Kurangi sampah plastik, Resta Pendopo Km 456 melaksanakan program inovasi lingkungan - WisataHits
Jawa Tengah

Kurangi sampah plastik, Resta Pendopo Km 456 melaksanakan program inovasi lingkungan

JAKARTA, KOMPAS.com – Resta Pendopo Km 456, tempat peristirahatan dan destinasi wisata PT Astari Marga Sarana, terus menghadirkan inovasi terbaru. Salah satunya adalah pengurangan dan pengelolaan sampah.

Pada tahun 2022, tim Resta Pendopo Km 456 telah mengimplementasikan berbagai program eco-innovation, mulai dari pembukaan bank sampah plastik hingga pembuatan eco-enzymes dan penggunaan teknologi digital untuk memesan makanan dari UMKM.

Dalam melaksanakan program bank sampah plastik, Resta Pendopo Km 456 menyediakan box bernama Rebox yang terletak di MSME A&B lantai 2. Rebox akan berfungsi sebagai tempat pengumpulan sampah plastik kemasan air minum dari pengunjung.

Baca Juga: 1.850 UMKM Jualan di Rest Area Tol, Mana Paling Banyak?

Air minum kemasan plastik yang dikumpulkan di Resta didistribusikan ke pemulung. Sejak awal akhir April lalu, sudah terkumpul 47 kg sampah plastik kemasan air minum.

Direktur Utama PT Astari, Marga Sarana, Michale Atmoko mengatakan bahwa Resta Pendopo Km 456 tidak hanya menghadirkan bank sampah plastik, tetapi juga menerapkan program pengelolaan sampah yang inovatif, yaitu produksi eco-enzymes.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan pemanfaatan limbah kulit buah dalam cairan eco-enzyme dan sudah berjalan sejak Februari 2022,” kata Michael dalam siaran pers yang diperoleh Kompas.com.

Konon dengan mengolah sisa kulit buah melalui proses eco-enzyme, dihasilkan cairan pembersih tanah dan pupuk tanaman yang bisa digunakan di rest area.

Selain itu, Resta Pendopo Km 456 juga berinovasi dan menggunakan teknologi digital saat memesan makanan di toko-toko UMKM untuk mengurangi konsumsi kertas.

Terletak di Jalan Tol Trans-Jawa menuju Semarang-Solo dan diapit oleh lima gunung ikonik di Jawa Tengah, Resta Pendopo Km 456 terus berinovasi untuk memberikan fasilitas terbaik bagi para pengunjungnya.

Mengusung konsep one stop service under one roof, Resta Pendopo Km 456 menawarkan fasilitas lengkap mulai dari berbagai gerai kuliner, pusat suvenir hingga toko fashion.

Baca juga: Khusus UKM, Ini Aturan Harga Sewa di Rest Area Tol

Melengkapi fasilitas yang telah ada sebelumnya, Resta Pendopo Km 456 kembali menghadirkan tenant baru pada Juni tahun ini, semakin meramaikan pilihan makanan dan minuman bagi pengunjung.

Tenant-tenant baru ini diisi dengan brand-brand ternama antara lain Kopi Kenangan, Golden Lamian, Roti’O dan Minimal Fashion Outlets serta MOC yang menawarkan banyak penawaran menarik mulai dari beli satu, dapat satu, bayar satu untuk dua hingga Diskon hingga kisaran 50 persen.

Selain itu, Resta Pendopo Km 45 juga akan menjadi tuan rumah program kemerdekaan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pengunjung dapat menikmati berbagai promosi dari tenant di Resta selama program berlangsung, antara lain diskon 17 persen, harga promosi Rp 7.700, dan paket sembako all-in sebesar Rp 77.237.

Berbagai kegiatan menarik juga dilakukan, seperti B. dekorasi gerai tenant sesuai tema Kemerdekaan dan akan diadakan lomba sebanyak 17 orang yang dapat diikuti oleh seluruh Resta Pendopo Km 456 orang.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terbaru setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: amp.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button