Wisata satu hari semalam ke desa tertinggi di pulau Jawa, Sembungan Wonosobo - WisataHits
Yogyakarta

Wisata satu hari semalam ke desa tertinggi di pulau Jawa, Sembungan Wonosobo

TRIBUNJOGJA.COM, WONOSOBO – Jika Anda berwisata ke Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, jangan lewatkan waktu untuk mengunjungi Desa Sembungan Wonosobo, desa tertinggi di Pulau Jawa.

Desa Sembungan Wonosobo berada di ketinggian sekitar 2.300 mdpl. Desa Sembungan bukan sekadar kawasan pemukiman.

Ada juga tempat wisata yang bisa dikunjungi. Rencanakan tur siang dan malam di desa Sembungan.

Berikut adalah rute wisata satu malam di Desa Sembungan :

1. Sore hari pertama: Air terjun Sikarim

Anda bisa mengunjungi desa Sembungan setelah berwisata di Dieng, misalnya ke Candi Arjuna atau Telaga Varna. Sore hari Anda bisa berangkat ke Sembungan. Waktu tempuh dari Dieng hanya sekitar 15 menit.

Begitu sampai di Sembungan, Anda bisa langsung mengunjungi tempat wisata pertama yaitu Curug Sikarim. Air terjun setinggi 90 meter ini menawarkan panorama yang indah, apalagi diselimuti kabut tipis.

Namun rute dari Dieng ke Curug Sikarim cukup ekstrim, jadi lebih baik menyewa ojek agar lebih aman.

2. Sore hari pertama berkemah di Telaga Cebong

Setelah puas menikmati keindahan Air Terjun Sikarim, Anda bisa langsung kembali ke desa Sembungan dan menuju tempat wisata selanjutnya. Telaga Cebong menjadi tujuan selanjutnya.

Tak hanya menikmati keindahan danau yang dikelilingi perbukitan, Anda juga bisa berkemah di tepiannya.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Cebong Sikunir telah menyiapkan lahan untuk bumi perkemahan di pinggir danau. Pengelola juga menawarkan persewaan tenda.

Ada juga Paket Api Unggun yang memberi Anda kayu bakar dan minyak. Pada malam hari Anda dapat beristirahat di tenda untuk mengisi ulang tenaga Anda setelah seharian menjelajah.

3. Pagi Hari Kedua : Sunrise di Puncak Sikunir

Telaga Cebong berada tepat di kaki Bukit Sikunir yang merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit atau sunrise di Dieng.

Jadi sayang sekali jika tidak sekalian mendakinya untuk menyaksikan indahnya matahari terbit. Anda bisa berangkat setelah sholat subuh karena pendakian ke puncak Sikunir tidaklah sulit.

Setelah menikmati matahari terbit, Anda dapat sarapan pagi kemudian melanjutkan perjalanan menjelajahi Dieng. (kompas.com)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button