Dukungan modernisasi peralatan oleh PLN meningkatkan produktivitas UMKM Serbaguna Singkong Cireundeu - WisataHits
Jawa Barat

Dukungan modernisasi peralatan oleh PLN meningkatkan produktivitas UMKM Serbaguna Singkong Cireundeu

RADARBANDUNG.id – Pasca pandemi COVID-19, banyak tempat wisata yang dibuka dan dikunjungi di Bandung dan sekitarnya. Salah satunya adalah kampung adat Cirendeu yang terletak di Desa Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan. Tak hanya itu, sebelum pulang dari kampung adat, banyak wisatawan yang membeli oleh-oleh dari aneka olahan singkong milik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Serba Singkong Cirendeu milik Mitra Binaan PLN.

Pada Mei 2022, Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyalurkan bantuan kepada UMKM Multi Ubi Kayu Cirendeu melalui program tanggung jawab sosialnya berupa modernisasi fasilitas produksi yang dapat mendukung produktivitas dan membantu peningkatan kapasitas produksi untuk memenuhi pemenuhan permintaan pelanggan. Sejak saat itu, kapasitas produksi UMKM Singkong Serbaguna Cirendeu meningkat sekitar dua kali lipat dibandingkan produksi sebelumnya.

“Permintaan produk olahan singkong terus meningkat, sehingga kami juga perlu meningkatkan kapasitas produksi. Bantuan peralatan yang diberikan PLN sangat membantu kami,” ujar Neneng Neneng Sumirah, koordinator UMKM Serbaguna Singkong Cireundeu.

Neneng menjelaskan, seiring dengan peningkatan jumlah kunjungan ke Kampung Adat Cireundeu, pihaknya menambah 3 (tiga) tenaga kerja yang khusus didukung untuk peningkatan kapasitas produksi pengolahan singkong serba guna. Penambahan tenaga kerja ini merupakan salah satu dampak positif dari perkembangan UMKM dengan membantu masyarakat sekitar untuk mencari pekerjaan.

“Mudah-mudahan dengan bantuan PLN, UMKM bisa tumbuh dan berkembang serta meningkatkan taraf hidup orang-orang di sekitarnya,” kata Tresna Wikarsa, Pengelola Unit Pengendalian Pengeluaran (UP2B) PLN di Jawa Barat.

Tresna juga mengatakan telah mencicipi produk olahan singkong buatan UMKM Cireundeu dan bersedia membantu mempromosikannya ke masyarakat luas.

“Produknya enak dan unik karena semuanya terbuat dari singkong dan buatan pabrik,” kata Tresna. (azm)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button