Air terjun Sipiso-Piso, air terjun menawan di dekat Danau Toba - WisataHits
wisatahits

Air terjun Sipiso-Piso, air terjun menawan di dekat Danau Toba

Air Terjun Sipiso-Piso salah satu tempat wisata alam yang eksotis dan tersembunyi di dekat Danau Toba, Sumatera Utara. Air terjun dengan ketinggian jatuhan 120 meter dengan latar panorama indah Danau Toba, perbukitan Pulau Samosir.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pengambaten, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatera Utara.; Kasus: Cek lokasi

Wisata air terjun di wilayah Sumatera Utara dikenal luas oleh masyarakat sekitar sebagai salah satu destinasi wisata yang tidak kalah mempesona dibandingkan dengan wisata Danau Toba yang melegenda.

Air terjun Sipiso-Piso kebetulan memiliki lokasi yang berdekatan dengan kawasan wisata Danau Toba yang legendaris. Namun, keindahan alam yang dihadirkannya bisa dilihat sebagai pilihan destinasi wisata baru saat berkunjung ke Medan liburan Danau Toba.

Air terjun ini terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Air Terjun Sipiso-Piso memiliki ketinggian 120 meter, menjadikannya air terjun tertinggi ke-4 di Indonesia. Nama Spiso sendiri bisa diartikan sebagai pisau karena jika dilihat dari kejauhan, derasnya aliran air terjun ini terlihat seperti pisau kecil yang panjang.

Atraksi air terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso PisoKredit gambar: Facebook Traveloka

1. Kecantikan Alami

Daya tarik air terjun ini terletak pada indahnya kondisi alam di sekitarnya yang masih asri sehingga akhirnya bisa menjadi perasaan liburan yang istimewa dan sulit untuk Anda lupakan. Air terjun yang cukup tinggi ini akan terlihat paling bagus dengan pepohonan dan tanaman hijau yang tumbuh di sekitarnya sehingga menghasilkan udara yang sejuk.

Suasana alam yang selalu sangat indah membuatnya sangat mengejutkan dilihat dari jauh, apalagi dekat. Tebing yang menjulang tinggi berpadu dengan tanaman hijau yang menempel menghasilkan keindahan alam yang tiada duanya.

2. Memaksakan

Selain keindahan alam yang telah disebutkan sebelumnya, ada hal lain yang membuatnya layak dipertimbangkan, yaitu ketinggiannya. Ketinggian air terjun Sipiso-Piso adalah 120 meter. Ketinggian ini memungkinkan untuk memberikan efek air mengalir deras dari ketinggian kemudian memanjang ke bawah.

Bahkan air terjun ini masuk dalam daftar 10 air terjun tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggiannya, menjadikan wisata air terjun ini menjadi pilihan destinasi wisata bagi pengunjung lokal maupun mancanegara yang ingin melihat secara langsung ketinggian air terjun ini.

3. Dekat Danau Toba

Air terjun eksotis yang terletak di Sumatera Utara ini terletak tidak jauh dari danau terbesar di Indonesia yaitu Danau Toba. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan menikmati dua keuntungan sekaligus, yaitu megahnya air terjun Sipiso-Piso dan keindahan Danau Toba yang akan megah dari ketinggian.

Lokasi yang dekat ini pula yang menjadikan Air Terjun Spiso Piso salah satu aspek penunjang Danau Toba dengan aliran air terjun yang mengalir ke kawasan Danau Toba yang sangat luas.

4. Perbukitan hijau membentang di atas

Ada perbukitan hijau yang berada di atas air terjun Sipiso-Piso ini. Anda bisa melihatnya dari pepohonan dan tanaman hijau yang tumbuh di sekitarnya juga. Perbukitan hijau yang luas di puncaknya juga bisa dijadikan indikasi bahwa kawasan alam di sana masih sangat asri.

Perbukitan hijau ini juga secara tidak langsung mempengaruhi aliran air yang deras dari atas, sehingga memiliki intensitas yang sangat kuat dan seolah tak berujung. Dengan kata lain, perbukitan yang ditumbuhi pepohonan dan tanaman hijau bisa dibilang sebagai salah satu sumber penyumbang utama air terjun ini.

Alamat dan rute menuju lokasi air terjun Sipiso-Piso

Alamat air terjun Sipiso-PisoKredit gambar: Google Maps dedi Suwandi

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Air Terjun Sipiso-Piso sebenarnya bisa sampai ke sana dengan mudah karena akses yang mereka miliki adalah menuju Menara Danau Toba yang sudah terkenal.

Bagi wisatawan yang berangkat dari kota Medan diperkirakan akan menempuh perjalanan sejauh 70 km atau hampir 3 jam dengan menggunakan mobil. Namun, di sepanjang perjalanan, Anda akan menemukan banyak keindahan di pedesaan Sumatera Utara yang cukup indah.

Akses jalan menuju air terjun ini juga bisa dijadikan nilai tambah karena jalannya sudah dilengkapi dengan jalan aspal. Sehingga dapat menambah kenyamanan Anda saat berkendara menuju destinasi wisata yang selalu berada di kawasan yang sama dengan Danau Toba.

Air Terjun Sipiso-Piso terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Lokasi air terjun ini juga cukup dekat dengan Danau Toba sehingga anda yang berwisata kesana dapat menikmati keindahan air terjun yang indah baik tinggi maupun lebar.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sipiso-Piso

Tiket Air Terjun Sipiso-PisoKredit gambar: Google Maps Fozan H

Dengan keindahan pemandangan alam yang disuguhkan, Anda yang ingin berkunjung hanya akan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Bahkan tiket masuknya sudah termasuk dalam tiket masuk wisata Danau Toba yang memang letaknya berdekatan.

Harga tiket yang murah tak lantas membuat wisata alam ini sepi. Tepatnya untuk menuju lokasi air terjun ini anda memiliki jalan setapak dengan ratusan anak tangga yang tersedia dan dapat mempermudah perjalanan anda untuk menuju lokasi air terjun ini.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di air terjun Sipiso-Piso

Aktivitas Air Terjun Sipiso-PisoKredit gambar: Google Maps Nature Indonesia

1. Bersantai di alam

Bagi Anda yang ingin mencari ketenangan dan hiburan dalam suasana alam yang asri, mengunjungi air terjun Sipiso-Piso mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Di sana Anda juga akan merasakan bagaimana air terjun yang menjulang tinggi dengan aliran airnya yang deras dan tebing-tebing yang ditumbuhi tanaman hijau menyegarkan suasana di sekitarnya.

Anda bisa bersantai dengan menggelar tikar piknik atau sekadar berbaring di kursi yang juga tersedia di sana. Tempat ini sangat cocok untuk menemukan ketenangan pikiran di mana Anda dapat mendengarkan derasnya aliran air terjun yang didukung oleh kicau burung yang hidup di alam yang hijau dan indah.

2. Ambil foto Ria

Rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke sini tanpa berfoto. Keindahan air terjun terindah akan menjadi spot foto yang pasti tidak ingin Anda lewatkan selama berkunjung.

Perpaduan tebing tinggi dengan tanaman hijau di sekitarnya juga menjadi kombinasi yang tepat untuk mengingatkan Anda betapa indahnya alam di sana. Pemandangan alam yang indah terkait dengan pesona air terjun Sipiso-Piso bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk tidak melewatkan momen ini.

Segala jerih payah Anda saat menaiki banyak anak tangga di tempat wisata akan terbayar dengan banyaknya tempat untuk berfoto dengan air terjun yang menakjubkan.

3. Mendaki

Hiking alam mungkin akan membosankan bagi kebanyakan orang. Namun, hal ini mungkin tidak berlaku saat mendaki untuk mengunjungi air terjun Sipiso-Piso.

Memang, naik ke atas, Anda akan berhak mendapatkan pemandangan indah air terjun ini yang akan terlihat dari jauh. Hal ini justru akan mempermudah perjalanan pendakian yang Anda lalui, karena Anda akan terpacu untuk sampai ke dasar air terjun Sipiso-Piso yang menawan.

Untuk sampai ke dasar air terjun ini, Anda akan melewati ratusan anak tangga yang akan menghadapi beberapa turunan dan juga jalur pendakian tentunya. Namun pesona keindahan alam yang segar dan mempesona yang disuguhkan mampu mengatasi rasa lelah yang telah Anda lalui.

4. Piknik

Selama di sana, Anda bisa menghabiskan momen liburan dengan piknik dalam suasana alam yang sejuk dan selalu asri. Ada beberapa area datar yang bisa Anda tempati dengan menggelar tempat duduk dan menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

Saatnya piknik di sekitar air terjun ini, Anda bisa melakukannya dengan leluasa dan hanya dengan alas duduk serta makanan yang Anda siapkan di rumah. Kegiatan ini akan memungkinkan Anda untuk menghabiskan liburan keluarga yang berkesan.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Sipiso-Piso Karo

Instalasi air terjun Sipiso-PisoKredit gambar: Google Maps Yuli Susanti

Pengelolaan tempat wisata di air terjun ini cukup memadai. Terbukti dengan adanya beberapa fasilitas yang disediakan pengelola untuk dimanfaatkan wisatawan yang datang ke sana.

Salah satu fasilitas yang tersedia adalah tempat parkir mobil yang luas dan dapat menampung kendaraan pengunjung dalam jumlah banyak. Jadi, bagi Anda yang datang dengan kendaraan pribadi, Anda tidak perlu lagi khawatir memarkir kendaraan Anda.

Bagi pengunjung yang datang dari luar kota Medan dan ingin bermalam, ada beberapa penginapan murah dan terawat yang bisa Anda gunakan sebagai tempat bermalam.

Terdapat gardu pandang bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan indah air terjun Sipiso-Piso yang dapat dilihat secara keseluruhan. Selain air terjun, Anda juga bisa melihat keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir yang bisa dilihat dari jauh.

Bagi wisatawan yang ingin bernostalgia dengan liburannya di Air Terjun Mercusuar Kabupaten Karo juga terdapat toko-toko yang menjual berbagai macam oleh-oleh berupa baju, sandal, gantungan kunci. Harga oleh-oleh yang ditawarkan masih sangat terjangkau.

Setelah lelah menuruni ratusan anak tangga, pasti membutuhkan tenaga bukan? Tenang, ada juga warung makan yang dikelola masyarakat sekitar dan harganya tidak terlalu mahal.

Ini dia beberapa atraksi, fasilitas pendukung, lokasi dan harga tiket masuk yang murah di kawasan air terjun Sipiso-Piso di Karo, Sumatera Utara. Kawasan wisata yang berdekatan dengan Danau Toba membuat pengalaman liburan Anda semakin berkesan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button