Rumah kaca Kantong Semar Kebun Raya Bogor dibuka kembali, cocok untuk wisata edukasi anak - WisataHits
Jawa Barat

Rumah kaca Kantong Semar Kebun Raya Bogor dibuka kembali, cocok untuk wisata edukasi anak

AYOBOGOR.COM — Kebun Raya Bogor telah membuka kembali wahana edukasi Rumah Kaca Nepenthes Garden. Rumah kaca ini memiliki koleksi lebih dari 50 spesies Nepenthes dengan keunikan yang berbeda-beda.

Nepenthes atau kantong semar adalah tumbuhan karnivora asli Indonesia yang dapat memakan serangga.

General Manager of Corporate Communications Botanic Garden Zaenal Arifin mengatakan, rumah kaca kebun raya akan dibuka kembali untuk umum pada Sabtu, 3 Desember 2022. Pengunjung dapat memasuki taman dalam beberapa sesi.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kota Bogor Minggu 4 Desember 2022

“Nepenthes Park, Kebun Raya Bogor dibuka untuk mengedukasi pengunjung tentang tumbuhan unik pemakan serangga. Hingga 15 orang per sesi semakin memudahkan pengunjung untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta berfoto selfie dengan Nepenthes,” kata Zae dikutip dari Republika.co.id, Minggu, 4 Desember 2022.

Dijelaskannya, tanaman ini memiliki ciri daun dengan sulur-sulur di ujung daun yang termodifikasi menjadi kantong-kantong. Bentuk tasnya menyerupai labu dengan ujung yang membesar.

Nepenthes memiliki pola dan motif yang berbeda. Corak dan motif umumnya berwarna cerah untuk menarik mangsa seperti serangga untuk mendekat.

Ada banyak jenis Nepenthes yang dipelihara di Taman Nepenthes Kebun Raya Bogor. Antara lain Nepenthes mirabilis, Nepenthes reinwardtiana, Nepenthes ampullaria, Nepenthes gracilis, Nepenthes x hookeriana, Nepenthes sumatrana dan Nepenthes rafflesiana. Zae mengatakan, taman ini dilengkapi dengan narasi untuk mendukung sisi edukasi bagi pengunjung.

Baca Juga: Tiket Masuk Wisata Tahun Baru Cimory Bogor Terbaru

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button