Sang Menaker melantik Putri Mandalika pada Festival Pesona Bau Nyale 2023 - WisataHits
Berita Wisata

Sang Menaker melantik Putri Mandalika pada Festival Pesona Bau Nyale 2023

Sang Menaker melantik Putri Mandalika pada Festival Pesona Bau Nyale 2023

JawaPos.com – Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah menobatkan Ni Luh Putu Ayu Hariyani Putri Mandalika pada Festival Pesona Bau Nyale 2023 yang digelar di Pantai Tanjung Aan Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Jumat (10/2/2022).

Dengan motto “Race and Rise”, festival ini bertujuan untuk menjadi wujud semangat masyarakat NTB, khususnya pulau Lombok yang bangkit kembali, yang terpacu untuk berkompetisi dengan harapan menjadi yang terbaik.

Rangkaian kegiatan Festival Pesona Bau Nyale tahun ini akan berlangsung dari tanggal 4 Februari hingga 1 Maret 2023, diawali dengan pemilihan Putri Mandalika 2023 pada tanggal 4 Februari.

Dalam sambutannya, Menaker Ida menyampaikan bahwa Lombok Tengah sebagai daerah yang kaya akan tradisi dan budaya memiliki potensi wisata yang luar biasa. Contohnya adalah event tahunan Pesona Bau Nyale yang merupakan bagian dari budaya dan tradisi masyarakat Lombok Tengah. Sebuah tradisi yang berkaitan dengan legenda masyarakat Lombok Tengah tentang Putri Mandalika. Oleh karena itu, pelaksanaan pemilihan Putri Mandalika sangat dijunjung tinggi.

Selamat kepada Ayu yang telah dinobatkan sebagai Putri Mandalika dan kepada seluruh finalis lainnya. Kepada para finalis, kalian semua hebat karena melewati proses panjang untuk menjadi finalis di antara belasan kontestan lainnya.

“Dear Ayu, selamat sekali lagi, Ananda adalah wanita berbakat yang akan menjadi duta dan wajah Kabupaten Lombok Tengah dan Provinsi NTB. Saya yakin pemenang Putri Mandalika yang terpilih akan seperti Putri Mandalika dalam legenda
yang cantik, santun, santun, baik hati, lemah lembut dan cerdas, yang disayangi semua kalangan dan dapat berkontribusi dalam pembangunan bangsa,” ujar Menaker Ida.

Menaker Ida juga berpesan kepada pemenang Mandalika untuk terus belajar dan berkembang agar menjadi lebih baik lagi dalam berbagai hal, termasuk dalam hal wawasan dan kompetensi. Menurutnya, pemenang ini nantinya akan menjadi duta Lombok Tengah, dan program yang dilakukan tidak hanya mempromosikan pariwisata, tetapi juga akan menjadi duta program pendidikan, sosial dan kemasyarakatan.

Selain itu, Menaker Ida menambahkan, Lombok Tengah tak hanya kaya akan tradisi dan budaya, tapi juga trek balap bergengsi yakni Sirkuit Mandalika.

“Ini adalah kesempatan besar bagi Lombok Tengah untuk menampilkan diri sebagai tujuan wisata yang menyenangkan dan menarik tidak hanya bagi penggemar olahraga motor tetapi juga bagi wisatawan yang mencari pengalaman baru dan tak terlupakan. Dengan dibangunnya Pesona Nyale dan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah memiliki dua objek wisata unik yang dapat membantu mempromosikan pariwisata di daerah ini,” ujar Menaker Ida.

Menaker Ida mengatakan, setiap tahun festival ini juga berdampak pada pemberdayaan masyarakat yang dilakukan melalui berbagai kegiatan kemandirian ekonomi masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.

Penerbit : Mohammad Nur Asikin

Wartawan: Kasihan

Source: www.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button