Rekomendasi Wisata di 5 Kota Tempat Lahir Pahlawan Nasional - WisataHits
Yogyakarta

Rekomendasi Wisata di 5 Kota Tempat Lahir Pahlawan Nasional

Bisnis.com, JAKARTA – Besok, 10 November adalah Hari Pahlawan Nasional.

Para pahlawan nasional yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia ini berasal dari banyak daerah yang menawarkan berbagai tempat wisata.

Untuk merayakan Hari Pahlawan, kamu juga bisa menghabiskan liburanmu di tempat kelahiran para pahlawan nasional negara tersebut.

Berikut rekomendasi Pegipegi untuk wisata anti mainstream di lima tempat kelahiran pahlawan Indonesia untuk dijelajahi untuk liburan Anda:

1. Soekarno dan Bung Tomo – Surabaya, Jawa Timur

Soekarno dan Bung Tomo lahir di daerah Surabaya. Di kota pahlawan ini, Anda bisa menjelajahi sejumlah destinasi menarik, seperti Tugu Pahlawan. Daerah ini adalah rumah bagi Museum 10 November, yang menyimpan ratusan koleksi sejarah termasuk foto, senjata curian, dan artefak dari Pertempuran Surabaya. Setelah itu, Anda bisa menuju kawasan Hotel Yamato (sekarang Hotel Majapahit) yang menjadi saksi bisu robeknya warna biru bendera Belanda menjadi bendera merah putih.

Selanjutnya Anda bisa mengunjungi Hutan Bambu Keputih untuk menikmati suasana pepohonan bambu yang menjuntai tinggi di udara sejuk ala Hutan Bambu Sagano di Jepang. Sore hari, perjalanan ke Pantai Kanjeran untuk melihat pemandangan pantai di depan Jembatan Suramadu yang megah bisa menjadi pilihan yang menyenangkan.

Destinasi lain untuk dijelajahi adalah Kampung Arab, Pura Sanggar Agung, Ekowisata Mangrove dan Jalan Kembang Jepun.

Untuk menuju Surabaya kamu bisa memesan tiket pesawat Jakarta – Surabaya dengan kisaran harga termurah mulai dari Rp 1 juta untuk maskapai Lion Air, Batik Air dan Citilink. Sedangkan tiket kereta api relasi Jakarta – Surabaya termurah tersedia mulai dari Rp 100.000 untuk kereta api kelas ekonomi Airlangga, dan Bus & Travel dengan tiket termurah mulai Rp 220.000.

Anda bisa mendapatkan akomodasi termurah dari kisaran harga Rp 90.000 hingga Rp 120.000 per malam untuk akomodasi homestay, losmen dan hotel bintang satu dan dua. Biaya makan dan minum per hari di Surabaya cukup murah, mulai sekitar Rp 45.000.

2. Mohammad Hatta – Bukittinggi, Sumatera Barat

Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia lahir pada 12 Agustus 1902 di Bukittinggi, Sumatera Barat. Jejak kehidupan Bung Hatta bisa Anda ikuti dengan mendatangi Tempat Kelahiran Bung Hatta yang terletak di Jalan Soekarno Hatta 37, tidak jauh dari Jam Gadang. Di rumah ini Anda dapat melihat ruang bujangan, kereta api Bugi dan informasi serta dokumentasi lainnya tentang Bung Hatta.

Di Bukittinggi Anda juga bisa menjelajahi Lubang Jepang, salah satu terowongan terpanjang di Asia yang pernah menjadi jalur perlindungan dan pelarian tentara Jepang. Juga tidak jauh dari sana adalah Ngarai Sianok, yang menawarkan perpaduan lembah dan bukit yang menyenangkan.

Daya tarik Bukittinggi lainnya adalah Taman Budaya dan Margasatwa Kinantan, taman margasatwa Belanda tertua di Indonesia. Setelah itu, Anda bisa mengunjungi Fort de Kock yang sejak tahun 2002 disulap menjadi Taman Kota Bukittinggi dan Taman Burung Tropis. Jika Anda ingin berbelanja atau mencicipi kuliner khas, Anda bisa datang ke kawasan Pasar Ateh yang tidak jauh dari Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan.

Kalau mau ke Sumatera Barat bisa pesan tiket pesawat dengan tarif termurah untuk koneksi Jakarta-Padang mulai Rp 1 juta untuk maskapai Lion Air, Super Air Jet, Citilink dan Batik Air. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan dari Padang ke Bukittinggi dengan Bus & Travel. Dari segi akomodasi, Anda bisa mendapatkan penginapan termurah di Bukittinggi mulai dari Rp 120.000 per malam. Biaya makan dan minum di Sumbar juga cukup murah, mulai Rp 30.000 per hari.

3. Ki Hajar Dewantara hingga Ahmad Dahlan – Yogyakarta

Yogyakarta adalah tempat lahirnya banyak pahlawan nasional seperti Ki Hajar Dewantara, Pangeran Diponegoro, Sri Sultan Hamengkubuwono IX hingga Ahmad Dahlan. Dikenal dengan masyarakatnya yang ramah dan biaya hidup yang terjangkau, kawasan ini juga memiliki warisan sejarah, budaya, dan alam yang mempesona.

Anda dapat mengunjungi Museum Ullen Sentalu dengan arsitektur bangunan kuno bergaya Eropa untuk melihat warisan budaya dan kehidupan raja-raja Dinasti Mataram seperti Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman. Jika Anda ingin melihat matahari terbit dan terbenam serta kerlap-kerlip bintang di malam hari, pilihan terbaik adalah Tebing Breksi yang menyuguhkan lanskap batu kapur dengan ukiran indah berbentuk naga. Selain itu, ada Bukit Isis Kulon Progo yang menghadap ke ketinggian yang eksotis dan udara yang sejuk.

Anda ingin menikmati panorama laut biru yang megah? Jika ya, Anda bisa mengunjungi HeHa Ocean View. Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman wisata alam yang lengkap, Anda bisa pergi ke Kali Kuning, lereng Gunung Merapi. Tempat wisata menarik lainnya yang bisa dikunjungi adalah Hutan Pinus Pengger, Jalan Malioboro, Puncak Widosari, Pantai Samas, Benteng Vredeburg, Tugu Yogyakarta dan Kotagede.

Jika ingin jalan-jalan ke Yogyakarta, Anda bisa memesan tiket pesawat dengan tarif termurah untuk koneksi Jakarta-Yogyakarta mulai dari Rp 500.000 untuk maskapai TransNusa, Lion Air dan Super Air Jet. Untuk kereta api, tiket termurah ke Jogja tersedia mulai dari Rp 190.000 untuk Kelas Ekonomi Bogowonto. Tiket bus dan travel termurah seharga Rp 165.000 per orang.

Dari segi akomodasi, Anda bisa mendapatkan kamar budget termurah dengan tipe homestay, losmen, dan hostel mulai dari Rp 47.000 hingga Rp 100.000 per malam. Biaya makan dan minum di Jogja juga cukup murah, mulai Rp 30.000 per hari.

4. Martha Tiahahu dan Pattimura – Maluku Tengah

Martha Christina Tiahahu adalah seorang pahlawan wanita dari Maluku yang berperang melawan tentara kolonial Belanda selama Perang Pattimura pada tahun 1817. Kapitan Pattimura, di sisi lain, adalah pahlawan yang berperang melawan Belanda ketika mereka ingin menguasai perdagangan rempah-rempah. Salah satu pertempuran terbesar yang dilakukan Pattimura adalah perebutan Benteng Duurstede dari Belanda bersama rakyat Maluku.

Di Maluku Tengah anda bisa mengunjungi pulau Nusa Pombo yang memiliki keanekaragaman ekosistem dan keanekaragaman hayati yang menakjubkan. Wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas alam seperti trekking, memancing, menyelam, snorkeling, berenang, mendaki pulau, dan mengamati burung. Selain itu, ada juga Teluk Ambon dimana wisatawan dapat menikmati berlayar, menyelam dan memancing.

Selain itu, Pulau Banda Neira juga menawarkan paket wisata yang lengkap. Pulau ini menawarkan panorama laut, pasir, terumbu karang dan biota laut yang indah. Ada hamparan hutan tropis dan tanaman aromatik.

Maluku Tengah juga memiliki surga tersembunyi yaitu Tebing Makariki yang terletak di kaki Gunung Binaia. Tempatnya memang tersembunyi karena berada di tempat yang cukup terpencil dan memiliki rute jalan yang berat sehingga menyulitkan banyak orang untuk mencapainya.

Kamu bisa terbang ke Ambon dulu dengan membeli tiket pesawat termurah mulai Rp 2 juta untuk maskapai Sriwijaya Air dan Lion Air. Untuk menuju destinasi antar pulau, Anda bisa menggunakan transportasi fast boat, naik kapal Pelni atau kapal perintis.

Akomodasi termurah yang bisa Anda dapatkan mulai dari Rp 69.000 per malam untuk tipe guest house hingga Rp 200.000 per malam untuk tipe hotel bintang dua. Sedangkan biaya makan dan minum di Maluku mulai Rp 80.000 per hari.

5. Cut Nyak Dien dan Cut Nyak Meutia – Aceh

Cut Nyak Dien memainkan peran penting dalam memimpin perlawanan terhadap Belanda selama Perang Aceh pada tahun 1873. Ia dianggap sebagai sosok yang menakutkan bahkan oleh Belanda. Sementara itu, Cut Meutia dikenal sebagai ahli dalam strategi pertempuran. Taktik menyerang dan mundur yang ia gunakan seringkali menghancurkan pertahanan militer Belanda.

Sebagai salah satu pusat peradaban sejarah, Aceh menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik. Salah satunya adalah Masjid Raya Baiturrahman, peninggalan terbesar Kerajaan Aceh, yang dianggap sebagai simbol agama, budaya, dan perjuangan masyarakat Aceh.

Jika ingin mengenang tsunami di kota ini, Anda bisa mengunjungi Museum Tsunami yang menyuguhkan berbagai film dokumenter mulai dari event hingga after event di ruang pamer, pameran, dan ruang bioskop mini. Selain itu, Anda bisa menjelajahi Teluk Jantang dimana kawasan ini termasuk pantai pasir putih yang masih alami berpadu dengan pepohonan yang rindang di pinggir pantai. Tempat wisata air lainnya yang bisa dieksplor adalah Air Terjun Blang Pool, Air Terjun Suhom dan Air Terjun Kuta Malaka.

Untuk perjalanan ke Aceh, Anda bisa memesan tiket pesawat Jakarta – Banda Aceh dengan harga termurah berkisar Rp 2 jutaan untuk maskapai Lion Air dan Batik Air. Sedangkan penginapan termurah bisa Anda dapatkan mulai dari Rp 110.000 per malam untuk tipe guest house, homestay hingga hotel bintang satu. Sedangkan biaya makan dan minumnya cukup terjangkau, mulai Rp 75.000 per hari.

Lihat berita dan artikel lainnya Berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:

Konten Premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih dalam Login / Daftar

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button