Royal Dinner di Pura Mangkunegaran Solo Estimasi Rp 100 Juta, Intip Kemewahannya - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Royal Dinner di Pura Mangkunegaran Solo Estimasi Rp 100 Juta, Intip Kemewahannya – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Royal Dinner di Pura Mangkunegaran Solo bersama anggota DPRD Solo dan Wali Kota Solo Teguh Prakosa Rabu malam (9/11/2022). (Spesial)

Solopos.com, SOLO – Sekitar 40 anggota DPRD Solo dan Wakil Walikota Solo Teguh Prakosa menghadiri Royal Dinner di Pura Mangkunegaran Solo pada Rabu malam (9/11/2022). Turut hadir beberapa pejabat dari Forkompinda Solo dan pemangku kepentingan dari industri pariwisata.

Ada Asita, PHRI dan Kadin. Ketua Komisi IV DPRD Solo Janjang Sumaryono Aji mengatakan ada juga beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Solo yang membidangi perizinan, pariwisata, dan pemerintahan.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

“Beberapa perwakilan Forkompinda juga diundang. Tapi kami memutuskan untuk melakukannya karena jumlah peserta dibatasi 70 orang,” ujarnya Solopos.comKamis (10/11/2022).

Menurut Janjang, Royal Dinner digelar di Pura Mangkunegaran Solo untuk menggali dan mempromosikan potensi wisata. Politisi PDIP itu menilai Royal Dinner sebagai salah satu potensi wisata Solo yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Acara tersebut berlangsung di sebuah pusat budaya. Sambil menikmati sajian khas Pura Mangkunegaran, peserta royal dinner bisa menyaksikan tarian-tarian istimewa. “Hidangan yang disajikan bukanlah masakan biasa. Tapi khas masakan solo,” ujarnya.

Baca Juga : Taman Pura Mangkunegaran Solo Diselesaikan Desember 2022, Ini Detail Partnya

menerima informasi Solopos.com, menu yang disajikan di The Royal Dinner di Pura Mangkunegaran Solo berupa minuman nasi kencur, teh dan air mineral sebagai welcome drink. Apem, kolak dan ketan tersedia sebagai makanan ringan.

Promosi Wisata Mangkunegaran

Makanan pembukanya adalah Timlo Solo dan hidangan utamanya adalah nasi putih, lidah bestik, daging asam, udang goreng tepung, karak/rempeyek dan akar asam jawa. Kemudian dessert atau hidangan penutup wedang ronde.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah KGPAA Mangkunagoro X. Beliau duduk bersama para hadirin dari Royal Diner Pura Mangkunegaran sambil mendiskusikan berbagai kemungkinan candi.

Baca Juga: Terinspirasi Era 1920-an, Ada Cita Rasa Jawa Eropa di Mangkunegaran Park Solo

“Saya kira Candi Mangkunegaran ini punya potensi besar. Agenda kegiatan candi MN seperti royal dinner, tari-tarian, museum dibuka setiap saat dan dapat menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri,” jelas Janjang.

Anggaran untuk royal dinner Rabu malam di Pura Mangkunegaran Solo menggunakan APBD Solo 2022, menurut Janjang, namun dia tidak mengetahui anggaran yang dialokasikan. Menurutnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo yang lebih tahu.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Aryo Widyandoko saat dihubungi Solopos.comKamis, mengaku Royal Dinner di Pura Mangkunegaran menggunakan APBD Solo 2022 yang diperkirakan sekitar Rp 100 juta.

Baca Juga: Keindahan Taman Baru di Pura Mangkunegaran Solo Dibuka Untuk Umum

“Dari APBD Solo 2022 nilainya kurang lebih Rp 100 juta. Saya tidak tahu berapa kontraknya. Tapi itu kurang lebih 100 juta rupiah,” katanya. Aryo menjelaskan, royal dinner digelar untuk mempromosikan pariwisata di Pura Mangkunegaran.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button