Revitalisasi Keraton Solo, Wawalkot: Besok kalau bisa dikomunikasikan - WisataHits
Jawa Tengah

Revitalisasi Keraton Solo, Wawalkot: Besok kalau bisa dikomunikasikan

solo

Menurut Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Pemkot Solo belum menyentuh soal revitalisasi Keraton Kasunanan Solo karena masih ada konflik di kalangan internal keraton. Revitalisasi pada 2022 hanya akan dilakukan di Puro Mangkunegaran.

“Revitalisasi tempat wisata (tahun 2022) seperti Jurug, Balaikambang, Mangkunegaran. Besok kalau keraton (Keraton Kasunanan) sudah bisa dikomunikasikan, akan kita perbaiki. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan okupansi wisatawan domestik dan mancanegara,” kata Teguh saat ditemui di Balaikota Solo, Minggu (1/1/2023) dini hari.

Teguh khawatir jika konflik internal di Keraton Kasunanan berlarut-larut akan berdampak pada kondisi bangunan keraton yang dibiarkan tidak terawat.

“Kalau keberadaannya terbengkalai dan menjadi simbol budaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Fokus kami dalam industri pariwisata adalah budaya. Sedangkan di pusat pun budayanya tidak bagus,” ujarnya.

Sebelumnya, Kapolres Solo Kombes Iwan Saktiadi mendorong kedua pihak yang terlibat konflik Keraton Kasunanan untuk menyelesaikan masalah tersebut secara kekeluargaan.

“Kalau dilihat sebagai konflik, itu konflik internal. Kami Polri tidak terlibat dalam konflik, kami tidak memihak siapapun. Intinya, menurut Kapolda, keraton adalah pusat kebudayaan, tentunya harus dengan luhur menunjukkan nilai-nilainya sebagai pusat kebudayaan, tanpa menunjukkan konflik yang tidak berkesudahan seperti itu,” kata Ivan, Rabu (28/12/2022).

Simak video Pengakuan Cucu Pakubuwono XIII saat ditodongkan pistol ke lehernya.
[Gambas:Video 20detik]
(dil/aplikasi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button