2 tindakan yang harus dilakukan jika bagasi Anda hilang saat naik pesawat halaman semua - WisataHits
Yogyakarta

2 tindakan yang harus dilakukan jika bagasi Anda hilang saat naik pesawat halaman semua

KOMPAS.com – Pengalaman kehilangan bagasi dalam penerbangan bisa terjadi pada siapa saja. Seperti yang dialami putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep beberapa hari lalu.

Pada Minggu (13/11/2022), saat melakukan penerbangan menuju Surabaya, Jawa Timur, Kaesang justru menemukan koper yang seharusnya sudah sampai di tempat tujuan, Bandara Juanda Surabaya, tapi malah pergi ke Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara, ternyata hilang.

Baca juga:

Menurut pengamat penerbangan Alvin Lie, hal ini disebabkan dua kemungkinan.

Pertama, petugas Mendaftar dipindahkan atau dipindahkan tag bagasi (tanda bagasi). Kedua, petugas bagasi salah mengatur agar bagasi dimasukkan ke dalam kelompok bagasi penerbangan lain.

“Dalam hal ini bukan hanya petugas bagasi (porter) yang disalahkan, tapi supervisor juga yang disalahkan,” ujar Alvin. Kompas.comRabu (16/11/2022).

Ia melanjutkan, tugas supervisor adalah mencocokkan jumlah tas dan nomor penerbangan. dalam tag bagasi, juga dengan jelas menunjukkan bandara tujuan bagasi.

Apa yang harus dilakukan jika bagasi hilang?

Alvin menambahkan, apapun penyebabnya, jelas itu kesalahan staf maskapai.

Lantas apa yang harus dilakukan sebagai penumpang jika peristiwa serupa terjadi pada waktu tertentu?

1. Ambil snapshot dari trunk saat ini Mendaftar

Alvin menyarankan untuk memotret barang bawaan sebelum mengantarkannya ke konter Mendaftar.

ilustrasi koper. Ilustrasi koper PIXABAY/IVABALK.

“Biasakan memotret barang bawaan saat Mendaftar. Pencarian akan jauh lebih mudah jika barang bawaan kita tidak diangkut,” jelas Alvin.

Calon penumpang juga dapat melihat dengan benar berat dan bandara tujuan yang tertera pada tag bagasi.

“Berat bagasi menentukan besaran ganti rugi jika bagasi kita hilang,” kata Alvin.

2. Potret tag bagasi ke untuk cadangan dan laporkan ke Lost and Found

Jika bagasi tidak muncul di bandara tujuan, segera laporkan ke petugas Lost & Found. Berikan detail bagasi yang tidak dibawa seperti ukuran, warna, dan bahan. Akan lebih baik jika disertakan foto.

“Beri aku label bagasi atau tag bagasi. Tapi foto dulu. Jangan lupa minta kwitansi laporan kehilangan bagasi kepada petugas Lost & Found,” kata Alvin.

ilustrasi koperSHUTTERSTOCK ilustrasi koper

Ia menambahkan maskapai penerbangan umumnya bisa melacak bagasi dalam waktu 1 hingga 2 jam. Setelah itu, barang bawaan akan diangkut ke bandara tujuan semula pada penerbangan selanjutnya dan diserahkan kepada pemilik.

Komunikasi korporat maskapai Super Air Jet menyampaikan hal yang sama.

“Untuk penanganan bagasi operasi yang salah, bisa langsung melapor ke lokasi di stasiun tujuan dan ditanya kebutuhan datanya. Penumpang akan diinformasikan status bagasinya oleh petugas,” kata Corporate Communications Super Air Jet Carolina Lestari Sirait, Rabu.

Baca Juga: Berwisata Ke Pantai Baron Gunungkidul, Jangan Kaget Kalau Airnya Berubah Menjadi Coklat

Di sisi lain, Cin Asmoro, Vice President Corporate Communications Angkasa Pura II mengatakan, jika penumpang mengetahui barang atau barang bawaannya tidak sesuai dengan tujuan, maka dapat menghubungi maskapai terkait.

“Penumpang juga dapat menghubungi Airport Contact Center 138 di 138 jika ada barang tertinggal atau merasa barang hilang di bandara,” kata Cin.

Tata cara penanganan barang hilang atau tertinggal di bandara

Secara rinci, tata cara penanganan barang hilang atau terlantar di bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura II seperti dikutip dari situs resminya Angkasa Pura II.

  • Umur simpan barang yang hilang/terbengkalai adalah 30 hari kalender.
  • Khusus untuk barang berupa makanan dan barang berbahaya (dangerous goods) adalah 1×24 jam.
  • Jika barang dikeluarkan setelah masa simpan habis, akan dikenakan biaya penyimpanan.
  • Barang-barang yang sudah lewat tanggal penggunaannya dan tidak diklaim akan dihibahkan atau dimusnahkan/dimusnahkan (kategori tertentu).
  • Penumpang maskapai dan pengunjung bandara yang merasa barangnya hilang atau tertinggal dapat melaporkannya melalui website www.angkasapura2.co.id dan Airport Contact Center 138, atau menghubungi langsung Customer Service Bandara Angkasa Pura II.
  • Penumpang pesawat tidak perlu khawatir jika merasa barang bawaannya tertinggal di bandara karena terminal penumpang dilengkapi dengan CCTV yang memantau pergerakan hampir seluruh ruangan terminal.
  • Ada juga banyak perwakilan layanan pelanggan di terminal yang siap merespons dengan cepat laporan penumpang tentang barang yang hilang/tertinggal.
  • Setiap laporan yang masuk ditindaklanjuti di lokasi oleh personel yang berkepentingan, mis. B. layanan penerbangan terlibat. Ini termasuk pelacakan melalui pengawasan video sampai keberadaan barang diidentifikasi atau ditemukan.
  • Jika barang yang hilang/terbengkalai ditemukan, pemilik barang hanya perlu membawa Claim ID kemudian melengkapi Handover Event Record (BAST).
  • Kemudian pegawai AP II cukup mengunggah BAST ke aplikasi LOSI beserta foto dokumentasi serah terima. Jika pemilik barang diwakili, dia harus membawa surat kuasa bersamanya.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button