Sandiaga Uno menghadiri pembukaan Kongres Pemerintah Daerah Asia Timur dan menawarkan pariwisata Jawa Barat - WisataHits
Jawa Barat

Sandiaga Uno menghadiri pembukaan Kongres Pemerintah Daerah Asia Timur dan menawarkan pariwisata Jawa Barat

BANDUNG, KOMPAS.com– Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memperkenalkan potensi pariwisata Jawa Barat kepada 92 delegasi yang menghadiri pembukaan Kongres Pemerintah Daerah Asia Timur di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat pada Rabu (23/11/2022) malam.

Sandiaga menjelaskan kepada delegasi bahwa Jawa Barat merupakan daerah dengan potensi wisata yang besar.

Dia mencatat, kunjungan wisatawan ke Jawa Barat mencapai hampir 50 juta orang pada 2019. Namun, semua sektor ekonomi lumpuh selama pandemi.

“Jawa Barat adalah tujuan wisata sebelum pandemi. Hampir 50 juta wisatawan pada 2019. Namun, dua tahun ini sangat penting bagi kami,” kata Sandiaga.

Baca juga: Ajakan Ikut Pilkada 2024, Sandiaga Uno: Saya Ingin Kontribusi Lebih dari Menpar

Seiring kondisi pandemi yang berangsur membaik, Sandiaga optimistis pariwisata di Jabar bisa bangkit kembali.

Bahkan, Sandiaga menawarkan para delegasi untuk mengunjungi Alamendah, salah satu desa wisata agronomi di Kabupaten Bandung yang menjadi daya tarik wisatawan.

“Alamendah bisa kamu coba, di mana kamu bisa mendapatkan suasana nyaman dan kuliner yang nikmat,” ujarnya.

“Kami yakin akan kekayaan alam, budaya, dan hasil bumi lokal di Jawa Barat. Tie-dye yang kita pakai, kopi yang disediakan, kuliner khas Jawa Barat dan masih banyak atraksi ekonomi lainnya semoga segera meningkat,” imbuhnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Pastikan Pemerintah Menanggung Biaya Pengobatan Korban Gempa Cianjur

Selain itu, Sandiaga berharap Kongres dapat menciptakan kolaborasi antar pemerintah untuk membantu menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

“Jadi kalau kita lihat mereka yang berinteraksi langsung dengan warga di tingkat regional dan lokal. Kami bertujuan untuk menciptakan 1,1 juta pekerjaan baru. Jawa Barat merupakan mesin pertumbuhan ekonomi nasional,” jelasnya.

Sandiaga menjelaskan rangkaian kegiatan ini sejalan dengan visi pemulihan ekonomi pasca pandemi yang tercermin dalam forum G20 di Bali beberapa pekan lalu.

“Kami berharap acara ini membawa banyak manfaat, nanti akan kami manfaatkan untuk pengembangan kami,” jelasnya.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button