Revitalisasi TMII selesai, siap dibuka kembali untuk masyarakat - WisataHits
Jawa Tengah

Revitalisasi TMII selesai, siap dibuka kembali untuk masyarakat

TEMPO.CO, jakarta – Emilia Eny Utari, Direktur Eksekutif Taman Mini Indonesia Indah (TMII), mengatakan revitalisasi TMII sudah 100 persen selesai. Partainya sudah disahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Status revitalisasi TMII sudah selesai, ditandai dengan laporan serah terima PUPR ke TWC (Taman Wisata Candi),” ujarnya saat dihubungi Senin, 31 Oktober 2022.

Dia mengatakan, manajemen TMII akan terlebih dahulu menguji semua fasilitas yang telah dihidupkan kembali secara bertahap. “Infrastruktur sudah lengkap dan kami sedang melakukan persiapan teknis untuk melakukan uji coba operasional,” kata Emilia.

Pasalnya, Emilia mengatakan pihaknya belum bisa memastikan kapan tepatnya TMII dibuka kembali dan dibuka untuk umum.

“Tanggal pastinya masih kami susun melalui rangkaian pembuktian uji konsep yang akan kami lakukan mulai awal hingga minggu ketiga November 2022,” ujarnya.

Seperangkat wahana dan fasilitas yang menjadi tujuan

Sejak Januari lalu, pemerintah mulai merevitalisasi kawasan Taman Mini Indonesia Indah atau TMII. Manajemen juga telah menutup TMII untuk umum sejak 17 Mei 2022.

Revitalisasi dilakukan sebagai penyambutan acara KTT G20 Indonesia akan diselenggarakan di Bali pada 15 November 2022.

Renovasi tersebut meliputi sejumlah wahana dan fasilitas. Mulai dari penyelesaian jalan kawasan TMII, penataan kawasan gerbang utama, renovasi Joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, Sasono Adiguno) dan renovasi museum.

Renovasi juga ditujukan untuk penataan taman kepulauan Danau Nusantara, renovasi Museum Teater Garuda, Museum Telkom dan Keong Mas, garasi parkir (tinggi) dan revitalisasi Danau Nusantara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya telah mengalokasikan dana Rp 1,13 triliun untuk kegiatan renovasi TMII. “Renovasi Taman Mini Indonesia Indah atau TMII dengan alokasi Rp 1,13 triliun,” katanya saat rapat dengan DPR.

PT Aviasi Wisata Indonesia (Persero) atau InJourney selaku holding company pariwisata dan pendukung BUMN Holding berharap revitalisasi TMII selesai Oktober tahun ini.

Dengan kebangkitan ini, Presiden Direktur InJourney Dony Oskaria mengatakan TMII akan menjadi showcase pamungkas di Indonesia. Artinya TMII akan dihidupkan kembali dengan konsep Indonesia Opera yang merepresentasikan keragaman dan kekayaan potensi daerah dan budaya Indonesia secara modern dan inspiratif, ujarnya.

ALIYYU MEDYATI

Baca juga: Revitalisasi TMII Hampir Selesai, Jokowi Minta Tiket Yang Tidak Terlalu Mahal

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button