Ribuan warga meninggalkan Jabotabek menjelang libur panjang bulan - WisataHits
Jawa Barat

Ribuan warga meninggalkan Jabotabek menjelang libur panjang bulan

Ribuan warga meninggalkan Jabotabek menjelang libur panjang bulan

bandung

Warga mulai keluar dari Jabodetabek jelang libur Imlek 2023, Jumat (20/1/2023). PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi hingga 771.000 kendaraan akan meninggalkan wilayah Jabotabek.

Angka tersebut diperkirakan terjadi pada saat Tahun Baru Imlek 2023 tepatnya H-2 (Jumat, 20 Januari 2023) hingga H+2 (Selasa, 24 Januari 2023).

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan angka tersebut merupakan jumlah kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yakni GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak) dan GT Cikampek Utama (menuju Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (menuju Bandung).

Lisye mengatakan, total trafik dari Jabodetabek meningkat 12,12% dibandingkan trafik normal. Pihaknya memastikan layanan pengoperasian jalan tol Jasa Marga Group beroperasi secara maksimal, terutama di jalan tol yang berpotensi menjadi destinasi wisata favorit pengguna jalan saat liburan panjang, antara lain Tol Jagorawi Puncak dan sekitarnya, serta Jakarta – Cikampek dan Cipularang untuk yang akan ke Trans Jawa dan Bandung.

“Selain memastikan operabilitas gardu-gardu di gardu tol, kami juga menambah jumlah petugas dan mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi di gardu/gardu utama. Bukan hanya di plaza tol yang kita antisipasi potensi kemacetan jalur, menempatkan petugas di “titik rawan padat di jalan tol prioritas untuk mempercepat penanganan gangguan kendaraan di jalur dan mengarahkan lalu lintas lebih cepat lagi,” katanya dalam keterangan tertulis, yang telah dia terima. diterima.

“Atas diskresi kepolisian, Jasa Marga juga bersedia menggunakan rekayasa lalu lintas seperti B. lalu lintas yang mendekat, dengan menempatkan petugas dan rambu-rambu pendukung,” tambah Lisye.

Lisye juga mengumumkan Jasa Marga juga akan memastikan layanan konservasi atau pemeliharaan jelang libur Imlek 2023 untuk menjaga kualitas jalan tol milik Grup Jasa Marga dalam kondisi baik. Tim Penyapu Lubang dan Tim Satgas Siaga Banjir Jasa Marga juga sigap untuk meniadakan gangguan konstruksi jalan tol secara cepat dan tepat.

Sementara itu, Jasa Marga untuk pelayanan di rest area memastikan fasilitas umum seperti toilet dan mushola berfungsi dengan baik dan optimal tanpa pungutan liar. Kami juga akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian apabila diperlukan keleluasaan untuk membuka dan menutup tempat peristirahatan dengan melihat kapasitas parkir yang ada,” ujarnya.

Untuk sebaran lalu lintas keluar Jabotabek dari tiga arah yaitu mayoritas 359.691 kendaraan (21,28%) menuju timur (Trans Jawa dan Bandung), 221.827 kendaraan (2,98%) menuju barat (Merak) dan 169.373 kendaraan (8,06%) menuju selatan (Puncak).

Rincian distribusi lalu lintas adalah sebagai berikut:

Arah Timur (Trans Jawa & Bandung)

– Lalu lintas keluar Jabotabek menuju Trans Jawa melalui GT Cikampek Tol Utama Jakarta-Cikampek sebanyak 176.141 kendaraan, meningkat 24% dari lalu lintas normal.
– Lalu lintas dari Jabotabek menuju Bandung melalui Jalan Tol GT Kalihurip Utama Cipularang berjumlah 183.550 kendaraan, meningkat 18,77% dari lalu lintas normal. Total lalu lintas keluar Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah 359.691 kendaraan, meningkat 21,28% dari lalu lintas normal.

Barat (Merak)

Lalu lintas keluar Jabotabek dari Merak melalui Jalan Tol GT Cikupa Tangerang-Merak mencapai 221.827 kendaraan, meningkat 2,98% dari lalu lintas normal.

Selatan (puncak)

Sedangkan jumlah kendaraan yang keluar Jabotabek menuju Puncak melalui GT Ciawi Tol Jagorawi sebanyak 169.373 kendaraan atau meningkat 8,06% dari lalu lintas normal.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk melakukan antisipasi sebelum berkendara ke jalan tol. Memastikan kendaraan dan pengemudi dalam kondisi prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) di tempat istirahat, memiliki saldo bahan bakar dan e-money yang cukup dan mengikuti rambu dan instruksi dari petugas.

Informasi lalu lintas terbaru dan informasi layanan jalan tol dapat diperoleh melalui One Call Center 24 jam Jasa Marga di 14080, Twitter @PTJASAMARGA dan aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android.

(wip / enak)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button