Pesona Pantai Matras, surga laut yang tersembunyi dan eksotik di Bangka - WisataHits
wisatahits

Pesona Pantai Matras, surga laut yang tersembunyi dan eksotik di Bangka

Pesona Pantai Matras, surga laut yang tersembunyi dan eksotik di Bangka
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pantai Matras, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Verifikasi lokasi

Bicara pesona alam yang ada di Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung memang tidak ada habisnya. Dari sektor wisata berupa pantai misalnya ada pantai Matras dengan pesona alamnya yang eksotik. Pantai ini adalah salah satu yang tertua di pulau itu, juga dikenal sebagai Babel. Tak heran jika banyak wisatawan mancanegara maupun domestik tetap datang berkunjung setiap hari, bahkan di saat hari sedang ramai.

Kegiatan liburan tidak hanya digunakan untuk mengisi waktu, tetapi juga untuk menyegarkan kembali semangat dari kesibukan sehari-hari. Pilihan yang paling cocok untuk menghilangkan rasa bosan adalah dengan menikmati pemandangan alam khususnya pantai. Apalagi jika pantai yang dikunjungi menawarkan panorama alam yang luar biasa, seperti yang akan kita bahas bersama kali ini.

Begitu menginjakkan kaki di pantai Matras, pesona alam yang hadir di sana sangat terasa. Riak daun pohon kelapa yang menjulang sangat jelas menghiasi objek wisata ini. Di belakang pohon terlihat deretan pohon rindang yang asri yang selalu menyejukkan mata. Ini tentu saja bukan satu-satunya alasan yang mendatangkan banyak wisatawan, melainkan daya tariknya.

Daya tarik yang dimiliki pantai Matras

Atraksi pantai kasurKredit gambar: Google Maps Apeade _e

Anda pasti bertanya-tanya apa sebenarnya daya tarik dari pantai yang juga menjadi kebanggaan penduduk Bangka ini. Pasalnya, hampir semua tempat wisata berupa pantai memiliki pemandangan alam yang sama. Memang ada benarnya, tapi luas dan kontur garis pantainya tentu saja berbeda. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat objek wisata Pantai Matras berikut ini!

1. Indahnya pesona jernihnya air Pantai Mat

Dari kejauhan setelah sampai disana, anda sudah bisa melihat jernihnya air pantai yang indah ini. Kejernihan airnya berwarna kebiruan, hampir mirip dengan warna biru langit. Orang bahkan dapat mengira bahwa warna itu berasal dari pantulan langit. Tentu tidak, karena pada dasarnya air di pantai ini berwarna biru jernih.

Ini adalah salah satu atraksi paling memikat bagi wisatawan. Seperti yang Anda tahu, tidak semua pantai memiliki air biru jernih. Apalagi jika pantai tersebut berada di kawasan perkotaan yang telah tercemar limbah pabrik atau habitat laut yang rusak. Di air jernih pun terlihat jelas bebatuan kecil bercampur pasir terendam.

2. Hamparan pasir putih yang luas

Daya tarik selanjutnya adalah pantainya yang luas dengan pasir putih bertekstur halus yang indah. Pantai Matras membentang sepanjang 3 kilometer dan lebarnya sekitar 20 hingga 30 meter. Bagi yang sering mengunjungi tempat wisata berupa pantai, kawasan ini pasti menjadi pemandangan yang tidak bisa didapatkan dari pantai lain.

Ada dua bagian garis pantai yang panjang, yaitu utara dan selatan. Di sebelah utara, hamparan pasir di pantai seakan tak berujung. Ada alasannya, karena jarak 3 kilometer bukanlah jarak yang pendek. Sedangkan di bagian timur terlihat jelas batu-batu granit dengan berbagai ukuran yang turut menambah eksotisme pantai.

3. Susunan batu granit di pantai

Terdapat banyak bebatuan granit di sepanjang pantai Matras, sehingga Anda bisa melihatnya dengan jelas. Ada titik dimana batu-batu tersusun rapi, mulai yang terbesar di bawah, hingga yang terkecil di atas. Wisatawan yang datang berkunjung pun tidak mau melewatkan kesempatan besar ini dengan menjadikannya sebagai background foto.

Seperti diketahui, bongkahan batu granit memang menjadi ciri khas objek wisata pantai di Kepulauan Bangka Belitung. Berbeda dengan tempat lain yang justru dihuni oleh koloni bebatuan karang. Granit memiliki permukaan yang halus dan tidak tajam, sehingga aman untuk diinjak meski bertelanjang kaki.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai kasurKredit gambar: Google Maps Agus Makmun Asyari

Pastikan untuk menuju ke Jl.Pantai Matras, Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung jika ingin mengunjungi objek wisata ini. Usahakan membawa kendaraan sendiri, sepeda motor atau mobil. Memang masih jarang ditemui angkutan umum, kalaupun ada memang ada yang bisa mengantarkan Anda ke pantai.

Jarak yang harus Anda tempuh setidaknya 40 kilometer dari Bangka Belitung yaitu Pangkalpinang. Estimasi waktu tempuh untuk jarak ini adalah antara 1 jam dan 1 jam 30, tergantung pada kecepatan kendaraan. Sedangkan bila Anda berada di titik kota Sungailiat, jaraknya sekitar 7 kilometer. Jika Anda datang dari jauh dan tidak memungkinkan membawa kendaraan pribadi, tersedia rental mobil dengan harga yang cukup terjangkau.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai KasurKredit gambar: Google Maps Ramadhani Prastyantoro

Hampir setiap objek wisata mengenakan tarif sebagai tiket masuk, begitu juga dengan pantai Matras. Dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang masih berada di Kepulauan Bangka Belitung, biaya yang harus Anda keluarkan relatif lebih murah. Dengan tiket masuk sebesar 5.000 rupiah, Anda bisa menikmati panorama alam yang indah sepuasnya.

Hampir tidak ada biaya lain yang harus dikeluarkan kecuali parkir kendaraan. Ini juga jika Anda datang dengan kendaraan pribadi. Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000. Tentu saja, ini berbeda dengan tarif kendaraan roda empat atau mobil yang dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 saat berada di tempat wisata.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Matras

Kegiatan Pantai KasurKredit gambar: Google Maps Stefanus Dedy

Bukan hanya daya tariknya yang membuatnya selalu dipadati pengunjung. Beragam aktivitas yang bisa dilakukan juga menjadi alasan kuat. Berikut adalah beberapa kegiatan yang paling cocok jika Anda menghabiskan liburan Anda di Pantai Kasur!

1. Berenang sambil bermain air

Tentunya aktivitas yang berhubungan dengan air menjadi hal yang paling penting saat mengunjungi pantai. Arus air laut yang tenang menjadi alasan tersendiri bagi wisatawan untuk berenang. Apalagi jika ombak di pantai cantik ini tergolong tidak terlalu besar. Namun, setiap pengunjung harus selalu berhati-hati saat melakukan aktivitas ini. Tidak sedikit kasus yang memakan korban jiwa saat mereka memutuskan untuk berenang.

Jika Anda khawatir, sebaiknya lakukan aktivitas ringan seperti bermain air di pantai. Meski sederhana, kegiatan ini cukup menyenangkan dan banyak juga dipraktekkan oleh wisatawan. Agar terkesan lebih ramai, bermain air bersama keluarga sungguh menyenangkan.

2. Serunya bermain pasir pantai

Tidak hanya berenang atau bermain air, lembutnya pasir Pantai Mat juga sangat menyenangkan untuk dimainkan. Anda dapat mengajak anak-anak untuk membuat benda dari pasir. Tentunya untuk membangun sebuah objek harus mengambil pasir dari pinggir pantai yang terkena air laut, bahkan ada pengunjung yang membuat terowongan pasir dan berendam di dalamnya. Jika tertarik, Anda juga bisa meniru kegiatan seru ini.

3. Olahraga ringan di pantai

Walaupun namanya pantai, bukan berarti tidak bisa dijadikan tempat olahraga. Anda bisa berjalan santai menyusuri bibir pantai dengan panjang 3 kilometer, tentunya ini bukanlah jarak yang pendek. Kegiatan ini cukup menyehatkan apalagi suasana pantai dengan udara segar yang masih alami, jauh dari polusi. Dari waktu ke waktu Anda bisa menikmati panorama megah yang tersaji.

4. Sensasi Camping di Pantai Matras

Kegiatan Pantai MatKredit gambar: Google Maps Irwan Syah

Ada hal menarik dari pantai yang tidak Anda dapatkan dari tempat lain. Kawasan ini juga menawarkan bumi perkemahan yang tidak jauh dari pantai. Pengunjung yang berminat dapat menyewa tenda dari pihak pengelola dengan harga yang telah ditentukan, yang masih relatif murah.

Kali ini bukan angin gunung yang kami rasakan, melainkan angin laut yang terkadang menyejukkan meski seringkali membuat kulit kering. Kegiatan ini tentu kurang seru jika dilakukan sendirian. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membawa rombongan saat berwisata ke pantai yang mempesona ini.

5. Nikmati kelezatan masakan khas Bangka Belitung

Jangan lupa nikmati makanan khas Bangka Belitung dengan cita rasa yang nikmat. Ada beberapa warung makan di lokasi dengan harga terjangkau. Jika ingin yang lebih spesial, ada juga resto yang menawarkan aneka seafood dan jenis makanan lainnya. Bagi yang tidak ingin pulang dengan tangan kosong, pastikan untuk membeli oleh-oleh di pusat keliling yang juga tidak jauh dari pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai MatKredit Gambar: Google Maps Dhany Ayu

Liburan pantai matras pun semakin nyaman dengan berbagai fasilitas yang disediakan pengelola. Ada beberapa fasilitas penting yang wajib ada di setiap tempat wisata, yang juga tersedia di pantai cantik ini. Toilet yang bersih dan selalu tersedia air mengalir, ruang pembilasan yang tertutup untuk menjaga privasi dan musala sebagai tempat ibadah.

Selain ketiga fasilitas tersebut, ketersediaan tempat parkir juga menjadi hak setiap wisatawan. Toko dan restoran yang disebutkan di atas juga merupakan fasilitas yang bisa Anda manfaatkan. Ada juga penginapan, dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Gazebo di beberapa tempat di pinggir pantai juga bisa dijadikan tempat istirahat sebelum melakukan aktivitas menarik lainnya.

Ini adalah hal-hal menarik yang perlu Anda ketahui, serta yakinkan diri Anda sebelum berkunjung. Mulai dari atraksi, fasilitas, harga tiket masuk hingga aktivitas seru yang bisa dilakukan semuanya sudah dibahas lengkap. Semoga informasi ini bermanfaat, khususnya bagi anda yang masih meragukan keindahan dan keeksotisan Pantai Matras.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button