Malam pergantian tahun, akses menuju Kuta ditutup akibat padatnya lalu lintas kendaraan - WisataHits
Jawa Timur

Malam pergantian tahun, akses menuju Kuta ditutup akibat padatnya lalu lintas kendaraan

Malam pergantian tahun, akses menuju Kuta ditutup akibat padatnya lalu lintas kendaraan

Malam pergantian tahun, akses menuju Kuta ditutup akibat padatnya lalu lintas kendaraan
Ilustrasi Kembang Api Tahun Baru. ©2020 merdeka.com/imambuhori

Merdeka.com – Polres Denpasar akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kemacetan pada malam tahun baru di wilayah Denpasar dan Kabupaten Badung, Bali. Beberapa titik juga akan menjadi fokus pengamanan.

Kapolres Denpasar Kombes Pol Bambang Yugo Pamungkas mengatakan:
Titik fokus pengamanan adalah kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pantai Kuta, Kabupaten Badung; dan di Lapangan Puputan Badung, Kota Denpasar.

Artikel media Taboola

Selain ketiga tempat tersebut, ada 30 tempat lainnya di Denpasar dan Kabupaten Badung yang akan menggelar perayaan malam tahun baru. “Baik resor maupun lainnya akan menerapkannya miskin Tahun baru. Ada 30 titik, termasuk 3 titik yang saya sebutkan tadi, yang akan menjadi tempat-tempat yang menjadi daya tarik masyarakat maupun wisatawan lokal maupun mancanegara,” ujarnya saat jumpa pers di Mapolda Denpasar, Bali, akhir tahun ini. Rabu ( 28.12.).

Ia juga menyebutkan pengalihan arus lalu lintas diharapkan dapat diterapkan di kawasan wisata GWK. Langkahnya tergantung pada jumlah kendaraan yang lewat di sana.

Penutupan akan dilakukan khususnya di kawasan Kuta atau di pintu masuk Pantai Kuta ketika volume kendaraan yang masuk ke Kuta tinggi. Selain itu, dilakukan rekayasa lalu lintas di beberapa ruas jalan menuju kawasan Kuta.

“Kalau ada penutupan (di Kuta) atau pengalihan, akan disiapkan lima lahan parkir. Sehingga (kendaraan) diparkir dan orang berjalan (menuju Pantai Kuta),” jelasnya.

2 dari 3 halaman

889 petugas keamanan dikerahkan

Ia juga menjelaskan, berdasarkan pengalaman di tahun 2019, ada beberapa tempat di kawasan Kuta yang menjadi titik stagnasi. Saat volume kendaraan tinggi, akses ke Pantai Kuta ditutup.

“Jadi nanti kami akan melakukan penutupan terlepas dari waktunya. Kita akan melihat volume kendaraan. Penutupan nanti kita urus, teknisnya kita sosialisasikan,” jelasnya.

Pada Malam Tahun Baru, 889 petugas sedang bertugas. Mereka didukung oleh 10 posko pelayanan dan posko keamanan yang telah disiapkan.

“Kami juga mendengar sekitar 16.000 wisatawan datang setiap hari, 16.000 dari luar negeri dan 16.000 dari dalam negeri. Belum lagi peningkatan 75 persen kendaraan yang melintas dari (pelabuhan) Gilimanuk. Ada peningkatan volume dan kami tahu ada peningkatan volume juga di sini,” katanya.

3 dari 3 halaman

area parkir

Lalu ada 5 titik tempat parkir yang disiapkan untuk malam pergantian tahun di kawasan Kuta.

1. Lapangan Tri-Sakti Jalan Patih Jelantik.
2. Central Parking Jalan Raya Kuta.
3. Parkir Mobil Tepi Laut, Jalan Pantai Kuta.
4. Tempat Parkir Mall Galeria Bali.
5. Parkir mobil Centro Mall.

Sementara itu, 8 titik pengalihan lalu lintas atau pekerjaan konstruksi direncanakan di kawasan Kuta pada malam tahun baru.

1. Persimpangan P Jelantik-Legian (Si Doi), arus lalu lintas menuju Groud Zero ditutup dan dialihkan ke Jalan Legian Kaja-Raya Seminyak 2.

2. Simpang Legian-Patimura, arus lalu lintas dari Jalan Bene Sari dialihkan ke utara atau diarahkan ke Si Doi dan menuju Jalan Patimura.

3. Persimpangan Mataram-Patimura, lalu lintas ke Legian ditutup dan dialihkan ke Jalan Majapahit dan Mataram.

4. Simpang Raya Kuta-Setiabudi, lalu lintas menuju Kuta ditutup dan dialihkan ke Jalan Setiabudi.

5. Persimpangan Bemo Sorner, lalu lintas menuju pantai yang ditutup akan dialihkan ke timur menuju Jalan Raya Kuta dan orang yang berkendara ke Pantai Kuta disarankan untuk parkir di Central Parking atau kantor parkir yang ditunjuk dan kemudian berjalan menuju pantai.

6. Simpang Raya Kuta-Bakung Sari, arus lalu lintas ke pantai tertutup akan dialihkan ke utara menuju Pertigaan Puseh-Temacun.

7. Persimpangan Pasar Seni Kuta, arus lalu lintas dari Jalan Kartika Plaza menuju Pantai Kuta ditutup dan akan dialihkan ke Jalan Tegal Wangi.

8. Simpang Patih Jelantik-Dewi Sri, arus lalu lintas menerapkan sistem buka tutup untuk mengurangi kemacetan di kawasan Kuta. [yan]

Baca juga:
Hujan ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di wilayah Jabodetabek pada Malam Tahun Baru
Cara liburan aman di tengah cuaca ekstrem di penghujung tahun
Pintu Kamandungan dibuka setelah konflik, Keraton Surakarta diserang oleh ribuan wisatawan
Mendag Zulhas memastikan stabilnya stok dan harga bahan pokok di Lampung jelang pergantian tahun
Tinjau harga pangan, Mendag Blusukan ke pasar Lampung Natar
Bus Wisata TransJakarta beroperasi gratis setiap hari selama liburan Tahun Baru Imlek

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button