Candi Prambanan masuk ke Yogyakarta atau Jawa Tengah, simak penjelasannya - WisataHits
Jawa Tengah

Candi Prambanan masuk ke Yogyakarta atau Jawa Tengah, simak penjelasannya

KOMPAS.com – Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia.

Lokasi candi ini terbilang unik karena berada di perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan Jawa Tengah, lebih tepatnya antara Sleman dan Klaten.

Hal ini menimbulkan kebingungan di antara banyak orang mengenai luas candi.

Baca Juga: Siapa Yang Membangun Candi Prambanan?

Menurut Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, Candi Prambanan berada di wilayah DIY.

“Candi Prambanan (termasuk semua candi inti) masuk dalam kawasan Sleman, DIY, sedangkan pelataran candi (parkir timur candi) masuk dalam kawasan Klaten, Jawa Tengah,” jelas Singgih. Kompas.com pada Sabtu (12/3/2022).

Baca Juga: Memahami Makna Relief Candi Prambanan Seputar Kisah Ramayana

Peta Ruas Kawasan Candi PrambananDermaga. Kementerian Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Peta Dinas Kawasan Candi Prambanan

Singgih melanjutkan, candi yang termasuk dalam wilayah Klaten adalah Lumbung, Bubrah, dan Sewu seperti terlihat pada peta di atas.

Menurut Singgih, sudah ada kesepakatan kepemilikan situs candi sejak zaman Belanda, yakni pada masa Perjanjian Giyanti yang membagi Mataram Islam menjadi Surakarta dan Yogyakarta. Perjanjian ini ditandatangani di Karanganyar, Jawa Tengah.

Baca Juga: Sejarah Candi Prambanan dari Pendiriannya Hingga Penetapan Sebagai Situs Warisan Dunia

Dalam perjanjian tersebut, Pangeran Mangkubumi yang kemudian menjadi Sri Sultan Hamengkubuwono I memperoleh bagian barat Sungai Opak.

Oleh karena itu, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY bertanggung jawab atas pemeliharaan Candi Prambanan.

Ilustrasi turis asing berfoto di depan Candi Prambanan di Kranggan, Bokoharjo, Kec.  Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta - Indonesia.WIKIMEDIA COMMONS/HERUSUTIMBUL Ilustrasi turis asing berfoto di depan Candi Prambanan di Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta – Indonesia.

“(BPCB adalah) unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bidang pelestarian cagar budaya, yang melapor dan bertanggung jawab kepada Direktorat Jenderal Kebudayaan,” kata Singgih.

Sedangkan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko bertugas mengelola sektor pariwisata di candi tersebut.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button