rekomendasi wisata semarang | merdeka.com - WisataHits
Jawa Tengah

rekomendasi wisata semarang | merdeka.com

rekomendasi wisata semarang |  merdeka.com

Minggu, 1 Januari 2023 00:00 Reporter: Magang

Rekomendasi wisata Semarang
Wisata Semarang. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com – Membentang dari Sabang hingga Merauke, Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang indah. Setiap daerah memiliki tempat wisata andalannya masing-masing, baik itu wisata alam maupun wisata buatan.

Beberapa orang bahkan rela menempuh perjalanan jauh untuk menikmati keindahan yang ada di setiap wilayah Indonesia. Salah satu kawasan yang layak untuk dinikmati keindahannya adalah Semarang.

Artikel media Taboola

Jika Anda punya waktu, Anda bisa mengunjungi semua tempat wisata Semarang, baik kota maupun kabupatennya. Namun, hal ini tentunya akan memakan waktu yang cukup lama dan Anda mungkin bingung harus ke mana. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Semarang yang bisa Anda kunjungi saat liburan.

Wisata viral di Semarang

1. Taman Bunga Celosia
Tempat wisata di Semarang ini terletak di kawasan Bandungan, Kabupaten Semarang. Taman bunga Celosia buka mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Tiket masuknya juga cukup terjangkau, mulai dari harga Rp20.000 hingga Rp40.000.

Saat memasuki taman ini Anda akan disuguhi pemandangan berbagai jenis bunga mulai dari celosia, hebras, lavender, dianthus, gerbera hingga krisan. Selain bunga, Anda juga bisa melihat pemandangan miniatur dari berbagai negara.

Bagi Anda yang datang bersama keluarga dan membawa anak kecil, jangan khawatir! Taman Bunga Celosia juga menawarkan area khusus dengan wahana bermain untuk anak-anak. Selain itu, Anda juga bisa membeli berbagai macam bibit bunga yang bisa dijadikan oleh-oleh.

2. Cimory di lembah

Bagi Anda yang senang mengkonsumsi susu sapi, tempat wisata yang satu ini wajib Anda kunjungi. Cimory On the Valley merupakan tempat wisata yang menawarkan banyak oleh-oleh olahan susu sapi, seperti yoghurt, susu segar, dan makanan beku.

Selain itu, ada beberapa wahana dan replika landmark dunia yang bisa dinikmati pengunjung. Jika merasa lapar, Anda juga bisa mencoba makanan dan minuman yang ada di restoran.

3. Taman Hiburan Saloka

Taman Hiburan Saloka merupakan taman hiburan terbesar di Jawa Tengah. Tempat wisata ini bahkan masuk dalam daftar destinasi wisata Pesona Indonesia. Saloka Amusement Park memiliki 25 wahana yang terbagi dalam beberapa zona yaitu Zona Pesisir, Balalantar, Ararya, Kamayayi dan Segara Prada.

Selain wahana, taman hiburan Saloka juga menawarkan pertunjukan animasi laser Baru Klinthing dan beberapa tempat kuliner seperti restoran, kafe, atau food truck. Tempat wisata ini buka mulai pukul 10.00-18.00 WIB dan pada hari libur nasional mulai pukul 10.00-20.00 WIB. Harga tiket berkisar dari Rp 120.000 hingga Rp 150.000.

2 dari 4 halaman

Pariwisata Hongaria Semarang

1. Umbul Sidomukti Hongaria

Salah satu destinasi wisata Semarang yang bisa Anda kunjungi saat berlibur adalah Umbul Sidomukti. Tempat wisata ini menawarkan berbagai fasilitas lengkap. Mulai dari fasilitas outbond, bumi perkemahan, kolam renang, kafe hingga resort.

2. Taman Vanaprastha Gedong Songo

Wisata Semarang ini cocok bagi anda yang ingin menyegarkan pikiran setelah sibuk belajar atau bekerja. Vanaprastha Gedong Songo Park menawarkan keindahan alam berupa pemandangan hutan pinus yang berhawa sejuk. Anda juga bisa menyewa vila sebagai akomodasi.

3 dari 4 halaman

Pariwisata di kota Semarang

1. Kelenteng Sam Poo Kong

Rekomendasi tempat wisata di Semarang berikutnya adalah Klenteng Sam Poo Kong di Bongasari Kota Semarang. Meski identik dengan tempat sembahyang, Anda tetap bisa berkeliling menikmati keindahan bangunan candi ini.

Di kawasan wisata Pagoda Sam Poo Kong, Anda akan disuguhi bangunan klasik bergaya China yang cocok untuk spot foto. Tiket masuk ke tempat wisata ini juga relatif murah, cukup membayar Rp 5.000 saja. Namun, jika ingin masuk lebih dalam, Anda harus merogoh kocek lebih dalam dan merogoh kocek sekitar Rp28.000.

2. Kota Tua

Bagi Anda yang suka menikmati dan mengamati bangunan dengan arsitektur kolonial, Kota Lama wajib dikunjungi. Keindahan bangunan Kota Lama sangat cocok untuk Anda nikmati di sore hari karena terlihat semakin mempesona dengan senja yang mengiringi setiap langkah Anda.

3. Lawang Sewu

Tentu Anda tahu tempat wisata yang satu ini di Semarang. Lawang Sewu adalah gedung yang dulunya merupakan markas Perusahaan Kereta Api Hindia Belanda. Selain itu, gedung ini juga digunakan sebagai Kantor Dinas Perkeretaapian Republik Indonesia dan Kantor Badan Prasarana Wilayah Kodam.

Lawang Sewu telah melalui serangkaian proses revitalisasi dan telah dilestarikan baik sebagai museum maupun objek wisata. Ikon wisata Semarang ini terkenal dengan jumlah pintunya yang banyak, oleh karena itu orang menyebutnya Lawang Sewu yang juga dikenal dengan sebutan Pintu Seribu. Lawang Sewu terletak di Jalan Pemuda, dekat pusat kota Semarang, Simpang Lima.

4. Galeri Seni Kontemporer Semarang

semarang Galeri Seni Kontemporer atau dikenal juga dengan Galeri Semarang (Galsem), berlokasi di Jalan Taman Srigunting No. 5-6, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Museum ini menyimpan berbagai koleksi karya seni buatan tangan para seniman dari seluruh nusantara.

Pengunjung bisa mengambil foto-foto keren yang ada Instagramable di spot foto yang disediakan. Selain itu, museum ini juga sering mengadakan pameran, seperti lukisan, sketsa, arsip, pertunjukan rekaman hingga instalasi. Pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

4 dari 4 halaman

Wisata alam Semarang

1. Rawa Vertigo

Rawa Pening merupakan wisata alam Semarang seluas sekitar 2.670 hektar. Danau ini terletak di empat kecamatan di Kabupaten Semarang yaitu Kecamatan Bawen, Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Tuntang dan Kecamatan Banyubiru.

Danau ini memiliki pemandangan yang indah karena memperlihatkan kegagahan Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu. Selain itu, danau ini juga dikelilingi berbagai fasilitas seperti rumah makan, rumah joglo, pondok apung, bebek air, perahu kayu dan masih banyak lagi fasilitas lainnya dengan harga yang cukup terjangkau.

2. Hapus Eling

Eling Bening merupakan kawasan resort yang terletak di Perbukitan Ngrawan, tak jauh dari Jalan Sarjono, Ambarawa, Kabupaten Semarang. Wisata Alam Semarang menawarkan pemandangan yang menyegarkan mata yaitu perpaduan Gunung Merbabu, Andong, Telomoyo, persawahan hijau dan Danau Rawa Pening.

Di kawasan wisata ini Anda bisa berlatih berbagai aktivitas. Mulai dari berenang, menikmati makanan restoran, outbond, flying fox, menunggang kuda, bersepeda, senam, berfoto Instagramable, hingga camping. Eling Bening buka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB.

3. Air Terjun Klenting Kuning

Air Terjun Klenting Kuning terletak di Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Nama air terjun atau riam ini cukup unik, mirip dengan salah satu tokoh cerita rakyat. Namun, nama ini justru diambil karena temboknya yang berwarna kuning.

Warna kuning pada dinding Air Terjun Klenting Kuning disebabkan adanya kandungan belerang di dalamnya. Dengan kombinasi pemandangan tebing kuning, tumbuhan hijau dan air yang menyegarkan, Curug Klenting Kuning sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Semarang, baik yang berada di kota maupun di kabupaten. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat ini sendiri sebagai solo traveler atau bersama keluarga besar.

[mgt]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button