5 tempat wisata sejarah yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan hari kemerdekaan - WisataHits
Jawa Tengah

5 tempat wisata sejarah yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan hari kemerdekaan

INDOZONE.ID – Hari Kemerdekaan Indonesia sebentar lagi akan datang. Tentunya digunakan baik untuk kumpul-kumpul maupun untuk liburan keluarga.

Rasanya menyelesaikan liburan hari kemerdekaan kurang berkesan jika hanya sekedar kumpul-kumpul atau melepas kaitan seperti kegiatan liburan di siang hari akhir pekan. Oleh karena itu, liburan edukatif bisa menjadi yang terbaik untuk mengisi musim liburan ini.

Tentunya mengingat Indonesia memiliki beragam sejarah sejarah dengan berbagai jenis peninggalannya, maka banyak juga tempat wisata sejarah yang bisa dikunjungi.

Buat kamu yang bingung, berikut 7 tempat wisata sejarah yang cocok untuk liburan edukatif Hari Kemerdekaan Indonesia:

1. Gedung Lawang Sewu, Semarang

Gedung Lawang SewuGedung Lawang Sewu. (Kemenparekraf.go.id)

Gedung Lawang Sewu adalah sebuah gedung megah dan indah di Semarang, Jawa Tengah. Dibangun pada masa penjajahan Belanda, gedung ini menjadi saksi bisu peristiwa pertempuran lima hari antara Angkatan Pemuda Kereta Api (AMKA) dengan Tentara Jepang yang terjadi pada tahun 1945.

Bangunan ini memiliki keunikan tersendiri. Jika diperhatikan secara seksama, bentuk bangunan A Lawang Sewu menyerupai gerbong kereta api. Bukan tanpa alasan hal itu dimaksudkan untuk mempermudah komunikasi bagi orang Belanda saat itu.

Dengan keindahan bangunan yang sangat artistik dengan interior dan eksterior yang sangat khas Belanda, Lawang Sewu sering dijadikan lokasi foto prewedding.

2. Gedung Museum Negeri, Bandung

Gedung Sate merupakan peninggalan sejarah kebanggaan masyarakat Jawa Barat. Awalnya, gedung yang menjadi saksi perjalanan Pemerintah Jawa Barat itu bernama Gedung Hebe, yang diambil dari singkatan Gouvernements Bedrijven (GB).

Hingga saat ini, Gedung Sate masih kokoh berdiri dan masih menjadi tempat kegiatan pemerintah Jawa Barat. Gedung Sate juga dikenal tidak hanya secara nasional tetapi juga internasional.

Tidak hanya bangunan dengan nuansa sejarah yang masih sangat khas, ada juga taman luas yang melengkapi keindahan bangunan ini. Bangunan ini juga memiliki teropong yang memungkinkan Anda melihat keindahan kota Bandung di malam hari.

3. Klenteng Sam Poo Kong, Semarang

Kuil Sam Poo KongKuil Sam Poo Kong. (sampookong.co.id)

Klenteng yang satu ini bukan hanya sekedar tempat pemujaan biasa, namun klenteng ini merupakan nilai sejarah dari jejak perjalanan Laksamana Cheng Ho.

Kelenteng Sam Poo Kong memiliki beberapa lokasi ikonik di dalamnya. Di sana, pengunjung bisa datang untuk makan Kyai sang juru mudi atau Wang Jing Hong, juru mudi Laksamana Cheng Ho. Di sana, pengunjung bisa langsung menuju Tempat Pemujaan Dewa Bumi dan Sam Poo Kong.

Tidak hanya kemegahan bangunan dengan arsitektur khas China, lingkungan pagoda ini juga sangat memanjakan mata. Ada halaman luas yang dikelilingi pepohonan sehingga segar untuk dilihat.

4. Kota Tua, Jakarta

Kota Tua adalah sebuah kawasan di Jakarta. Terdiri dari banyak bangunan tua Belanda, pengunjung tidak akan bosan menjelajahi kawasan ini.

Ada beberapa tempat yang wajib Anda kunjungi seperti Museum Fatahillah, Klenteng Jin De Yuan, Museum Boneka, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Magic Art 3D, Toko Merah dan masih banyak lagi.

Di pelataran Museum Fatahillah, Anda juga bisa menyewa sepeda untuk berkeliling dan juga menikmati kuliner pinggiran yang berjejer di sana.

5. Candi Borobudur, Magelang

Candi BorobudurKemenparekraf.go.id

Tak hanya warga lokal, wisatawan mancanegara pun perlu tahu tentang aset bersejarah ini. Candi Borobudur adalah sebuah candi Budha di kota Magelang di Jawa Tengah.

Kemegahannya yang menjadikan candi ini sebagai candi terbesar di dunia dan keindahan alam yang mengelilinginya menjadikan candi ini sebagai salah satu warisan budaya dunia (World Heritage).

Berkunjung ke sana, nuansa sejarah yang berbalut keagungan agama Buddha masih sangat terpancar. Jika cuaca mendukung dan Anda datang pada sore hari, Anda bisa melihat keindahan matahari terbenam dari kawasan candi Borobudur.

Pengarang: Keyla Melodia Klees

Artikel menarik lainnya:

Source: www.indozone.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button