Kebun Raya Bogor Buka Wisata Rumah Kaca Kantong Semar - WisataHits
Jawa Tengah

Kebun Raya Bogor Buka Wisata Rumah Kaca Kantong Semar

Kebun Raya Nepenthes Park Bogor dibuka untuk meningkatkan edukasi bagi pengunjung

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Kebun Raya Bogor kembali membuka wahana edukasi Rumah Kaca Nepenthes Park yang memiliki koleksi lebih dari 50 spesies Nepenthes dengan berbagai keunikannya. Nepenthes atau kantong semar adalah tumbuhan karnivora asli Indonesia yang dapat memakan serangga.

General Manager Corporate Communication Kebun Raya Zaenal Arifin mengatakan, taman akan dibuka kembali untuk umum pada Sabtu (12/3/2022). Nantinya, pengunjung bisa memasuki taman ini dalam sesi bersama. “Nepenthes Park, Kebun Raya Bogor dibuka untuk mengedukasi pengunjung tentang tumbuhan unik pemakan serangga. Hingga 15 orang per sesi semakin memudahkan pengunjung untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta berfoto selfie dengan Nepenthes,” kata Zae, Jumat (12/2/2022).

Zae menjelaskan tanaman ini memiliki ciri daun dengan sulur-sulur di ujung daun yang termodifikasi menjadi kantong. Bentuk tasnya menyerupai bentuk labu dengan ujung yang membesar. Nepenthes memiliki corak dan motif yang bervariasi dengan warna cerah yang menarik mangsa seperti serangga untuk mendekat.

Terdapat beberapa jenis Nepenthes yang dilestarikan di Taman Nepenthes Kebun Raya Bogor, antara lain Nepenthes mirabilis, Nepenthes reinwardtiana, Nepenthes ampullaria, Nepenthes gracilis, Nepenthes x hookeriana, Nepenthes sumatrana dan Nepenthes rafflesiana. Zae mengatakan, taman ini dilengkapi dengan narasi untuk mendukung sisi edukasi bagi pengunjung. “Selain itu, untuk mengikuti tren digital saat ini, pengunjung juga dapat memindai kode QR untuk mendapatkan penjelasan edukatif tentang Nepenthes Park,” ujarnya.

Tumbuhan ini, kata dia, bisa ditemukan di Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kalimantan Barat. Menurut IUCN Red List, terdapat 27 spesies tumbuhan kantong semar yang terancam punah, empat di antaranya merupakan spesies dengan status konservasi Critically Endegered (CR; critical) dan empat lainnya Endegered (EN; terancam).

Keanekaragaman Nepenthes di Kebun Raya Bogor sebagai bentuk konservasi sebelum alih fungsi lahan. Hal ini menempatkan Nepenthes dalam kategori Tumbuhan Rentan dalam Daftar Merah IUCN dan Tumbuhan yang Dikonservasi berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya serta Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Konservasi Jenis Tumbuhan dan Satwa yang perlu untuk dilindungi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button