Pemkot Semarang dan Kementerian Keuangan bersinergi membangun landmark Semarang Kilometer Zero Park - Hello Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Pemkot Semarang dan Kementerian Keuangan bersinergi membangun landmark Semarang Kilometer Zero Park – Hello Semarang

HALO SEMARANG – Kota Semarang kembali menunjukkan keseriusannya dalam mengembangkan Kota Kuno Semarang sebagai destinasi wisata unggulan. Kali ini, Pemkot Semarang bekerjasama dengan Kementerian Keuangan membangun landmark Taman Kilometer 0 Semarang. Pembangunan taman yang terletak di depan Gedung Keuangan Negara I Semarang ini merupakan bagian dari program CSR Kementerian Keuangan.

“Ini adalah hasil dari kekuatan kolaborasi. Hasil datang bersama-sama. Kami akan berusaha untuk tetap bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan di Kota Semarang untuk membangun kota tua dan sekitarnya. Kita lihat Kampung Melayu sudah dibangun, Johar sudah dibangun, Alun-Alun juga sedang digarap, sehingga ini akan menjadi kekuatan (daya tarik) penuh di kota lama,” kata Iswar Aminuddin, Sekda Kota Semarang di peresmian Taman Nol Kilometer, Jumat (21/10/2022).

Harapannya titik nol KM Semarang ini dapat diketahui lebih banyak wisatawan atau masyarakat. Dengan kata lain, landmark taman nol kilometer ini menjadi landmark karena wisatawan sering salah mengira titik nol KM Kota Semarang adalah Tugu Muda atau Simpanglima Semarang.

Iswar menjelaskan, titik nol sendiri berfungsi sebagai tolak ukur dalam mengukur jarak antar wilayah, baik antar kota maupun antar negara, menjadi acuan lokasi pembangunan berbagai infrastruktur di suatu daerah.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Perbendaharaan atas banyak hal yang telah dilakukan. Bahkan Dirjen Perbendaharaan Negara (dulu) menyumbangkan banyak tanah yang kini menjadi Taman Pierre Tendean. Tanah ini dulunya dipenuhi pohon seng dan pisang. Namun setelah dikabulkan oleh Kementerian Keuangan, teman-teman dikukuhkan oleh Pemkot Semarang. Ada beberapa aset Perbendaharaan lain yang bisa dihibahkan dan diatur agar lebih optimal,” lanjut Iswar.

Kedepannya, ada pembahasan tentang pembangunan air mancur di taman ini. Dengan demikian, akan semakin banyak ikon pariwisata yang akan memperkuat identitas kota Semarang sebagai destinasi wisata populer di Indonesia.

Sementara itu, sebagaimana disampaikan Kepala Sekretariat Perwakilan Kementerian Keuangan, Muhammad Taufik Hidayat mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada pemerintah dan masyarakat Kota Semarang.

“Karena Gedung Keuangan Negara Semarang I berada di kawasan wisata Kota Lama, maka kami berbenah dan menata di depan gedung keuangan yang juga merupakan titik 0 Kota Semarang. Acara hari ini berlangsung dalam rangka sinergi Pemkot Semarang dengan Kementerian Keuangan,” tutup Taufik. (HS)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button