Rentetan Kisah Misterius di Kawah Ijen, Ada Nenek Soso - WisataHits
Jawa Barat

Rentetan Kisah Misterius di Kawah Ijen, Ada Nenek Soso

Bogordaily.net – Misteri Kawah Ijen juga menjadi cerita fenomenal di tanah air dan ramai diperbincangkan khususnya bagi para pemanjat tebing.

Misteri Kawah Ijen terkait dengan kejadian aneh dan mistis yang sering dialami dalam perjalanan menuju puncak kawah ini.

Keberadaan destinasi wisata dengan segala kemewahan pesona alamnya, terutama munculnya api biru di dekatnya, membuat kawah Ijen menjadi tujuan para pelancong dari berbagai daerah bahkan dari seluruh dunia.

Dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah 5.466 hektar, gunung ini memiliki banyak fakta lain yang harus Anda ketahui sebelum Anda mendakinya.

Berikut 4 misteri wisata Kawah Banyuwangi-Ijen yang banyak dipercaya masyarakat yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Suara gamelan ajaib

Misteri pertama Kawah Ijen adalah suara gamelan Jawa yang kadang terdengar oleh sebagian orang saat berwisata ke kawah ini.

Suara gamelan yang misterius terkadang terdengar di titik-titik hitam tepat di kawasan Sengkan Saleh atau yang juga dikenal dengan kawasan Sengkan Gandrung.

Setelah ditelusuri keberadaannya, para pemain gamelan tidak dapat ditemukan, menyebabkan merinding bagi banyak orang.

2. Penampilan Nenek Tua

Synergymadura juga dilaporkan memiliki penampakan roh, yang sering muncul ketika pendaki tersesat di hutan belantara. Hantu itu berwujud nenek tua.

Pendaki juga bercerita bahwa dia tersesat saat mencoba mendaki puncak Gunung Ijen.

Akhirnya nenek tua itu berusaha membantu si pendaki. Ia diminta memejamkan mata.

Kemudian ketika membuka matanya, dia sangat terkejut karena dia sudah berada di atas kawah Gunung Ijen.

3. Penampakan iblis penipu yang menggunakan pedang

Pada Desember 2016, seorang pendaki tersesat di Gunung Ijen di Probolinggo, setelah beberapa hari mencari pendaki ditemukan oleh penambang belerang. Dia tampak linglung dan pucat.

Setelah beristirahat dan bertanya, dia mengaku tersesat di belantara Gunung Ijen. Di tengah hutan, dia dikejar oleh sekelompok pria berseragam yang mengacungkan pedang ke arahnya.

Konon menurut cerita, Gunung Ijen adalah tempat pertempuran antara pejuang Indonesia dengan tentara VOC yang menjajah Indonesia, dan di gunung ini, seorang prajurit VOC terbunuh oleh pejuang Indonesia.

Kematiannya sangat menyedihkan karena kepalanya dipenggal oleh pedang. Sosok inilah yang dipercaya sebagai penjaga Gunung Ijen hingga saat ini. Semangat tentara VOC berubah menjadi semangat dendam.

Terkadang wujud makhluk gaib ini muncul dengan membawa pedang dan menakuti para pendaki. Inilah yang dialami Arif Prabowo dari Probolinggo saat mendaki Gunung Ijen pada 2016.

4. Adanya destinasi wisata dengan segala kemewahan pesona alamnya, terutama munculnya api biru di dekatnya, menjadikan kawah Ijen sebagai destinasi para pelancong dari berbagai daerah bahkan dari seluruh dunia.

Dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah 5.466 hektar, gunung ini memiliki banyak fakta lain yang harus Anda ketahui sebelum Anda mendakinya.

Berikut 5 Fakta dan Rahasia Wisata Kawah Banyuwangi-Ijen yang banyak dipercaya masyarakat seperti dirangkum Synergy Madura dari berbagai sumber.

Source: bogordaily.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button