Sandiaga Uno: Desa wisata jadi motor kebangkitan pariwisata daerah - WisataHits
Yogyakarta

Sandiaga Uno: Desa wisata jadi motor kebangkitan pariwisata daerah

Apresiasi serupa disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein yang hadir pada pembukaan sesi latihan di lokasi kedua, Minggu (23/10).

Dalam kesempatan ini, ia mengajak para peserta pelatihan untuk berkenalan dengan filosofi lebah yang selalu berusaha memberikan manfaat bagi masyarakat luas, meski tidak terkait langsung.

“Harapan kami adalah kami dapat mengadopsi filosofi lebah ini. Dan dalam dunia pariwisata dan industri kreatif, semua orang di sini bisa menjadi “lebah” untuk mendongkrak sektor pariwisata pascapandemi. Selanjutnya bisa dikatakan para peserta beruntung di sini karena telah terpilih mewakili tidak kurang 57 desa wisata di Kabupaten Magelang dan sekitarnya untuk mengikuti program yang sangat bermanfaat bagi pengembangan pariwisata di sini,” jelasnya.

Pelatihan kewirausahaan di lokasi pertama (22-27 Oktober 2022) ini diikuti oleh perwakilan dari desa wisata di kota Yogyakarta, antara lain Desa Wisata Kadipaten, Taman Sari (Patehan), Kauman (Ngupasan), Sosromenduran, Purbayan, Warungboto, Rejowinangun, Sayidan (Pavirodiryan), Cokrodiningratan dan Pakualaman (Gunung Ketur).

Venue kedua (23-28 Oktober 2022) akan melibatkan perwakilan dari desa wisata di Magelang, Sleman, Klaten dan sekitarnya, antara lain Desa Wisata Prenggan, Candirejo, Tanjungsari, Ngargogondo, Wanurejo, Mendut, Bugisan, Kebondalem Kidul, dan Pereng Bokoharjo.

Secara total, peserta pelatihan mendapatkan materi yang terdiri dari 3 paket, antara lain Paket A terkait pengembangan dan inovasi produk pariwisata, Paket B terkait paket wisata, homestay, kuliner dan cinderamata, dan Paket C terkait kewirausahaan termasuk perencanaan bisnis dan digitalisasi keuangan, Pemasaran dan SDM.

Setelah menyelesaikan pelatihan, para peserta mendapat dukungan dari para master trainer untuk menyusun proposal pengembangan desa liburan masing-masing. Pada tahap akhir, akan diakui kader-kader dengan proyek pengembangan desa wisata terbaik disertai dengan bentuk dukungan agar kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button