Sandiaga Uno melacak destinasi wisman dan kunjungan Wisnus saat liburan Natal dan Tahun Baru - WisataHits
Yogyakarta

Sandiaga Uno melacak destinasi wisman dan kunjungan Wisnus saat liburan Natal dan Tahun Baru

TEMPO.CO, jakarta – Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno mengatakan liburan Natal dan Tahun Baru menjadi peluang untuk mendongkrak kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Indonesia. Dia ingin menjangkau 5,2 juta orang untuk turis asing.

“Target kita Desember ini bisa mencapai 620.000 kunjungan wisman sehingga bisa mencapai target 5,2 juta untuk tahun 2022,” kata Sandiaga dalam Rapat Koordinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta, Kamis, 15 Desember 2022.

Oktober lalu, jumlah kunjungan wisman melampaui target 3,6 juta kunjungan. Pada akhir tahun, jumlah wisatawan asing diperkirakan akan melebihi 5 juta.

“Dibandingkan dengan batas target kami sebesar 3,6 juta kunjungan, ini menunjukkan peningkatan hampir 60 hingga 70 persen. Itu luar biasa,” kata Sandiaga.

Wisnus meningkatkan kunjungan

Tak hanya kunjungan wisatawan mancanegara, Sandiaga mengatakan pihaknya mengejar target pergerakan wisatawan domestik yang mencapai 800 juta perjalanan tahun ini. “Pergerakan pada hari raya Nataru (Natal dan Tahun Baru) ini sangat penting untuk mempersiapkan kita mencapai target 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara,” katanya.

Untuk mencapai hal tersebut, Sandiaga mengatakan pemerintah mencanangkan gerakan Bangga Traveling di Indonesia (BBWI) untuk mendukung pariwisata Indonesia. Kampanye tersebut mendorong wisatawan domestik untuk memilih tujuan wisata di Indonesia daripada bepergian ke luar negeri.

Bersamaan dengan kampanye BBWI, Kemenparekraf menyiapkan 100 paket wisata nusantara atau biasa disebut 100 Pak Wisnu untuk menyambut liburan Natal dan Tahun Baru. “Bukan hanya himbauan, ya. Tapi kami naik panggung mengemis (memohon) turis Indonesia, mari berwisata di Indonesia,” kata Sandiaga.

Pemerintah mencatat potensi pergerakan nasional pada libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023 sebesar 16,35 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau mencapai 44,17 juta orang. Jumlah tersebut cukup besar dan dapat diambil oleh para pelaku pariwisata untuk menarik wisatawan.

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Sandiaga Uno memperingati kesiapsiagaan bencana

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button