upacara HUT RI di Tengah Laut Kawasan Pantai Baron – ANTARA News Yogyakarta

Gunungkidul (ANTARA) – Satuan Polisi Pamong Praja Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar upacara bendera di tengah laut di kawasan Pantai Baron, Kabupaten Gunungkidul, pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Noviar Rahmad, Ketua PP DIY, Kepala Satpol Noviar Rahmad di Gunungkidul, Rabu mengatakan upacara bendera di tengah laut merupakan bentuk syukur atas potensi laut di DIY dan mendukung visi dan misi Gubernur DIY Sri Sultan HB X bahwa laut selatan adalah gerbang atau halaman.

“Upacara ini mengingatkan masyarakat kita bahwa kita memiliki laut yang luas. Perlu dirawat dengan baik,” kata Noviar Rahmad, inspektur upacara tengah laut di kawasan Pantai Baron.

Dia mengatakan selama dua tahun terakhir, upacara bendera tengah laut telah dibatalkan karena pandemi COVID-19. Setelah keadaan pandemi, pihaknya kembali melakukan kegiatan ini.

“Upacara ini akan kami selenggarakan setiap tahun untuk meningkatkan potensi bahari DIY khususnya Gunungkidul,” ujarnya.

Salah satu pemegang bendera, Iswanto, mengaku bangga karena selalu menjadi pemegang bendera sejak awal 2013.

“Kami berenang sekitar 200 meter ke titik elevasi. Tidak ada kesulitan yang berarti karena kami sudah terbiasa. Hanya anginnya yang cukup kencang,” kata Iswanto.

Dikatakannya, banyak peserta yang tidak bisa mendekati nursery karena tidak tahu cara berenang di laut.

“Biasanya mereka sudah lelah saat diterjang ombak,” kata Iswanto.

Sementara itu, Kepala Biro Pariwisata Gunungkidul Arif Aldian mengatakan upacara di tengah laut dimaksudkan untuk memulihkan ekonomi para pelaku pariwisata setelah dua tahun pandemi COVID-19.

“Semoga pariwisata segera pulih. Selain itu, peserta dari seluruh dunia membuat kerajinan tangan,” kata Arif.

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button