Rute bus Trans Jawa Tengah 2023, lengkap dengan harga tiket dan petunjuk arah - WisataHits
Jawa Tengah

Rute bus Trans Jawa Tengah 2023, lengkap dengan harga tiket dan petunjuk arah

Rute bus Trans Jawa Tengah 2023, lengkap dengan harga tiket dan petunjuk arah

solo

Beroperasi di bawah Dinas Perhubungan Jawa Tengah, bus Trans Jateng melayani sejumlah wilayah yang terbagi dalam beberapa trayek. Dikutip dari akun Instagram BRT Trans Jateng, berikut jadwal, rute, tarif, dan informasi perjalanan bus Trans Jateng terbaru.

Jalur Bus Trans Jawa Tengah 2023

dikutip detikJateng dari akun Instagram @brttransjateng, Rabu (11/1/2023), bus Trans Jawa Tengah beroperasi setiap hari. Meski jadwal tiap rute berbeda, semua bus Trans Jawa Tengah beroperasi dari pagi hingga malam.

1. Bus Trans Jawa Tengah Rute Semarang-Bawen

Bus Trans Jateng jurusan Semarang-Bawen berangkat dari Stasiun Tawang (Kota Semarang) dan Terminal Bawen (Kabupaten Semarang). Keberangkatan pertama bus ini adalah pukul 05:00 WIB.

Sekarang ada dua jadwal keberangkatan terakhir. Pertama pada pukul 19.30 WIB dari Tourist Information Center (TIC) Jalan Pemuda Semarang. Kedua pukul 19.10 WIB dari Terminal Bawen. Bus ini berhenti beroperasi menuju Terminal Bawen dan TIC pada pukul 20.50 WIB.

2. Bus Trans Jawa Tengah jurusan Purwokerto-Purbalingga

Bus Trans Jateng ini berangkat dari Terminal Bulupitu, Purwokerto dan dari Terminal Bukateja, Purbalingga. Keberangkatan pertama bus ini adalah pukul 05.15 WIB.

Sedangkan jadwal pemberangkatan terakhir adalah pukul 18.00 WIB dari Terminal Bulupitu dan pukul 17.35 WIB dari Terminal Bukateja.

3. Bus Trans Jawa Tengah Jalur Semarang-Kendal

Bus Trans Jawa Tengah ini memiliki dua jadwal keberangkatan awal. Pertama pada pukul 05.20 WIB dari terminal Bahurekso, Kendal dan RTH Weleri. Kedua pukul 05.20 WIB dari Terminal Mangkang, Semarang.

Sedangkan jadwal pemberangkatan terakhir adalah pukul 19.00 WIB dari Terminal Mangkang dan Terminal Bahurekso. Jadwal akhir operasi pukul 20.00 tiba di kedua terminal tersebut.

Sementara itu, jam pelayanan ke Kawasan Industri Kendal dibagi menjadi dua jam, yakni pagi dan sore. Jam pagi 06.30-08.00 WIB. Siang jam 15.30-17.30 WIB. Setiap pelayanan pagi dan sore ada empat armada, yakni dua bus dari Mangkang dan dua bus dari Bahurekso.

Namun, jadwal ini dapat berubah berdasarkan efektivitas dan efisiensi.

4. Jalur bus Trans Jawa Tengah Magelang-Purworejo

Bus Trans Jateng Rute Magelang-Purworejo berangkat dari Terminal Borobudur, Magelang dan Terminal Kutoarjo, Purworejo. Jadwal bus Trans Jateng dengan rute ini mulai pukul 05:00 WIB hingga 17:00 WIB. Jadwal akhir operasional pada pukul 19.00 tiba di kedua terminal tersebut.

5. Jalur Bus Trans Jawa Tengah Solo-Sragen

Bus Trans Jateng dengan rute Solo-Sragen berangkat dari Terminal Tirtonadi, Solo dan Terminal Sumberlawang, Sragen. Jadwal bus Trans Jateng yang menggunakan jalur ini adalah pukul 05.00-17.30 WIB, berakhir pukul 19.00 WIB menuju kedua terminal tersebut.

6. Jalur Bus Trans Jawa Tengah Semarang-Grobogan

Bus Trans Jateng Rute Semarang-Grobogan berangkat dari Terminal Penggaron, Semarang dan Terminal Gubug, Grobogan. Jadwal bus Trans Jateng dengan rute ini mulai pukul 05.00 hingga 18.00 WIB dan berakhir pada pukul 20.00 WIB menuju kedua terminal tersebut.

Tarif dan Naik Bus Trans Jawa Tengah

Tarif bus Trans Jawa Tengah untuk umum sebesar Rp 4.000 baik jauh maupun dekat. Sedangkan untuk mahasiswa, pelajar, pekerja, dan veteran hanya dibanderol Rp2.000. Bayar tunai.

Setengah ongkos ini dengan syarat penumpang memakai seragam (pelajar dan pekerja), pakaian rapi (pelajar) dan menunjukkan kartu pelajar, kartu pelajar atau KTP asli atau bukti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek (untuk pekerja). Veteran diharuskan menunjukkan tanda anggota veteran.

Khusus hari Minggu dan Hari Libur, hanya berlaku tarif umum dan veteran. Sedangkan pelajar, pekerja, dan mahasiswa harus membayar dengan tarif umum yang jauh dari Rp 4.000.

Selain menerima pembayaran tunai, sejak 1 Januari 2022, bus Trans Jateng juga melayani pembayaran nontunai (cashless) dengan Qris di semua rute. Cara membayar tanpa uang tunai:

1. Unduh salah satu aplikasi PJSP berlisensi Qris yang terdaftar
2. Menyelesaikan pendaftaran sesuai prosedur PJSP. Isi saldo pada akun
3. Buka aplikasi yang diunduh dan terdaftar
4. Cari ikon pindai/gambar QR/Bayar
5. Cari icon scan Qrismerchant di seller
6. Masukkan nilai nominal
7. Tampilkan notifikasi
8. Klik Bayar
9. Masukkan PIN.

Menaiki bus Trans Jateng sangatlah mudah, silahkan menuju halte di sepanjang jalur bus tersebut. Anda bisa mengecek halte terdekat dari posisi Anda melalui Google Map atau menginstal aplikasi Si Anteng.

Saksikan video Kisah Korban Banjir Bandang di Semarang, Properti Habis Terjual
[Gambas:Video 20detik]
(dil/tahun)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button