Sandiaga Uno: Pertama Kalinya Pariwisata Indonesia Melampaui Thailand - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Sandiaga Uno: Pertama Kalinya Pariwisata Indonesia Melampaui Thailand – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Menparekraf Sandiaga Uno. (Diantara)

Solopos.com, SOLO-Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan pariwisata Indonesia bisa melampaui Thailand untuk pertama kalinya. Hal ini tercermin dari World Economic Forum Travel and Tourism Development Index, dimana Indonesia naik 12 peringkat dan berhasil mengalahkan Vietnam, Malaysia dan Thailand.

“Sekarang Indonesia [pariwisatanya] sudah untuk pertama kalinya atas Thailand. Jadi kakak-kakak, saran saya kalau mau sembuh perbaiki perasaan hanya di Indonesia,” ujarnya dalam agenda 10 tahun Forum Pemred di Hotel Raffles Jakarta, seperti dikutip Bisnis.com pada Jumat (08.05.222).

Promosi Wholesale Awards, Tokopedia jadi marketplace pilihan UMKM

Sandiaga Uno menambahkan, pemulihan promosi pariwisata Indonesia juga mendapat dukungan kuat dari media, termasuk berbagi ide melalui berita dunia maya.

Baca juga: Forum Redaksi Bentuk Tim Perumusan Ekosistem Media, Itu Tujuannya

Menurutnya, peran industri media massa sangat mendukung pemulihan sektor pariwisata Indonesia. Menurut dia, pemberitaan tentang destinasi wisata dan keunikan kawasan juga mendorong semakin percayanya Indonesia dalam skala global sebagai destinasi wisata berstandar internasional.

“Indonesia sekarang sebagian besar diyakini dapat mengatur dirinya sendiri acara dari MotoGP Mandalika hingga ASEAN Paragames, jadi saya akhir-akhir ini ke solo,” kata politisi Partai Gerindra itu.

Salah satu peran nyata media massa dalam memantau kebijakan sektor pariwisata adalah tarif masuk candi borobudur mendatangkan keuntungan dan kerugian di masyarakat. “Saya belajar banyak tentang kebijakan pemerintah, jika dianggap tidak tepat, koreksi akan muncul dari media, seperti kenaikan tarif Borobudur. Karena tekanan media akhirnya bisa dihentikan. Kami menunggu [masukan kepada] politik [Pemerintah] ke depan,” katanya.

Baca Juga: Airlangga Hartarto di Forum Pemred: Pertahankan Narasi Positif Jelang Pilkada

Selain menyebut kemajuan pariwisata Indonesia, Sandiaga Uno juga menyebut Indonesia juga unggul dalam hal industri kreatifnya. Saat ini berada di daftar 3 teratas di dunia. Indonesia, lanjutnya, menempati urutan ketiga di belakang AS dengan Hollywood dan Korea Selatan dengan K-pop.

“Indonesia masuk 3 besar dengan Rp 1.300 triliun yang 7,5 persennya berasal dari industri kreatif,” katanya.

Selain itu, ia juga menyebut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 sebagai tonggak regulasi untuk memperkuat sektor industri kreatif di tanah air. “Saya melihat demokrasi kita akan terus matang ke depan. Di tahun 2024, kami akan terus berkolaborasi dan berinovasi. Menurut saya, jangan terlalu khawatir,” katanya.

Artikel ini dimuat di Bisnis.com dengan judul Sandiaga di Forum Pemred: Terima kasih pers untuk mendukung pariwisata Indonesia!

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button