Rumah sakit ini melayani wisata medis dan memiliki robot operasi pertama di Asia-Pasifik - WisataHits
Jawa Barat

Rumah sakit ini melayani wisata medis dan memiliki robot operasi pertama di Asia-Pasifik

TEMPO.CO, jakarta – Banten ingin berperan dalam mengembangkan wisata medis di Indonesia. Salah satunya adalah penunjukan salah satu rumah sakit di kawasan tersebut sebagai tujuan wisata medis, yaitu Rumah Sakit Premier Bintaro (RSPB).

“Sudah waktunya untuk memperkenalkan bahwa sudah ada rumah sakit pergi nasional dan menjadi internasional di Banten,” kata Kepala Dinas Kesehatan Banten Ati Pramudji Hastuti dalam keterangannya, Senin, 14 November 2022.

Pemilihan rumah sakit itu bukan tanpa alasan. RS Premier Bintaro sudah memiliki inovasi berupa robot bernama Robbin untuk melakukan operasi tulang belakang dan kasus tulang lainnya.

CEO RSPB Martha ML Siahaan mengatakan, kehadiran robot tersebut merupakan bukti komitmen pihaknya dalam mendukung wisata kesehatan di Indonesia, khususnya di Banten. “Komitmen itu kami tunjukkan dengan terus berinovasi di ruang layanan kesehatan,” ujarnya.

Robbin atau Bedah Navigasi Robot dapat membantu merawat pasien dengan kasus tulang belakang dan ortopedi lainnya. Teknologi robotik diketahui hanya ada di Indonesia di kawasan Asia-Pasifik.

Martha mengatakan investasi ini dilakukan agar masyarakat Indonesia tidak lagi harus keluar negeri untuk itu Bedah Ortopedi Tingkat Lanjut. “Cukup ke RSPB Banten saja,” ujarnya.

Selain teknologi ini, RSPB memiliki pusat tulang belakang, klinik olahraga dan pusat ortopedi untuk pasien ortopedi. Ada juga pelayanan prima lainnya yaitu Pusat Stroke, Pusat Vaskular dan Klinik Kulit dan Laser.

“RSPB tidak hanya didukung oleh teknologi, tetapi juga merupakan rumah sakit swasta di Banten dengan pengalaman lebih dari dua dekade, sehingga para dokter di rumah sakit kami juga memiliki keterampilan yang teruji, terutama dalam menangani kasus operatif,” kata Martha.

Dengan ditetapkannya RSPB, Dinas Kesehatan Banten kini memiliki enam rumah sakit swasta sebagai destinasi wisata medis. Lima rumah sakit lainnya adalah RS Siloam Lippo Village, Mayapada Tangerang, Mandaya Royal Hospital Puri, Eka Hospital BSD, dan Primaya Hospital Tangerang.

Keenam rumah sakit tersebut merupakan rumah sakit yang memiliki keterampilan dan teknologi yang setara dengan rumah sakit di luar negeri, sehingga diharapkan dapat menjadi rumah sakit rujukan nasional dan internasional. Tentu saja, rumah sakit dapat menjadi tujuan wisata medis pilihan tidak hanya untuk orang Indonesia tetapi juga untuk orang asing.

Baca juga: Bali International Hospital Dibangun, RI Siap Jadi Destinasi Wisata Medis

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button