Ridwan Kamil ingin bendungan Ciawi dan Sukamahi jadi tempat wisata baru di Puncak - WisataHits
Jawa Barat

Ridwan Kamil ingin bendungan Ciawi dan Sukamahi jadi tempat wisata baru di Puncak

Liputan6.com, Bogor – Gubernur Jawa Barat (Jawa Barat) Ridwan Kamil meninjau dua proyek Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor yang masih dalam tahap pembangunan.

Ridwan Kamil mengatakan kedatangannya untuk memastikan pembangunan tanggul banjir Jakarta berjalan sesuai rencana. Pasalnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan segera meresmikan proyek nasional yang dimulai pada akhir tahun 2017 ini.

“Insya Allah tahun ini akan selesai dalam waktu dekat dan langsung diresmikan oleh Presiden. Sudah menjadi tugas saya untuk memastikan bahwa persiapan tersebut dikomunikasikan kepada masyarakat juga,” kata Ridwan Kamil usai meninjau proyek bendungan Ciawi dan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Senin (25/7.2022).

Peninjauan dua proyek nasional senilai sekitar Rp 1,6 triliun itu dilakukan untuk memastikan kesiapan bangunan tahan banjir Jakarta yang akan dikunjungi Presiden Jokowi dalam waktu dekat.

Kang Emil, begitu ia biasa disapa, berharap kedua bendungan tersebut bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi banjir yang selalu melanda DKI Jakarta, terutama saat musim hujan.

“Seperti yang kita ketahui bahwa Sungai Ciliwung melintasi Jakarta, kehadiran dua proyek ini dapat mengurangi volume air saat musim hujan, sehingga kita dapat mengurangi risiko banjir di Jakarta,” jelasnya.

Ia juga berharap kedua bendungan ini bisa dijadikan tempat wisata baru di kawasan Puncak, Bogor. Ini karena pemandangannya sangat indah secara visual, apalagi berlatar belakang Gunung Gede Pangrango.

“Bendungan tidak identik dengan hal-hal yang sangat teknis, tetapi juga bisa dikembangkan menjadi objek wisata. Saat air surut, masyarakat bisa menikmatinya,” katanya.

Ribuan warga menikmati Minggu pagi (19/12) di Alun-Alun Kota Bogor yang diresmikan dua hari lalu oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sayangnya, kepadatan dan ketidakpatuhan terhadap protokol kesehatan membuat semangat warga tertahan.

Source: www.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button