Resmi dibuka, inilah wahana di Solo Safari Zoo, yang dulunya adalah Taman Taru Jurug - WisataHits
Yogyakarta

Resmi dibuka, inilah wahana di Solo Safari Zoo, yang dulunya adalah Taman Taru Jurug

Resmi dibuka, inilah wahana di Solo Safari Zoo, yang dulunya adalah Taman Taru Jurug

Harianjogja.com, SOLO—Solo Safari Zoo resmi dibuka pada Jumat (27/1/2023) dengan sejumlah fasilitas dan wahana yang ada.

Meski ini baru soft opening pembangunan Tahap I dan sudah tercapai 70%, namun fasilitas dan wahana di Solo Safari Zoo diagendakan sudah rampung.

Dari situs resmi Solosafari.idmenyebutkan sejumlah fasilitas yang ada, di antaranya Restoran Makunde, sebuah restoran terbuka di samping kandang singa.

Kemudian fasilitas lainnya yaitu Food Court, Gift Shop, Open Stage dan lain sebagainya.

Sementara itu sejumlah wahana yang ada di Solo Safari Zoo yaitu Keeper Talk, Elephant Show, Primate Island dan beberapa wahana lainnya.

Ketua Yayasan Konservasi Satwa Indonesia Agus Santoso mengatakan, jumlah satwa di Solo Safari sebanyak 87 spesies, termasuk 400 dengan 97 satwa dilindungi.

Baca Juga: Pemandangan Lava Pillow, Sasaran yang Dulunya Cuma Obyek Penelitian Siswa SMA

Koleksi spesies tersebut ada yang merupakan hewan endemik dan ada pula yang terancam punah.

“Solo Safari bukan lagi kebun binatang biasa, melainkan lembaga konservasi yang tujuannya saat ini untuk membiakkan atau memperbanyak satwa,” jelasnya.

Solo Safari dibangun tanpa pendanaan dari APBD, bekerjasama dengan pihak ketiga atau investor dalam dan luar kota Solo.

Agus berharap Solo Safari menjadi ikon wisata kota Solo yang dapat memberikan kontribusi pendapatan daerah dan meningkatkan perekonomian.

“Sehingga bisa berdampak pada petani gulma, petani umbi, petani pisang dan sayuran yang terserap [menjadi makanan] binatang,” jelasnya.

Fasilitas dan wahana lain di Solo Safari Zoo antara lain hewan endemik dari Asia dan Afrika. Hewan asli Asia seperti Rusa Kayu, Niglai, Tapir hingga Blackbuck. Jenis hewan Afrika yang ada di Solo Safari antara lain zebra, sitatunga, watusi dan lain-lain.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button