PLN Peduli menyumbangkan 3.000 pohon pada Hari Menanam Pohon Indonesia - WisataHits
Jawa Tengah

PLN Peduli menyumbangkan 3.000 pohon pada Hari Menanam Pohon Indonesia

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Dalam rangka Hari Menanam Pohon yang diadakan setiap tanggal 28 November, PLN memberikan bantuan 3.000 bibit pohon kepada 2 desa di Kabupaten Semarang, yaitu Desa Candi dan Desa Kenteng, Kecamatan Bendingan, Kabupaten Semarang, sebagai bagian dari program PLN Peduli.

Langkah ini diambil sebagai bentuk komitmen PLN untuk mendukung pemerintah dalam melayani masyarakat dan menyikapi pentingnya pemulihan sumberdaya hutan dan lahan yang rusak melalui penanaman pohon. Niat tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 24 Tahun 2008.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Tengah Djarot Hutabri EBS menyatakan bahwa program ini secara konsisten dilaksanakan oleh PLN sebagai bentuk kepedulian, kesadaran dan tanggung jawab PLN dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Ia juga berharap kampanye penanaman pohon ini dapat meningkatkan kesadaran semua pihak, baik masyarakat, pemerintah maupun lembaga lainnya, akan pentingnya menjaga alam dan lingkungan.

Djarot mengatakan, program ini juga sebagai bentuk dukungan PLN terhadap Sustainable Development Goals #13 terkait pengelolaan perubahan iklim dan #15 terkait ekosistem darat.

“Kami akan konsisten menyalurkan bantuan tersebut, terutama di wilayah-wilayah yang menjadi wilayah kerja kami. Bahwa kami juga tidak hanya menjalankan proses bisnis kami, tetapi dukungan ini merupakan kepedulian kami dan upaya kami untuk mengajak masyarakat bertindak bersama melawan perubahan iklim dan deforestasi,” pungkas Djarot.

Masih dalam suasana COP-27 di Sharm el-Sheikh, Mesir, Indonesia menyampaikan langkah bersama negara-negara dunia untuk mencegah kenaikan suhu global. Berbagai aksi, strategi, inovasi dan capaian Indonesia dipamerkan di Paviliun Indonesia dengan tema Stronger Climate Action Together.

Mengutip dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Perlindungan Lingkungan (KLHK), Menteri KLHK Siti Nurbaya mengatakan bahwa diperlukan tindakan multilateral, kolektif dan terpadu karena itu satu-satunya cara untuk menghadapi ancaman global yang nyata.

Oleh karena itu, program penanaman pohon yang dilaksanakan PLN juga merupakan dukungan nyata dalam menjaga bumi.

Bantuan senilai Rp 200 juta diberikan dalam bentuk tanaman produktif berupa bibit pohon alpukat lokal kepada 9 kelompok masyarakat yang meliputi 4 kelompok tani, 1 kelompok sadar wisata dan 4 kelompok masyarakat lainnya yang berjumlah sekitar 250 warga.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button