Sandiaga Uno: ASEAN Tourism Forum 2023 Percepat Pemulihan Pariwisata di Asia Tenggara: Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

Sandiaga Uno: ASEAN Tourism Forum 2023 Percepat Pemulihan Pariwisata di Asia Tenggara: Okezone Travel

Sandiaga Uno: ASEAN Tourism Forum 2023 Percepat Pemulihan Pariwisata di Asia Tenggara: Okezone Travel

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan ASEAN Tourism Forum 2023 (ATF) akan memicu percepatan pemulihan pariwisata di kawasan ASEAN, selain pencabutan pembatasan kegiatan atau PPKM.

“Karena ASEAN paling lambat dibanding Eropa-Amerika, pemulihannya relatif lebih lambat,” ujarnya dalam Surat mingguan Sandi Uno.

Sandiaga menambahkan, tiga pasar utama ASEAN, yakni Thailand, Indonesia, dan Malaysia, memang tumbuh namun tidak memberikan kontribusi yang sama dibandingkan Eropa dan Amerika Serikat.

Infografis tujuan perjalanan prioritas utama

ATF 2023, lanjutnya, menarik 150.308 peserta pameran pertukaran perjalanan (travex) peserta dari toko ke toko (b to b) dan 136 pembeli terkonfirmasi dari 29 negara diharapkan menghasilkan dampak ekonomi sebesar US$100 juta miliar.

Ajang pariwisata internasional terbesar di kawasan ASEAN ini diharapkan juga berkontribusi terhadap kuantitas atau jumlah penerbangan internasional langsung ke Indonesia, khususnya ke Destinasi Wisata Prioritas (DSP).

“Nanti mungkin ada beberapa kesepakatan dengan Qatar, maskapai lain bisa terbang langsung ke tujuan Indonesia termasuk Yogyakarta,” jelasnya.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

Indonesia yang ditugasi sebagai ketua ASEAN 2023 juga akan menggunakan ajang ini untuk mempromosikan citra ASEAN sebagai single/major destination yang sejalan dengan semangat G20 yaitu sebagai agen transformasi dengan fokus pada community-based tourism.

“Mari kita manfaatkan lebih dari sekedar seremoni, tapi juga dorong semangat kita untuk bekerja sama. Kami memang siap bersaing, tapi banyak peluang jika kita bekerja sama,” ujarnya.


Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button