Sandi fokus untuk meningkatkan skor Indonesia dalam pariwisata ramah Muslim - WisataHits
Jawa Barat

Sandi fokus untuk meningkatkan skor Indonesia dalam pariwisata ramah Muslim

Sandi fokus untuk meningkatkan skor Indonesia dalam pariwisata ramah Muslim

Pengalaman unik kegiatan wisata saat mengunjungi masjid-masjid di Indonesia, tidak hanya dinikmati oleh wisatawan muslim tetapi juga oleh wisatawan mancanegara (wisman).

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya fokus meningkatkan nilai Indonesia dalam mengembangkan wisata minat khusus, salah satunya berbasis masjid dan pro muslim.

Kemenparekraf juga menawarkan layanan tambahan bagi wisatawan atau pengalaman layanan, di bawah Paket Halal, Makanan Halal, Hotel Halal, Pembiayaan Halal dan transportasi.

Pengalaman unik Kegiatan wisata mengunjungi masjid-masjid di Indonesia tidak hanya dinikmati oleh wisatawan Muslim, tetapi juga oleh wisatawan mancanegara (wisman),” ujarnya dalam The Weekly Brief yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin.

Wisata keistimewaan ini, lanjutnya, bersifat inklusif dan tidak eksklusif, kata Sandi juga harus dihadirkan sebagai upaya memberikan atau menawarkan pelayanan kepada wisatawan untuk melakukan ibadah dan kebutuhan sehari-hari.

Sementara itu, pihaknya telah membentuk tim kecil yang terdiri dari sejumlah orang untuk menyusun rencana pengembangan wisata berbasis masjid orang yang berkepentingan diikat bersama.

Sebelumnya, Sandiaga Uno mengatakan destinasi wisata halal di Indonesia akan ditingkatkan dari sisi kesiapan layanan dan akomodasi kuliner halal.

Selain itu, ekosistem ekonomi syariah juga dikembangkan mulai dari pelatihan, pendampingan, pemasaran, logistik, dan pembiayaan.

Saat ini, beberapa provinsi telah menyatakan minat untuk mengembangkan wisata halal, antara lain Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Barat, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, dan Aceh. Hal ini untuk membuka peluang bagi wisatawan domestik, regional (Asia Tenggara) dan Timur Tengah.

Reporter: Sinta Ambarwati
Penerbit : Biqwanto Situmorang
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button