Wisata Alam Gua Pindul Yogyakarta, Surga Tersembunyi di Gunungkidul - WisataHits
Yogyakarta

Wisata Alam Gua Pindul Yogyakarta, Surga Tersembunyi di Gunungkidul

JAKARTA, iNews.id – Apakah Anda pernah mengunjungi Gua Pindul di Yogyakarta? Jika belum, baca artikel di bawah ini untuk pembahasan selengkapnya!

Gua Pindul merupakan objek wisata yang populer dan dikenal banyak wisatawan. Bahkan, pesonanya bisa didengar di berbagai kalangan wisatawan.

Bisa dikatakan pesona wisata di Goa Pindul berbeda dengan yang lainnya. Gua Pindul merupakan salah satu objek wisata alam gua bawah tanah, yang melalui gang yang dialiri sungai.

Wisata Alam Gua Pindul terletak di Dusun Gelar II, RT/RW 003/016 Gunungbang, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Wisata alam ini berjarak sekitar 7 km dari pusat kota Wonosari, ibu kota Kabupaten Gunungkidul, dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam jika perjalanan dimulai dari Yogyakarta.

Sejarah Gua Pindul
Nama Gua Pindul berasal dari nama Pindul. Kata pindul sendiri terdiri dari 2 kata yaitu “kencing” dan “kebendul”, sehingga dapat disingkat menjadi pindul. Gua ini sudah terbentuk sejak zaman dahulu sehingga menjadi salah satu gua alam yang dimiliki oleh Gunungkidul. Diperkirakan gua ini terbentuk jutaan tahun yang lalu.

Wisata alam ini juga dikaitkan dengan legenda yang menceritakan dua utusan dari Senopati yaitu Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Panembahan yang dikirim untuk membunuh bayi. Tetapi mereka menyerah membunuhnya karena bayi itu meluluhkan hati mereka.

Ki Juru Mertani meletakkan satu kakinya di tanah, yang kemudian membentuk lubang. Di bawahnya mengalir air yang begitu jernih. Saat keduanya memandikan bayinya, pipi bayi itu membentur salah satu dinding gua. Jadi, nama wisata alam ini disebut Goa Pindul.

Kawasan Wisata Gua Pindul, Gunungkidul (Foto: Instagram/goapindul)Kawasan Wisata Gua Pindul, Gunungkidul (Foto: Instagram/goapindul)

Penerbit: Ainun Najib

Bagikan artikel:

Membelah

Membelah

Tombol berbagi baris

Source: yogya.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button