Watu Langit, tempat terbaik untuk bersantai dan menikmati keindahan alam kota Jogja - WisataHits
wisatahits

Watu Langit, tempat terbaik untuk bersantai dan menikmati keindahan alam kota Jogja

Harga tiket: untuk membebaskan, Jam operasional: 11.00–21.00 WIB, Alamat: Mlakon, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Watu Langit Jogja saat ini sedang ramai diperbincangkan oleh para traveller khususnya kaum milenial. Bagaimana tidak, di tempat ini pengunjung bisa bersantai sambil mencicipi hidangan yang tersedia. Apalagi pemandangan alam khas kota jogja sangat jelas terlihat dari ketinggian lokasi. Tempat wisata ini merupakan salah satu yang mengusung konsep restoran dan kafe yang dikelilingi oleh pemandangan alam. Konsep wisata seperti ini lebih mudah ditemukan dan selalu ramai pengunjung.

Bagi pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan alam dan kesegaran Sleman Yogyakarta, restoran dan kafe yang mengusung konsep alam bisa menjadi pilihan pertama. Ada dua bagian kafe yang cocok untuk berkumpul bersama rombongan. Yang pertama adalah kafe lantai bawah yang didesain secara tradisional dan sangat sederhana. Namun, bagian ini tidak pernah sepi pengunjung.

Sedangkan yang kedua adalah kafe bagian atas yang dibangun dengan konsep modern. Dibanding keduanya, Upper Café memang lebih ramai karena pengunjung bisa sekaligus menikmati keindahan alam di sekitar lokasi. Di bagian atas kafe juga ada yang unik, yaitu dibangun di atas batu besar dengan ukiran tokoh wayang Jawa. Tepat di sebelah pahatan batu terdapat tangga untuk mengakses lokasi kafe.

Daya tarik yang dimiliki oleh Watu Langit Jogja

Objek wisata batu langit jogjaKredit Gambar: Aplikasi Sewa Instagram Yoyaku

Ada alasan tersendiri kenapa banyak pengunjung datang ke Watu Langit setiap harinya. Tidak hanya menikmati hidangan yang ada di sana tentunya, tetapi lebih dari berbagai atraksi yang ditawarkan. Selain konsep bangunannya yang cukup unik dengan perpaduan tradisional dan modern, berikut beberapa tempat wisata yang bisa mendorong Anda untuk segera mengunjunginya!

1. Pemandangan Jogja yang indah

Jika Anda memilih kafe bagian atas, Anda akan melihat dengan jelas panorama indah kota Jogja di atas ketinggian. Kafe ini dibangun di atas bukit sehingga ketinggiannya sangat memungkinkan untuk mendapatkan keindahan alam. Jika Anda datang pada pagi hari, pancaran sinar matahari perlahan menghangatkan tubuh Anda yang saat itu terasa dingin akibat cuaca di Jogja. Pesona alam yang terpancar darinya memang menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian besar wisatawan.

Padahal, tidak hanya di pagi hari, di sore hari pun pemandangannya tak kalah menarik. Matahari yang perlahan surut cukup jelas terlihat jika cuaca sedang cerah. Cahaya hangat yang menemani saat berada di Watu Langit Jogja perlahan berubah menjadi dingin. Di malam hari, aneka lampu hias menjadi daya tarik lain yang mampu memikat siapa saja. Apalagi saat melihat kota Jogja, lampu jalan dan orang-orang kampung menjadi pemandangan unik yang jarang ditemui di tempat lain.

2. Suasana yang indah

Selain keindahan alam yang menjadi daya tarik utama, suasana tempat wisata ini juga patut diperhatikan. Letaknya yang cukup jauh dari kota membuat cuaca sejuk dan bebas polusi. Pepohonan yang rindang di lokasi dan dalam perjalanan menuju lokasi menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang dari kota tersebut. Tidak ada ruginya berkunjung ke Watu Langit, apalagi suasana asri dari pagi hingga sore akan romantis di malam hari.

3. Menu Batu Langit yang Terjangkau

Meski mengusung konsep bangunan kafe modern, bukan berarti menu makanan yang ditawarkan hadir dengan harga mahal. Sebaliknya, makanan dan minuman yang tersedia di kafe ini cukup murah. Ini adalah daya tarik tambahan bagi banyak wisatawan. Menu minuman utama di kafe dan restoran adalah kopi. Bagi anda yang tidak menyukai kopi tidak perlu khawatir, masih banyak jenis minuman lain yang bisa anda nikmati. Diantaranya adalah wedang jahe, teh, ice blender dan masih banyak lagi.

Jika kebetulan sedang lapar, ada menu khas Jogja dengan rasa yang nikmat yaitu nasi panas. Tentunya masih banyak lagi makanan yang bisa Anda nikmati selain yang panas. Untuk melengkapi aktivitas relaksasi Anda, ada juga gorengan dan jajanan yang biasa ditemukan di kafe-kafe. Sederhananya, Watu Langit Jogja memang bisa dibilang sebuah kafe dengan segala kelebihan yang ditawarkannya.

Alamat dan rute menuju lokasi

alamat batu langitKredit gambar: Google Maps Taufik A. Yudanto

Lokasinya yang masih berdekatan dengan beberapa objek wisata lainnya membuat kafe dan restoran Watu Langit mudah ditemukan. Alamat lengkapnya Mlakon, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan akses jalan yang cukup baik. Bagi yang belum pernah ke Jogja mungkin akan sedikit kesulitan. Maka dari itu silahkan ambil landmark utama dari pusat kota jogja dengan jarak sekitar 22 km yang dapat ditempuh dalam waktu 50 menit dengan kendaraan bermotor.

Dari pusat kota Jogja, ambil arah yang menuju ke Wonosari. Sesampainya di pertigaan, silahkan belok kiri yang menuju ke Candi Prambanan. Anda akan menemukan pertigaan lagi sebelum tiba di Prambanan, ambil jalan yang mengarah ke tebing Breksi dan candi Ijo. Beberapa menit setelah melewati Candi Ijo, ada plang bertuliskan nama Watu Langit Cafe and Restaurant, silahkan ikuti rambu tersebut sampai tiba di tempat tersebut.

Mengenai harga tiket masuk kafe yang akan Anda kunjungi, sejauh ini masih buka dan gratis. Namun, untuk parkir Anda tetap harus membayar biaya sesuai peraturan yang berlaku. Kendaraan roda dua atau sepeda motor dikenakan biaya sebesar Rp 2.000. Sedangkan untuk mobil atau roda empat harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000.

Meski tiket masuknya gratis, namun menu makanan dan minuman yang disediakan tidak gratis. Misalnya, spiced latte harganya 18.000 rupee, kopi pisang 24.000 rupee, dan teh manis 5.000 rupee. Harga menu makanan cukup murah dan masih bisa dijangkau untuk kelas makanan di tempat wisata.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Watu Langit

Tempat Wisata di Watu LangitImage Credit: Google Maps Watu Langit Jogja Coffee and Resto

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi suatu tempat wisata tanpa harus melakukan aktivitas seru. Mungkin ada yang masih belum tahu apa yang harus dilakukan saat berada di restoran dan kafe. Perlu diketahui bahwa Watu Langit Jogja bukan hanya restoran dan kafe yang menawarkan berbagai menu makanan dan minuman, tetapi juga pemandangan alam yang indah tidak kalah dengan objek wisata alam lainnya. .

1. Nikmati menu makanan dan minuman

Jika ada pengunjung yang datang ke tempat tersebut, hampir pasti mereka bertujuan untuk menikmati hidangan yang ditawarkan. Selain kopi dan makanan besar, tersedia pula jenis makanan ringan yang cocok sebagai pendamping kopi. Jajanan yang dimaksud sebagian besar berjenis gorengan yang disajikan panas-panas untuk mencairkan suasana dingin khas perbukitan.

Jenis minuman tradisional juga tersedia, selain teh manis tentunya. Ada susu jahe lemon, wedang secang, wedang klepon dan aneka jus buah. Lebih dari puluhan menu makanan dan minuman untuk Anda cicipi. Sekadar informasi, harap langsung melakukan pembayaran terlebih dahulu setelah memesan makanan dan minuman yang diinginkan.

2. Bersantai sambil menikmati keindahan alam di Jogja

Selain menikmati aneka kulinernya, sebagian besar pengunjung yang datang ke Watu Langit juga berniat menikmati suasana atau panorama alam perbukitan. Apalagi dari kejauhan pemandangan kota Jogja yang menawan sudah terlihat. Ada titik dimana meja dan kursi di resto langsung berhadapan dengan pemandangan alam berupa hamparan sawah dari atas, warna hijau yang indah dengan kontur khas sawah terlihat jelas.

Hal ini tentunya bisa diamati saat mereka datang dari pagi hingga sore hari. Bagi yang datang pada malam hari, jangan kecewa karena tidak akan bisa menikmati panorama alam. Sebaliknya, lampu hias kafe juga sangat cantik. Apalagi jika melihat ke arah kota Jogja, di sana terlihat lampu-lampu dari jauh yang seolah berubah menjadi lilin-lilin kecil dengan cahaya temaram yang menawan.

3. Saksikan matahari terbenam

Aktivitas menarik di Watu LangitImage Credit: Google Maps Watu Langit Jogja Coffee and Resto

Kegiatan lain yang tidak boleh dilewatkan adalah menikmati keindahan sunset. Letak Watu Langit Jogja yang cukup tinggi memungkinkan wisatawan untuk menyaksikan keindahan matahari yang telah selesai menjalankan tugasnya dalam satu hari. Meski tidak bisa dibawa ke titik fatamorgana seperti di pantai, keindahannya cukup memuaskan.

Gradasi warna yang dihasilkan sangat indah dan sulit digambarkan dalam kalimat. Cahaya di dekat matahari tentunya berwarna jingga terang, yang seakan menyuruh kita untuk selalu ceria. Sedangkan pantulan dari benda langit lain menghasilkan warna yang berbeda. Agar tidak ketinggalan fenomena menakjubkan ini, harap datang sebelum pukul lima sore. Kali ini juga menjadi favorit wisatawan lain dengan tujuan yang sama.

4. Foto selfie

Sayang sekali jika semua keindahan Watu Langit bisa berlalu begitu saja tanpa diabadikan momennya. Apalagi jika hampir semua titik lokasi sangat cocok untuk dijadikan spot foto ascending, view utamanya landscape. Meski tidak banyak spot khusus yang dibangun untuk kegiatan fotografi, pengunjung bebas menentukan spotnya sendiri.

Contohnya di coffee corner yang berbatasan langsung dengan pemandangan alam khas Jogja. Pengunjung bebas menentukan posenya sendiri, baik duduk di kursi maupun bersandar di pagar pembatas untuk keamanan tambahan. Tempat yang tak kalah unik untuk karya fotografi estetik adalah dengan menggunakan patung-patung tokoh wayang sebelum menaiki tangga menuju lokasi restoran dan kafe.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Watu Langit YogyakartaImage Credit: Google Maps Watu Langit Jogja Coffee and Resto

Fasilitas termasuk salah satu hak yang harus didapatkan pengunjung ketika berada di tempat wisata menarik ini. Oleh karena itu, manajemen Watu Langit tidak pernah mengabaikannya. Terdapat toilet yang dapat Anda gunakan secara gratis dengan kondisi yang terawat dan bersih. Tempat parkir mobil yang luas juga melengkapi fasilitas yang ada. Meski berada di pinggir jalan raya, namun keamanannya terjamin sepenuhnya.

Selain dua fasilitas wajib tersebut, ada juga mushola yang siap digunakan kapan saja. Ada juga permainan ringan bagi yang menginginkannya, antara lain permainan kartu dan catur yang bisa dipinjam dari pemilik warung. Ketiga fasilitas ini sudah lebih dari cukup untuk menganggap sebuah objek wisata layak untuk dikunjungi.

Dari sekian banyak atraksi dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Watu Langit Jogja, mungkin saja ada keinginan untuk segera mengunjungi tempat tersebut. Sebelumnya, pastikan kondisi Anda saat ini dalam kondisi yang baik dan Anda memiliki banyak waktu luang. Sayang sekali jika Anda datang ke tempat itu dalam hitungan menit dengan segala keindahan yang disediakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button