Kalahkan 3.000 Daerah, Desa Wisata Keris di Sumenep Raih Penghargaan - WisataHits
Jawa Timur

Kalahkan 3.000 Daerah, Desa Wisata Keris di Sumenep Raih Penghargaan

JawaPos.com– Desa Wisata Keris Aeng Tongtong Kabupaten Sumenep berhasil meraih dua gelar pada ajang nasional Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif. Acara tersebut diikuti oleh 3.419 desa wisata dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Desa Aeng Tongtong memecahkan rekor MURI sebagai desa dengan master keris terbanyak di dunia. Selanjutnya, Desa Aeng Tongtong juga dinobatkan sebagai pemenang perdana ADWI 2022 kategori Daya Tarik Pengunjung.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan apresiasi atas pencapaian tersebut. “Sumenep bangga dan senang dengan kabar dari desa Aeng Tongtong dan berhasil meraih Juara 1 Desa Wisata Indonesia Anugerah 2022 (ADWI) kategori daya tarik pengunjung,” kata Gubernur Khofifah, Jumat (4 November).

Menurut Khofifah, ada kelebihan yang menempatkan Desa Aeng Tongtong di posisi pemecah rekor MURI. Di Desa Aeng Tongtong, Sumenep, terdapat 446 ahli pembuat keris. Terdiri dari 440 master pria dan 6 master wanita.

Untuk meraih juara 1 kategori daya tarik pengunjung, menurut Khofifah, desa memiliki keunggulan berusaha menarik warisan budaya yang kuat. Ini juga memiliki keunikan yang belum tentu dimiliki oleh desa liburan lainnya pande atau Master Pembuat Kris.

“Kegiatan pembuatan keris di desa Aeng Tongtong tidak lepas dari warisan nenek moyang yang juga empu membuat keris. Hingga saat ini pembuatan keris masih terus dilakukan di Desa Aeng Tongtong dan menjadi mata pencaharian atau mata pencaharian sebagian besar masyarakat,” kata Gubernur Khofifah.

Menurut Khofifah, selain banyak warga Desa Aeng Tongtong yang menjadi pengrajin atau pembuat keris, banyak juga yang menjadi pedagang keris. Karena keunikan dan keunikan produk keris, pesanan keris datang silih berganti ke empu atau pande Keris Desa Aeng Tongtong.

“Dan hebatnya keris dari desa Aeng Tongtong, Jawa Timur ini juga menjadi oleh-oleh acara sampingan G20 di Bali 26-28 Oktober. Ini adalah kesempatan unik untuk memperkenalkan keris Aeng Tongtong kepada dunia,” kata Khofifah.

Desa Wisata Keris Aeng Tongtong merupakan salah satu dari beberapa daerah penghasil dan penghasil Keris di Pulau Madura. Secara geografis Desa Aeng Tongtong merupakan daerah dataran tinggi dan sebagian besar dataran rendah berupa pegunungan dan perbukitan.

Penerbit: Latu Ratri Mubyarsah

Reporter: Rafika Rachma Maulidini

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button